4 Penyebab Panggilan Diakhiri Saat Menelpon

4 Penyebab Panggilan Diakhiri Saat Menelpon

HiPoin.com – Hal yang menjengkelkan yaitu saat menghubungi seseorang lewat telepon tetapi tidak diangkat-angkat. Itu mungkin sering kamu alami, lalu bagaimana dengan panggilan diakhiri walaupun kita belum terhubung ke nomor tujuan?

Selain karena sudah selesai ngobrolnya panggilan yang diakhiri bisa terjadi walaupun kita belum terhubung. Sangat aneh memang belum terdengar suara “tut tut tut” tetapi panggilan tiba-tiba diakhiri. Yang menjadi pertanyaan apa penyebabnya?

Penyebabnya cukup banyak dan bervariasi. Bisa karena faktor dari kita atau karena faktor nomor tujuan. Misalnya panggilan telepon diakhiri saat kamu mencoba menelpon dan terjadi di setiap nomor yang ingin kamu hubungi.

Jika begitu itu karena ada kesalahan pengaturan pada perangkat kamu. Sedangkan panggilan keluar diakhiri di satu nomor saja menandakan yang bermasalah nomor yang akan kamu hubungi. Saya nanti akan membahas keduanya supaya kamu menjadi lebih paham.

Saat menghubungi seseorang dan panggilan diakhiri muncul tidak ada yang bisa kamu lakukan sebelum kamu mengatasi atau memperbaikinya. Supaya kamu bisa memperbaiki masalah tersebut kamu harus tau penyebabnya terlebih dahulu.

Setelah tau penyebabnya kamu bisa tau langkah apa yang bisa kamu ambil. Atau kamu bisa menyimpulkan yang bermasalah ada di kamu atau di nomor yang kamu hubungi. Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan tentang penyebab yang bisa menyebabkan panggilan telepon diakhiri.

Namun sebelum lanjut ke penyebab panggilan keluar diakhiri kamu bisa baca cara menolak panggilan secara benar. Menolak panggilan masuk secara benar ada caranya dan kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Solusi Panggilan Diakhiri Saat Melakukan Panggilan Keluar

1. Jaringan Kamu Terkunci di 4G LTE

Penyebab pertama dan kedua yaitu saat kamu tidak bisa menghubungi semua nomor karena tiba-tiba panggilan yang kamu buat diakhiri. Jaringan yang kamu kunci di 4G tidak akan bisa kamu gunakan untuk menelpon dan SMS. Kenapa begitu? karena 4G tidak mendukung SMS dan Telpon.

Banyak kasus pengguna yang mengunci jaringan di perangkat mereka ke 4G only yang menyebabkan panggilan dan SMS masuk tidak bisa diterima serta panggilan keluar dan SMS keluar tidak bisa terkirim. Oleh karena itu pastikan kamu tidak mengatur jaringan ke 4G only.

2. VoLTE Tidak Aktif di Perangkat Kamu

Fitur VoLTE yang tidak aktif akan merepotkan bagi pengguna Smartfren. Panggilan diakhiri mungkin saja dikarenakan kamu menggunakan operator seluler Smartfren tetapi tidak mengaktifkan fitur VoLTE. Tanpa mengaktifkan VoLTE kamu memang masih bisa mengakses internet.

Akan tetapi akses SMS dan Telpon tidak akan bisa digunakan dan saat ingin melakukan panggilan keluar pasti akan muncul panggilan diakhiri. Tidak seperti operator lainnya Smartfren hanya memiliki jaringan 4G saja. Dan untuk mendukung SMS dan Telpon di jaringan 4G dibutuhkan yang namanya VoLTE.

3. Nomor Tujuan Mengunci Jaringan ke 4G

Untuk penyebab ketiga dan seterusnya adalah kasus dimana kamu tidak bisa menghubungi satu nomor saja. Alias saat menghubungi nomor lain panggilan telepon diakhiri tidak kamu alami. Sama seperti penyebab pertama karena mengaktifkan jaringan 4G only.

Selain tidak bisa menghubungi seseorang nomor kita juga tidak akan bisa dihubungi. Karena tanpa ada VoLTE atau turun ke jaringan 3G panggilan masuk tidak akan bisa dilakukan. Misalnya kamu menghubungi satu nomor dan panggilan langsung diakhiri kemungkinan nomor tersebut di jaringan 4G only.

4. Nomor Tujuan Tidak Mengaktifkan VoLTE

Misalnya nomor yang kamu hubungi menggunakan operator Smartfren dan panggilan diakhiri kemungkinan besar karena nomor yang ingin kamu hubungi tidak mengaktifkan fitur VoLTE. Mungkin tanpa VoLTE dan mengunci jaringan di 4G masih bisa mengirim dan menerima SMS.

Akan tetapi untuk panggilan telepon itu hal yang tidak mungkin. Jika sudah seperti itu lebih baik kamu kirim SMS saja karena untuk SMS kemungkinan masih bisa walaupun fitur VoLTE tidak diaktifkan. Tidak ada salahnya mencoba karena saya pernah mencobanya kadang berhasil kadang tidak.

Hanya 4 penyebab saja yang saya ketahui yang bisa menyebabkan panggilan diakhiri atau call ended. 2 penyebab karena faktor kita dan 2 penyebab lainnya karena faktor orang lain atau penerima. Kamu bisa menyimpulkan sendiri panggilan keluar diakhiri yang kamu alami karena penyebab yang mana.

Tidak bisa melakukan panggilan memang cukup mengkhawatirkan karena banyak orang yang menyangka bahwa perangkat mereka rusak jika tidak bisa melakukan panggilan. Itu bisa terjadi seperti tidak bisa mengirim SMS. Hanya saja biasanya karena masalah sepele seperti salah pengaturan.

Sebelum saya akhiri pembahasan kali ini tentang panggilan diakhiri saat menelpon mungkin kamu perlu tau cara mengaktifkan perekam panggilan di perangkat Xiaomi. Tanpa aplikasi tambahan, di perangkat Xiaomi kamu bisa mengaktifkan fitur perekam panggilan dengan mudah.