Cara Melihat Riwayat Domain Yang Kamu Miliki

Cara Melihat Riwayat Domain Yang Kamu Miliki

HiPoin.com – Melihat riwayat domain sebelum membelinya perlu kamu lakukan. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para blogger, web developer, atau domainer. Apa fungsi melihat history sebuah domain? apakah penting untuk kedepannya?

Memeriksa domain perlu kamu lakukan supaya hal-hal yang tidak kamu inginkan terjadi saat domain yang kamu miliki sudah menjadi sebuah brand besar. Ada kriteria sebuah domain apakah layak untuk di beli dan dimiliki atau tidak.

Salah satu kriteria tersebut yaitu dari riwayat suatu domain. Riwayat sebuah domain harus bersih dan tidak pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya untuk hal-hal yang merugikan orang lain atau melanggar peraturan. Sebagai contoh domain tersebut tidak pernah dibuat untuk menipu orang.

Selain dari sisi domainnya, kamu juga perlu tau tentang backlink atau link yang mengarah ke domain tersebut dari situs yang bagus atau tidak. Intinya kamu harus memastikan bahwa nama domain tadi aman dari berbagai hal yang melanggar.

Untuk tau bagaimana cara cek riwayat domain kamu bisa simak tutorial yang akan saya bahas kali ini. Pada tutorial kali ini saya hanya akan mengecek riwayat atau histroy sebuah domain saja. Untuk faktor pertimbangan lain seperti melihat DA dan PA serta Spam Score akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Supaya lebih jelas langsung saja saya jelaskan cara cek history domain menggunakan layanan arsip digital. Namun sebelum lanjut kamu bisa baca artikel tentang proses wsappx di perangkat Windows. Proses tersebut sering menggunakan CPU terlalu banyak dan kamu harus tau cara mengatasinya.

Cara Cek Riwayat Domain Dengan Arsip Digital

Langkah ke-1: Silakan kamu akses situs Internet Archive: Wayback Machine untuk melihat riwayat suatu domain pada arsip digital

Langkah ke-2: Setelah itu kamu input alamat domain yang ingin kamu cek riwayatnya di kolom pencarian

Cek Riwayat Domain

Langkah ke-3: Jika alamat domain sudah kamu tambahkan tekan saja Browse History

Cari Riwayat Alamat Domain

Langkah ke-4: Maka akan muncul semua arsip digital, snapshot, atau capture saat domain tersebut aktif kembali

Arsip Digital Domain

Langkah ke-5: Langkah terakhir kamu cari dan pilih tanggal yang ada proses snapshot nya dengan tanda warna biru

Snapshot Domain

Langkah ke-6: Hasil snapshot atau capture domain seperti dibawah ini

Capture Riwayat Domain

Bagaimana? mudah bukan untuk melihat dan mengecek history domain yang ingin kita beli atau domain yang kita miliki sekarang. Langkah tersebut wajib kamu lakukan saat kamu ingin membeli domain baru supaya kamu tau sejarah domain tersebut.

Mengetahui riwayat domain juga bisa kamu manfaatkan untuk menilai bahwa domain tersebut banyak diminati atau tidak. Misalnya domain tersebut aktif tetapi hanya di tahan atau disimpan saja dalam jangka waktu lama lalu drop kemungkinan domain tersebut domain yang cukup bagus.

Atau istilah kerennya domain premium. Selain itu kamu perlu tau juga cara menggunakan situs Ahrefs untuk melihat backlink domain secara lengkap. Karena selain tau riwayat domain kamu juga perlu tau jumlah dan dari mana saja backlink domain tersebut.