Cara Melihat Hasil Download dan Lokasi File di Google Chrome Desktop

Cara Melihat Hasil Download dan Lokasi File di Google Chrome Desktop

HiPoin.com – Kebiasaan melihat hasil download file yang baru saja di download saya lakukan supaya saya tau bahwa file yang saya unduh barusan benar dan dapat dibuka. Karena banyak kasus setelah selesai melakukan proses download banyak orang yang tidak melihat file tersebut.

Suatu ketika ingin membuka file tersebut, namun ternyata file tadi tidak bisa dibuka karena faktor-faktor tertentu. Atau file tersebut tidak tau dimana tersimpannya. Jika kamu menggunakan Komputer dan Laptop untuk melakukan download file, maka kamu harus tau dan wajib selalu melihat hasil download file tadi.

Sebagai contoh jika menggunakan browser Google Chrome, kamu bisa melihat hasil download Google Chrome langsung dari aplikasi untuk memudahkan proses pencarian. Karena jika ingin membuka file download tidak langsung dari browser terkadang kita akan bingung akan tersimpan di folder mana.

Permasalahan akan semakin rumit jika file dalam folder tadi juga banyak, maka kamu akan sangat kesulitan untuk mencari file yang baru saja kamu download. Karena Chrome adalah salah satu browser paling populer, maka kali ini saya akan sedikit memberikan tutorial untuk melihat hasil download Google Chrome khusus PC dengan tampilan desktop.

Bagi pengguna aplikasi browser lainnya seperti Opera Browser, Mozilla Firefox, dan UC Browser caranya sama saja. Cara ini pasti saya lakukan untuk mencegah kehilangan file yang baru saja di download. Apalagi jika kamu sedang terburu-buru membutuhkan file yang baru saja di unduh, melihat hasil download Google Chrome dengan cara ini adalah pilihan yang tepat.

Jadi kamu tidak perlu membuka File Explorer terlebih dahulu. Cukup klik pada file yang sudah selesai di unduh, maka kamu akan langsung di arahkan ke file tersebut lengkap dengan letak file serta lokasi foldernya. Langsung saja, berikut ini cara untuk membuka file download dengan cepat.

Cara Melihat Hasil Download Google Chrome PC

Langkah ke-1: Kamu bisa klik Ikon Titik Tiga di pojok kanan atas browser Google Chrome lalu jika muncul tab pilihan, pilih Unduhan

Unduhan Google Chrome

Langkah ke-2: Maka kamu akan masuk di menu Unduhan pada aplikasi Google Chrome. Pada menu tersebut banyak sekali file dan data yang sudah kamu unduh dengan Google Chrome. Jika sudah di coret dan warnanya sudah abu-abu, menandakan file tersebut sudah terhapus. Untuk membuka file download nya kamu pilih file yang mana kemudian klik Tampilkan dalam folder

Menu Unduhan Google Chrome

Langkah ke-3: Dengan sendirinya maka sistem akan langsung membuka folder terkait dan menunjukan file mana yang kamu pilih di menu Unduhan tadi. Melihat hasil download Google Chrome dan aplikasi browser lainnya lewat browser langsung adalah pilihan yang tepat dan harus kamu coba

Folder Unduhan Google Chrome

Kamu tetap bisa mencari file yang sudah lama kamu download lewat Chrome. Jika hasil download Google Chrome file nya masih ada dan belum terhapus, maka untuk membuka file download tadi bisa kamu lakukan dengan Menampilkan dalam folder lewat menu Unduhan.

Untuk melihat hasil download Google Chrome ini hampir sama di browser lainnya. Hanya sedikit perbedaan tampilan saja, karena memang berbeda aplikasi dan fitur. Jika kamu mengunduh sesuatu di Chrome dan berhenti proses download nya, kamu juga bisa melanjutkannya dengan cara melihat hasil download tadi di menu Unduhan.

Namun untuk bisa dilanjutkan atau tidak proses download tersebut tergantung server dimana file tadi di unggah. Maka kamu jangan heran jika melihat hasil download dan melanjutkan proses download yang tertunda di beberapa file ada yang bisa dilanjutkan dan ada yang gagal dan harus mengulang dari awal.