4 Cara Mengatasi Merekam Video Gagal Padahal Sebelumnya Bisa

4 Cara Mengatasi Merekam Video Gagal Padahal Sebelumnya Bisa

HiPoin.com – Gagal saat merekam video sangat sering terjadi khususnya saat kamu merekam terus menerus dalam waktu yang lama. Kenapa merekam video gagal bisa terjadi dan apa penyebabnya?.

Penyebabnya sebenarnya sangat banyak dan ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan masalah tersebut. Baik menggunakan aplikasi kamera bawaan atau aplikasi pihak ketiga, hal ini bisa saja terjadi.

Selain gagal hasil rekaman video yang rusak juga sering terjadi seperti video tidak bergerak atau suara video hilang padahal seharusnya ada. Saya sendiri pernah mengalami masalah seperti itu hingga saya enggan merekam video.

Gagal merekam video bisa membuat kita menjadi sedikit emosi. Perlu diperhatikan, yang saya bahas kali ini yaitu kegagalan merekam video di smartphone. Sedangkan di perangkat lain seperti Kamera beda lagi ceritanya.

Gagal sekali biasanya akan terus gagal sebelum kamu tau bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Jika kamu biarkan kamu tidak akan bisa merekam video karena gagal tadi sampai kamu mengatasi masalah tersebut.

Yang menjadi pertanyaan kamu semua pasti apa penyebabnya? seperti yang sudah saya jelaskan tadi penyebabnya sangat banyak. Tetapi kali ini saya akan sedikit mengulas penyebab yang bisa menyebabkan aplikasi kamera tidak bisa merekam video.

Ingin memutar video di VLC tetapi video tidak bisa diputar di pemutar tersebut? kamu bisa baca artikel tentang kenapa VLC Media Player tidak bisa memuat video. Video yang ada di Telegram tidak bisa kamu putar? kamu bisa baca artikel mengenai hal tersebut.

Pastikan Ada Ruang Penyimpanan Tersedia

Biasanya aplikasi kamera tidak akan bisa digunakan jika ruang penyimpanan yang tersedia tidak mencukupi untuk menyimpan hasil rekaman. Yang jelas akan ada peringatan bahwa butuh ruang penyimpanan lebih.

Solusinya bagaimana? sudah jelas bahwa solusinya kamu harus mengosongkan ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan hasil rekaman seperti penyimpanan telepon. Kamu kosongkan sebanyak mungkin karena nantinya ruang tersebut akan cepat terpakai.

Tutup Aplikasi Kamera Sebentar Apabila Sudah Lama Merekam

Jika kamu sering merekam video dengan durasi waktu yang lama dan tiba-tiba aplikasi kamera tidak bisa digunakan itu hal yang wajar dan sering terjadi. Modul kamera pada perangkat kamu panas dan perlu istirahat beberapa saat.

Khususnya di perangkat yang memiliki spesifikasi kamera yang tinggi, maka kamera akan cepat panas. Pilihan resolusi yang sesuai bisa kamu gunakan supaya modul kamera tidak cepat panas seperti pilih 1080p dari pada 4k.

Buka Ulang Aplikasi Kamera Setelah Perangkat Dingin

Kamera tidak bisa merekam juga bisa terjadi karena aplikasi kamera error. Ini sangat sering terjadi di beberapa ponsel yang menggunakan sistem operasi asli dari Google tanpa kustomisasi sama sekali.

Solusinya bagaimana? jika dirasa aplikasi kamera tidak bisa digunakan atau hasilnya rusak kamu bisa tutup aplikasi kamera di recent apps lalu buka kembali. Dengan cara tersebut saya jamin masalah aplikasi kamera error akan teratasi.

Mulai Ulang HP Yang Kamu Miliki Sebelum Buka Aplikasi Kamera

Terakhir kamu bisa mulai ulang atau reboot HP yang kamu miliki sebelum membuka ulang aplikasi kamera dan mulai merekam video lagi. Sempatkan untuk reboot karena ini penting jika perangkat sebelumnya bekerja secara maksimal.

Khususnya jika kamu tidak perlu reboot HP yang kamu miliki dan tidak pernah mematikannya sama sekali. Padahal sangat disarankan untuk reboot atau mulai ulang smartphone minimal 1 bulan sekali agar aplikasi dan program bekerja dengan lebih baik.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan kamu bisa coba perangkat kamu untuk merekam video di beberapa kesempatan. Jika tidak ada masalah berarti kamu bisa menggunakannya untuk merekam kapan saja tanpa ada gangguan.

Tetapi jika muncul masalah seperti gagal merekam video kamu harus mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Seperti menghapus aplikasi kamera dari recent apps atau menggunakan aplikasi kamera dari pihak ketiga.

Bisa dibilang faktor bug menjadi masalah utama rekam video gagal di smartphone baik di Android atau iOS. Bug software menyebabkan aplikasi kamera tidak stabil dan hasil rekaman video rata-rata akan rusak.

Jika memang membutuhkan kamu bisa ganti atau gunakan perangkat lain. Karena percuma saja jika kamu merekam dengan perangkat tersebut hasilnya hanya akan merepotkan dan bisa menghilangkan moment terbaik yang sudah kamu rekam.

Itu saja pembahasan kali ini tentang faktor penyebab rekam video gagal sering terjadi Android dan iOS, semoga bermanfaat. Video tidak bisa diputar karena format tidak didukung oleh pemutar video? kamu bisa baca artikel tentang cara mengatasi permasalahan tersebut.