Cara Mendapatkan Kode Cadangan Akun Google

Cara Mendapatkan Kode Cadangan Akun Google

HiPoin.com – Mengamankan kode cadangan akun Google wajib kamu lakukan supaya kamu tidak kehilangan akses ke akun kamu. Tidak ada yang tau apa yang akan terjadi, oleh karena itu lebih baik setelah mengaktifkan verifikasi 2 langkah langsung saja kamu unduh atau simpan kode cadangannya.

Kode cadangan sangat berguna saat kamu tidak bisa mengakses nomor yang sudah kamu daftarkan sebagai nomor verifikasi di akun Google. Karena setelah kamu mengaktifkan verifikasi 2 langkah setiap kamu login pasti membutuhkan kode verifikasi.

Tanpa kode verifikasi kamu tidak akan bisa login walaupun kata sandi yang kamu input sudah benar. Kode cadangan atau yang sering disebut kode pengganti akun Google oleh sebagai orang adalah kode berjumlah 8 digit yang fungsinya seperti kode verifikasi.

Hanya saja kode cadangan bisa aktif dan dapat digunakan sampai kapanpun sebelum kode tersebut dipakai atau di reset. Kenapa bisa begitu? karena kode cadangan akun Google setiap kodenya hanya bisa digunakan sekali saja.

Dan kamu diberikan 10 kode yang bisa kamu simpan. Selain itu kamu juga bisa melakukan reset ke 10 kode tersebut dan menggantinya dengan kode cadangan baru jika dibutuhkan. Yang menjadi pertanyaan bagaimana cara mendapatkan kode cadangan itu??

Secara umum kode cadangan atau kode pemulihan akun Google dapat kamu dapatkan di setelan verifikasi 2 langkah. Karena kode cadangan yang diberikan oleh Google dapat di akses kapan saja seperti kode cadangan di akun Facebook dan akun Instagram.

Berbeda dengan Google Authenticator atau Pengesahan Google yang kode pemulihannya hanya diberikan saat awal mengaktifkan fitur tersebut. Supaya lebih jelas langsung saja kamu simak cara mendapatkan kode pengganti akun Google.

Namun sebelum lanjut kamu bisa baca cara mengubah email pemulihan dan nomor telepon di akun Google. Kamu perlu mengubah kedua kontak tadi supaya kamu dapat menggunakan email dan nomor telepon yang terdaftar saat kamu tidak bisa login ke akun Google yang kamu miliki.

Cara Melihat Kode Cadangan Akun Google

Langkah ke-1: Silakan kamu akses menu Akun Google lalu pilih Keamanan. Setelah berada di menu Keamanan silakan kamu tekan Verifikasi 2 Langkah

Letak Kode Cadangan Akun Google

Langkah ke-2: Lalu input kata sandi akun Google kamu dan tekan Berikutnya

Input Password Akun Google

Langkah ke-3: Setelah masuk ke setelan Verifikasi 2 Langkah silakan kamu pilih Kode cadangan>Tampilkan Kode

Menu Kode Cadangan Akun Google

Langkah ke-4: Terakhir akan muncul 10 kode cadangan yang bisa kamu simpan. Untuk reset atau mendapatkan kode cadangan baru silakan kamu tekan Dapatkan Kode Baru

Simpan Kode Cadangan Akun Google

Sangat mudah bukan untuk melihat kode cadangan akun Google. Misalnya kamu ingin menyimpan kode tersebut bisa kamu tekan Download atau lakukan Screenshot. Kode pemulihan akun Google tetap bisa kamu gunakan asalkan belum pernah kamu gunakan dan tidak kamu reset atau diganti dengan kode baru.

Saya harap kamu yang belum menyimpan kode cadangan akun Google setelah mengaktifkan verifikasi 2 langkah lebih baik mulai menyimpan kode tersebut. Dan yang perlu kamu perhatikan simpan di tempat yang aman dan dapat kamu lihat kapanpun kamu membutuhkannya.

Supaya lebih aman lagi kamu bisa merubah kode cadangan tadi menjadi kode biner. Tenang saja dengan terjemahan biner kamu bisa dengan mudah membuat dan menerjemahkan sebuah kode biner. Selain aman, kamu bisa menyimpannya di tempat yang terbuka karena orang lain tidak akan tau.