Solusi Aplikasi Kamera Terbalik di Android

Solusi Aplikasi Kamera Terbalik di Android

HiPoin.com – Hasil foto yang terbalik sangatlah sering kita jumpai. Yang paling umum yaitu karena sensor orientasi tidak tersinkron dengan aplikasi Kamera. Bagaimana dengan tampilan aplikasi kamera terbalik? beberapa pengguna Android pernah mengalami masalah tersebut.

Tampilan aplikasi kamera yang terbalik bisa terjadi karena beberapa hal. Terbalik seperti apa? seperti tombol shutter yang seharusnya ada di bagian bawah pindah ke bagian atas. Intinya tampilan aplikasi kamera tidak seperti tampilan aplikasi kamera pada umumnya.

Selain terbalik masalah lainnya juga sering terjadi di aplikasi kamera seperti kamera tidak memproses atau aplikasi kamera tidak bisa dibuka sama sekali. Kamera HP terbalik memang bisa terjadi, lalu bagaimana solusinya jika kamu mengalami permasalahan tersebut?

Supaya kamu tau kali ini saya akan menjelaskan solusi mengatasi aplikasi kamera terbalik atau hasil foto terbalik. Khususnya saat menggunakan aplikasi dari pihak ketiga masalah ini sangat sering terjadi. Hasil foto tidak sesuai dengan posisi kamu saat mengambil gambar.

Sebagai contoh kamu mengambil foto dengan posisi landscape tetapi hasil foto menjadi portrait. Hasilnya foto menjadi sangat buruk dan jelek karena foto yang seharusnya lebar di tahan karena menjadi portrait. Tanpa panjang lebar langsung saja kamu simak artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kamu bisa baca cara menggunakan kamera dengan lensa Ultra Wide di Android. Mode Ultrawide bisa kamu pilih dan aktifkan sesuai dengan keinginan kamu. Tetapi kamu perlu tau lensa Ultrawide tidak sebagus lensa Utama.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tampilan Aplikasi Kamera Terbalik

1. Matikan Rotasi Otomatis

Rotasi Otomatis yang aktif bisa mengakibatkan kamera kebingungan saat mengambil foto. Karena pengguna pasti melakukan pengambilan foto dengan berbagai gaya. Aplikasi kamera akan kebingungan karena rotasi selalu berubah ubah efek dari rotasi otomatis.

Dari landscape langsung ke portrait atau dari portrait langsung ke landscape. Lebih baik kamu nonaktifkan rotasi otomatis atau kunci rotasi otomatis ke landscape saja atau ke portrait saja saat menggunakan aplikasi kamera.

2. Matikan Mirrored Photo

Untuk solusi yang satu ini bukan solusi aplikasi kamera terbalik akan tetapi lebih tepatnya solusi hasil foto terbalik. Mirrored Photo adalah salah satu fitur yang biasanya ada di kamera depan yang membuat hasil foto terbalik.

Contoh mudahnya saat foto kepala kamu miring ke kanan akan tetapi di hasil foto kepala kamu miring ke kiri. Efek dari Mirrored Photo atau cermin akan terasa jika kamu memotret objek dengan tulisan. Tulisan tidak terbaca karena terbalik.

3. Hapus Data Aplikasi Kamera

Berikutnya kamu bisa menghapus data aplikasi kamera. Selain bisa untuk mengatasi masalah aplikasi kamera HP terbalik menghapus data aplikasi kamera juga berfungsi mengatasi masalah lain yang sering muncul saat menggunakan aplikasi kamera.

Jika masalah tersebut tetap saja muncul kemungkinan ada masalah serius. Silakan kamu coba dengan memeriksa pembaruan aplikasi kamera dan lakukan hard reset jika aplikasi kamera terus bermasalah hingga tidak bisa digunakan.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi aplikasi kamera terbalik di perangkat Android. Kamu bisa coba cara diatas tergantung masalah yang kamu alami. Masalah karena hasil foto terbalik atau karena tampilan aplikasi kamera terbalik.

Masalah tersebut sering terjadi di aplikasi kamera bawaan, sedangkan di aplikasi kamera pihak ketiga jarang terjadi. Khususnya di aplikasi kamera dengan kustomisasi yang sedikit seperti aplikasi kamera yang ada di Pure Android dan AndroidOne.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri kamu bisa baca cara menggunakan mode malam di aplikasi kamera. Mode malam bisa kamu manfaat untuk memotret di mahal hari supaya hasil foto yang ditangkap menjadi lebih bagus.