Cara Bayar QRIS Via Aplikasi Jenius

Cara Bayar QRIS Via Aplikasi Jenius

HiPoin.com – Adanya QRIS pembayaran dan transaksi di Indonesia menjadi lebih mudah, simple, cepat, dan efisien. Selain itu cara bayar QRIS sangatlah mudah kamu bisa melakukannya lewat aplikasi perbankan ataupun nonbank seperti dompet digital.

QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard yang merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Dengan adanya QRIS seluruh pembayaran dari penyelenggara manapun baik bank dan nonbank dapat digunakan oleh semua lapisan masyarakat seperti toko, kios, toko kelontong, warung makan, hingga tukang parkir.

Selain kemudahan pembayaran QRIS dan bisa dimanfaatkan untuk semua lapisan masyarakat metode pembayarannya pun sangat banyak. Untuk dompet digital atau e-Wallet saya rasa semua bisa digunakan untuk pembayaran QRIS.

Sedangkan untuk aplikasi perbankan saya masih ragu bahwa semuanya menyediakan fitur ini, tetapi saya yakin kedepannya semuanya bisa. Dan di artikel kali ini saya akan mencontohkan saya bayar QRIS lewat Jenius BTPN atau lewat aplikasi Jenius.

Secara umum pembayaran QRIS sama saja yaitu scan kode QRIS, masukan nominal pembayaran, dan konfirmasi pembayaran. Perbedaannya mungkin letak menu scan yang ada di masing-masing aplikasi yang kamu gunakan.

Supaya lebih jelas langsung saja kamu simak cara membayar transaksi QRIS menggunakan Jenius BTPN. Selain bisa digunakan untuk bayar transaksi QRIS, kamu juga bisa top up saldo Gopay lewat aplikasi Jenius dengan mudah dan cepat.

Cara Bayar QRIS Lewat Aplikasi Jenius

Langkah ke-1: Kamu masuk ke akun Jenius kamu lalu pilih menu Mobius yang ada di tengah-tengah

Langkah ke-2: Selanjutnya kamu pilih Scan QRIS

Menu Mobius Aplikasi Jenius

Langkah ke-3: Kemudian kamu scan kode QR QRIS nya baik secara langsung maupun menggunakan gambar melalui galeri

Pindai Kode QRIS

Langkah ke-4: Lalu masukan jumlah atau nominal pembayaran *minimal Rp. 1.000

Nominal Pembayaran QRIS

Langkah ke-5: Selain lewat menu Mobius sebenarnya kamu bisa langsung bayar QRIS di halaman utama aplikasi Jenius dengan memilih menu Scan QRIS

Menu Scan QRIS

Mudah sekali bukan, langkah-langkahnya sama saja di masing-masing aplikasi saya jamin itu. Hanya saja letak menu scan atau pindai yang pasti berbeda. Tetapi secara mendasar proses pembayarannya 100% sama tidak ada perbedaan di masing-masing aplikasi.

Perlu di ingat aplikasi perbankan yang di Indonesia pasti mendukung pembayaran QRIS, jika belum ada menunya kemungkinan masih dalam pengembangan. Karena pihak BI sendiri mendukung pembayaran menggunakan metode QRIS.

Dan sebelum saya akhiri tutorial mengenai cara bayar QRIS menggunakan aplikasi Jenius bagi pengguna Jenius kamu juga bisa baca cara bayar tagihan dan beli token listrik lewat aplikasi Tokopedia, cepat awal bulan bisa langsung bayar.