Cara Menghilangkan Navigasi Bar di Android Supaya Mirip iPhone

Cara Menghilangkan Navigasi Bar di Android Supaya Mirip iPhone

HiPoin.com – Untuk bisa menghilangkan navigasi bar di ponsel Android terbaru bisa kita lakukan dengan mudah. Kita bisa menghilangkan semua tombol navigasi, merubah posisi tombol navigasi, atau hanya menggunakan beberapa tombol saja.

Khususnya pada Android 9 Pie, untuk bisa menghilangkan navigasi bar Android Pie di beberapa ponsel sudah ada pengaturan khusus. Jadi pengguna dapat langsung mengatur panel navigasi bar sesuai selera dan kebutuhan. Sebagai contoh memindahkan tombol back ke sebelah kanan.

Menghilangkan tombol Recent Apps dari navbar atau menyembunyikan tombol navigasi hingga kita hanya bisa menggunakan gesture saja. Walaupun hanya menggunakan gesture yang mirip iPhone, namun ini akan membuat kesan menggunakan smartphone lebih menarik.

Pengaturan seperti ini sebelum rilis Android 9 Pie bisa dikatakan hal yang mustahil untuk bisa menghilangkan navigasi bar. Namun untuk merubah tombol navigasi dengan yang kita sukai masih bisa dengan cara di oprek. Karena sudah banyak ponsel Android yang menggunakan versi Android Pie, maka pengguna yang menggunakan gesture pasti sudah sering kita temui.

Pengaturan Navigasi selain dari Android 9 juga bisa kita aktifkan dan kita atur jika ponsel kita sudah ada pengaturan tersebut. Sebagai contoh kustomisasi MIUI. Di ponsel Xiaomi yang menggunakan MIUI juga bisa menghilangkan navigasi bar tanpa menggunakan Pure Android atau Stock Android 9 Pie.

Oleh karena itu pengguna ponsel Xiaomi juga banyak yang menghilangkan tombol navigasi supaya mirip dengan iPhone. Lalu bagaimana cara menghilangkan tombol navigasi? khususnya menghilangkan navigasi bar Android Pie? Kamu hanya perlu mengakses menu Pengaturan>Tampilan>Panel navigasi saja.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena saya juga pengguna ponsel Android yang menggunakan Android 9 Pie. Kamu juga bisa membaca tentang penghapusan data Google Play aman atau tidak, karena ini salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh pengguna smartphone Android.

Cara Menghilangkan Navigasi Bar Android Pie

Langkah ke-1: Buka menu Pengaturan dan pilih Tampilan

Buka Pengaturan Untuk Menghilangkan Navigasi Bar

Langkah ke-2: Pilih Lanjutan untuk melihat pengaturan lainnya di menu Tampilan

Pilih Menu Lanjutan

Langkah ke-3: Pilih menu Panel navigasi untuk bisa menyembunyikan tombol navbar atau menghilangkan tombol navigasi di bawah layar

Pilih Pengaturan Panel Navigasi

Langkah ke-4: Untuk menghilangkannya silakan kamu pilih pada ‘Tampilkan atau Sembunyikan panel navigasi‘ menjadi Sembunyikan panel navigasi menggunakan gerakan

Sembunyikan Panel Navigasi Dengan Gerakan

Langkah ke-5: Maka nanti Navigasi Bar akan hilang dari layar dan kita hanya bisa menggunakan gesture saja

Navigasi Bar Menghilang

Nah itu dia cara untuk menyembunyikan bilah navigasi di Android 9 Pie. Selain di sembunyikan atau dihilangkan, kamu juga bisa memilih Tampilan dua gaya tombol panel navigasi untuk menghilangkan tombol Recent Apps. Jadi pada panel navigasi hanya akan ada tombol Home dan Back saja dan ini adalah tampilan navigasi bar bawaan Android Pie.

Seharusnya untuk menghilangkan navigasi bar Android Pie bisa dilakukan di semua ponsel Android yang sudah menggunakan sistem operasi Android 9. Tetapi karena banyak yang sudah di kustomisasi oleh vendor maka biasanya fitur ini tidak ada walaupun menggunakan Stock Android.

Sedangkan pada ponsel Android Xiaomi jika sudah menggunakan MIUI 10 seharusnya fitur ini sudah ada walaupun bukan Stock Android atau Pure Android. Sedangkan yang tergabung dalam project AndroidOne seperti semua ponsel Nokia dan di beberapa ponsel merk lainnya sudah pasti bisa.