Cara Cek Kemacetan Lewat Google Maps Secara Realtime

Cara Cek Kemacetan Lewat Google Maps Secara Realtime

HiPoin.com – Bagi kamu yang sering bepergian ke luar kota dan sering menggunakan aplikasi Maps, pasti pernah bertanya tanya apakah bisa cek kemacetan lewat Google Maps? jawabannya tentu saja bisa. Dengan kemajuan teknologi kini kita bisa melihat kemacetan cukup dengan aplikasi Maps milik Google.

Seperti yang kita tau dengan Google Maps kita bisa melihat kondisi jalan dengan beberapa pilihan jenis peta serta detailnya. Ada 3 pilihan peta di Maps yaitu Default, Satelit, dan Medan. Sedangkan detailnya ada Transportasi Umum, Lalu Lintas, Bersepeda, 3D, dan Street View.

Sedangkan untuk mengetahui macet dengan Google Maps kita bisa menggunakan jenis peta apa saja yang terpenting menggunakan detail Lalu Lintas. Walaupun tidak sepenuhnya akurat, tetapi kondisi jalan yang terdeteksi oleh Google Maps terbaca secara live atau realtime.

Sistem akan mendeteksi para pengguna aplikasi Google Maps untuk menentukan titik kemacetan. Jika di beberapa tempat banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini dan tidak berjalan dalam jangka waktu tertentu, maka detail kemacetan akan muncul dengan sendirinya.

Sedangkan jika para pengguna sudah mulai berjalan alias lalu lintas sudah normal, titik kemacetan di Google Maps akan hilang. Jadi bisa disimpulkan untuk cara cek kemacetan lewat Google Maps tidak bisa dibilang akurat, tetapi ini realtime.

Sistem akan mendeteksi titik kemacetan baik di siang hari atau malam hari secara terus menerus jika memang ada beberapa pengguna aplikasi Google Maps di jalan yang sama yang terdeteksi.Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat tutorial dibawah supaya kamu tau bagaimana menggunakan aplikasi Maps untuk cek kemacetan.

Cara Cek Kemacetan Lewat Google Maps

Langkah ke-1: Silakan kamu buka aplikasi Maps lalu pilih menu pancaran satelit

Langkah Cek Kemacetan Lewat Google Maps

Langkah ke-2: Untuk Jenis Peta terserah kamu, sedangkan untuk Detail Peta silakan pilih Lalu Lintas

Detail Peta Lalu Lintas di Google Maps

Langkah ke-3: Setelah itu akan muncul pantauan lalu lintas di jalan utama khususnya jalan antar kota dan antar provinsi. Warna hijau menandakan jalan sepi dan lancar, warna jingga memiliki arti jalan cukup padat, sedangkan merah menandakan titik kemacetan

Titik Kemacetan di Google Maps

Warna-warna diatas akan berubah sesuai kondisi lalu lintas di lokasi tersebut. Oleh sebab itu cara cek kemacetan lewat Google Maps bisa kamu gunakan sebagai patokan, karena ini realtime. Walaupun realtime bisa saja bagi kita itu bukanlah kemacetan, tetapi hanya kondisi jalan yang sedikit padat saja.

Semoga bagi kamu yang sering bepergian dan belum tau cara cek kemacetan menggunakan aplikasi Maps dengan adanya artikel ini kamu menjadi terbantu. Selain Google Maps, aplikasi Waze juga bisa kamu gunakan untuk melihat lalu lintas jalan dan titik kemacetan.

Berhubung artikel ini membahas mengenai lokasi, kamu juga perlu tau cara merubah lokasi Facebook supaya jangkauan marketplace menjadi lebih luas. Jika kamu sering membeli barang di menu marketplace di Facebook, maka produk yang akan muncul akan lebih banyak dan bervariasi.

Dan saran saya jika kamu ingin cek kemacetan lewat Google Maps gunakan pilihan peta Satelit. Karena kita bisa melihat secara nyata jauh dekatnya lokasi kita saat ini. Jika kamu menggunakan peta Default atau Medan saya jamin kamu akan bingung.