Cara Mengatur Ukuran Keyboard Android

Cara Mengatur Ukuran Keyboard Android

HiPoin.com – Ukuran keyboard Android bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya ukuran default yang digunakan adalah ukuran standar yang tidak tinggi dan tidak pendek. Tetapi bagi saya ukuran default termasuk cukup tinggi jadinya saya selalu memperpendek ukuran keyboard yang tampil di layar.

Ada banyak sekali aplikasi keyboard yang bisa kamu pilih dan gunakan. Tetapi secara umum banyak ponsel Android menggunakan keyboard dari Google yaitu GBoard. Keyboard GBoard sangat familiar karena banyak digunakan di Android sebagai keyboard default.

Selain GBoard ada juga keyboard bawaan dari vendor seperti Samsung Keyboard dan Keyboard for Xiaomi. Mengubah tinggi keyboard Android seharusnya bisa dilakukan di semua aplikasi keyboard karena masing-masing aplikasi pasti memiliki setelan.

Mengubah tinggi dan ukuran keyboard Android merupakan pengaturan basic yang seharusnya ada di semua aplikasi keyboard. Kamu bisa mengaturnya lewat menu Bahasa dan masukan. Supaya kamu tau bagaimana cara mengakses setelan keyboard kamu bisa baca artikel ini sampai selesai.

Apapun perangkat yang kamu gunakan baik Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Realme, atau Nokia setelan dan pengaturan keyboard tetap sama. Kecuali perangkat yang kamu miliki memiliki fitur khusus yang ada hubungannya dengan keyboard virtual yang tampil di layar.

Tanpa panjang lebar langsung saja saya jelaskan cara mengatur ketinggian aplikasi keyboard yang ada di Android. Selain Android pengguna iOS juga bisa melakukannya. Sebelum lanjut kamu perlu baca juga cara menampilkan Kalkulator di perangkat Windows.

Langkah Mengatur Ketinggian dan Ukuran Keyboard Android

Langkah ke-1: Silakan kamu buka Setelan lalu cari menu Bahasa & masukan

Mengatur Ukuran Keyboard Android

Langkah ke-2: Setelah itu pilih Keyboard virtual

Menu Keyboard Virtual Android

Langkah ke-3: Pilih aplikasi keyboard yang kamu gunakan, kebetulan saya hanya menginstall GBoard saja

Pilih Aplikasi Keyboard Yang Digunakan

Langkah ke-4: Untuk mengubah tinggi keyboard Android kamu bisa pilih menu Preferensi

Setelan Keyboard

Langkah ke-5: Selanjutnya kamu pilih Ketinggian keyboard

Atur Ketinggian Keyboard

Langkah ke-6: Langkah terakhir kamu pilih ketinggian keyboard sesuai dengan keinginan kamu

Atur Ketinggian Keyboard Sesuai Keinginan

Mudah bukan mengatur ukuran keyboard Android atau ketinggian aplikasi keyboard yang tampil di layar saat digunakan. Karena bisa di atur kamu tidak usah bingung jika keyboard yang sering digunakan oleh orang tua ukurannya tidak biasa alias sangat tinggi.

Berbeda dengan keyboard yang digunakan remaja seperti saya. Pendek dan tingginya keyboard disesuaikan dengan kenyamanan pengguna. Jika pengguna nyaman dengan keyboard yang tinggi itu bukanlah masalah. Yang terpenting mudah saat digunakan.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kamu semua. Tidak tau cara melihat Papan Klip di GBoard? Kamu bisa baca artikel tentang cara melihat Clipboard yang ada di Google Keyboard.