Cara Melihat Screen On Time Android

Cara Melihat Screen On Time Android

HiPoin.com – Patokan sebuah smartphone hemat atau boros baterai dengan cara melihat melihat Screen On Time. Screen On Time atau SOT bisa kamu jadikan patokan akurat untuk menentukan perangkat yang kamu gunakan boros baterai atau tidak.

Istilah ini sebenarnya sudah cukup populer sejak dahulu akan tetapi ternyata kini masih banyak yang belum tau. Karena orang akan melihat grafik baterai dan tidak melihat berapa lama layar menyala setelah pengisian daya terakhir.

Selain kurang akurat grafik baterai dari pengisian terakhir sulit dibaca. Sedangkan Screen On Time berupa durasi dan saya yakin orang akan tau maksud dari durasi tersebut. Secara umum mengecek SOT Android bisa kamu cek di menu Baterai.

Hanya saja tampilan menu di masing-masing perangkat bisa saja berbeda, tetapi secara umum data yang tampil sama. Semakin lama waktu layar menyala semakin hemat baterai perangkat yang kamu miliki. Screen On Time Android atau Screen Time Android adalah salah satu patokan saat pengujian daya baterai.

Bagi kamu yang belum tau cara cek dan melihat Screen On Time di perangkat Android kamu bisa baca artikel ini. Saya akan menjelaskan cara melihat SOT di perangkat Android supaya kamu tau dimana letak Screen On Time atau waktu layar menyala.

Sebelum lanjut ke pembahasannya kamu perlu tau solusi mengatasi launcher berhenti di Android. Launcher atau peluncur adalah tema sistem yang membuat perangkat Android memiliki tampilan halaman depan yang menarik dan mudah digunakan.

Cara Melihat Screen On Time atau SOT

Langkah ke-1: Silakan kamu buka Setelan lalu pilih Baterai atau Baterai & performa

Melihat Screen On Time Android

Langkah ke-2: Lalu pilih Status konsumsi baterai

Status Konsumsi Baterai

Langkah ke-3: Kemudian pilih Layar

Waktu Layar Menyala

Langkah ke-4: Pada bagian Waktu aktif itulah yang namanya Screen On Time atau SOT

Waktu Layar Aktif

Nah itu dia cara mengecek SOT di Android dan bisa kamu lakukan setiap saat. Untuk menentukan SOT yang benar kamu harus mengecas baterai sampai penuh. Karena jika proses pengecasan tidak pernah sampai penuh SOT tidak akan di reset dan grafiknya menjadi naik turun.

Melihat Screen On Time bisa kamu lakukan setelah baterai mencapai 20% atau 15% setelah pengecasan terakhir ‘sampai penuh’. Jika tidak penuh SOT akan lama tetapi tidak akurat dikarenakan di gabung dengan SOT yang sebelumnya.

Berbicara mengenai baterai kamu harus tau cara mengembalikan ikon baterai Laptop yang hilang. Terkadang ikon baterai yang ada di Laptop hilang sendiri karena tidak sengaja di geser oleh pengguna dan akhirnya ikon baterai menjadi tersembunyi.