3 Penyebab Suara Telepon Bergema Saat Bertelepon

3 Penyebab Suara Telepon Bergema Saat Bertelepon

HiPoin.com – Salah satu gangguan yang sering terjadi saat sedang melakukan panggilan telepon yaitu suara telepon bergema. Gangguan ini cukup mengganggu karena pembicaraan jadi terganggu dikarenakan suara menjadi bergema seperti di dalam aula besar.

Selain bergema sebenarnya masih ada beberapa gangguan yang sering terjadi saat melakukan panggilan telepon. Seperti suara yang memantul, suara berdengung, atau tidak bisa mendengarkan lawan bicara. Pasti kamu bingung kenapa hal seperti itu bisa terjadi.

Tentu saja bisa, karena kondisi jaringan penerima dan pembuat panggilan jelas berbeda. Selain itu sinyal dalam perjalanan pasti akan terganggu yang bisa menyebabkan gangguan pada telepon. Gangguan yang saya alami beberapa minggu yang lalu yaitu suara memantul saat menelpon.

Singkatnya seperti sedang ngobrol dengan diri sendiri. Dari awal saya memiliki sebuah HP sampai saat itu saya belum pernah mengalami suara telepon memantul. Entah kenapa pada hari itu saya mengalaminya, mungkin saja itu firasat supaya saya membuat artikel ini.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa penyebab yang bisa membuat suara telepon bergema atau gangguan lainnya saat sedang melakukan panggilan telepon. Karena jika ada gangguan obrolan dengan orang akan menjadi terganggu dan kemungkinan terjadi miscommunication sangat tinggi.

Namun sebelum lanjut ke penyebab gangguan saat bertelepon kamu bisa baca solusi tidak bisa mengirim SMS. Tidak bisa mengirim SMS terjadi karena beberapa faktor, untuk mengatasinya kamu perlu tau penyebabnya terlebih dahulu.

Mengatasi Suara Telepon Bergema

1. Kondisi Jaringan Buruk

Penyebab pertama gangguan saat bertelepon seperti telepon putus-putus atau suara tidak jelas dikarenakan kondisi jaringan kurang bagus. Saya sendiri tidak tau kondisi jaringan orang yang memanggil atau kondisi jaringan orang yang di panggil.

Kamu hanya bisa menyimpulkan bahwa kondisi sinyal milik ponsel kamu memang sedang tidak bagus. Saran saya segera cari lokasi yang tersedia banyak jaringan seperti di luar ruangan. Jika di paksa di dalam ruangan maka komunikasi dengan telepon akan terganggu.

2. Volume Panggilan Terlalu Kecil

Volume panggilan yang terlalu kecil bisa menyebabkan suara tidak jelas padahal aslinya jelas. Oleh karena itu kamu atur volume panggilan minimal 50% dari volume maksimal. Jika volume yang kamu gunakan hanya 10% maka suara yang akan terdengar sangat kecil sekali.

Meningkatkan volume panggilan memang tidak bisa mengatasi suara telepon bergema, akan tetapi tetap saja volume panggilan harus keras supaya terdengar jelas. Atau kamu bisa mengaktifkan speaker supaya suara terdengar keras, akan tetapi orang disekitar akan tau percakapan kamu dengan lawan bicara.

3. Nonaktifkan Fitur Pengurangan Bising

Yang terakhir kamu bisa mematikan fitur Pengurangan Bising. Fitur ini tidak di semua perangkat ada, untuk tau apakah ponsel yang kamu gunakan ada fitur pengurangan bising kamu bisa cek di pengaturan panggilan. Setelah itu kamu cari menu Aksesibilitas, jika ada maka akan ada pilihan Pengurangan Bising.

Fitur ini akan sangat berguna jika jaringan yang kita miliki sedang bagus dan kita sedang berada di tempat yang ramai. Akan tetapi berdasarkan pengalaman saya munculnya gema atau suara yang memantul saat bertelepon karena fitur pengurangan bising aktif saat kondisi jaringan buruk. Bukannya menghilangkan suara tidak penting malah muncul gema.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan suara telepon bergema atau memantul saat menelpon. Walaupun begitu telepon dengan pulsa masih lebih baik dari pada telepon menggunakan koneksi internet seperti yang ada di WhatsApp atau Facebook Messenger.

Karena asal ponsel kita mendapatkan sinyal proses bertelepon tidak akan terganggu. Akan tetapi jika bertelepon menggunakan koneksi internet dan koneksi internet yang digunakan tidak stabil maka komunikasi jelas akan langsung terganggu karena suara akan telat sampai.

Semoga pembahasan kali ini mengenai suara telepon bergema bermanfaat dan menambah wawasan kamu semua. Baru menggunakan aplikasi Getcontact dan tidak tau cara hapus tag sendiri? kamu bisa baca artikel tentang cara hapus tag di Getcontact.