5 Cara Memperbaiki Sinyal HP Oppo Hilang Padahal Sebelumnya Normal

5 Cara Memperbaiki Sinyal HP Oppo Hilang Padahal Sebelumnya Normal

HiPoin.com – Banyak pengguna Oppo yang mengeluhkan sinyal di HP mereka hilang secara tiba-tiba. Tidak dipungkiri lagi masalah sinyal HP Oppo hilang memang banyak dikeluhkan oleh pengguna yang memang masalah ini cukup meresahkan.

Masalah sinyal hilang memang bisa terjadi di merek HP saja tidak hanya Oppo. Tetapi entah kenapa di Oppo masalah ini seperti hal biasa seperti bug yang sering terjadi di pengaturan HP Infinix.

Yang membedakannya mungkin pada sumber masalah yaitu software dan hardware. Untuk software bisa diatasi dengan pembaruan sistem sedangkan hardware perlu perbaikan atau bahkan penggantian komponen.

Secara umum masalah sinyal yang hilang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Nah beberapa faktor tadi akan saya gabungkan dengan beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan HP Oppo sinyalnya hilang.

Hilang disini yaitu benar-benar hilang bukan lemah. Bisa muncul tanda “x” atau silang atau muncul keterangan tidak ada layanan. Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya bahas kenapa sinyal hilang di HP Oppo bisa terjadi.

Padahal Oppo salah satu brand besar selain Xiaomi. Oppo dan Vivo menjadi pesaing berat Samsung dan Xiaomi dan untuk sekarang inovasi Vivo dan Oppo tidak main-main alias selain marketing nya yang memang kencang inovasi yang dihadirkan memang patut dipertimbangkan.

Untuk lebih jelasnya langsung saja kamu simak artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut apabila kamu menelpon seseorang tetapi tidak ada suaranya padahal sudah terhubung kamu bisa baca artikel mengapa saat menelpon tidak ada suara yang terdengar.

Penyebab dan Mengatasi Sinyal HP Oppo Hilang atau Tidak Ada Layanan

1. Gangguan Jaringan

Berfikir lah positif bisa saja tidak ada sinyal di HP Oppo yang kamu miliki karena operator yang kamu gunakan sedang ada gangguan. Jika sedang ada gangguan memang sinyal akan hilang dan tidak ada layanan seperti sedang rusak.

2. Pastikan Kartu SIM Terpasang Sedang Benar

Selain karena gangguan kartu SIM yang tidak terpasang dengan benar juga bisa menyebabkan sinyal tidak muncul. Misalnya HP Oppo sinyalnya hilang silakan kamu coba lepas kartu SIM dan pasang lagi tetapi secara hati-hati dan benar.

3. Kartu SIM Bermasalah

Apabila sudah terpasang dengan benar tetapi sinyalnya tidak muncul kamu bisa beranggapan bahwa kartu SIM yang kamu miliki rusak. Untuk mengetahui kepastiannya bisa kamu lepas dan pasangkan di HP lain. Apabila muncul sinyalnya maka masalah bukan pada kartu SIM tetapi jika tetap tidak ada sinyalnya maka kartu SIM sudah dipastikan sudah tidak bisa digunakan.

4. Cek APN

Tidak banyak yang tau bahwa APN atau Access Point Name bisa mempengaruhi jaringan dan sinyal secara langsung. Apabila kamu mengubah APN secara asal-asalan dan tidak tepat sudah dipastikan sinyal hilang atau terkadang sinyal masih ada tetapi data seluler tidak bisa diaktifkan sama sekali.

5. HP Kamu Yang Rusak

Terakhir apabila sinyal hilang di HP Oppo yang kamu miliki bisa terjadi karena HP kamu memang sudah bermasalah pada modul sinyalnya. Silakan kamu bahwa ke tempat servis untuk diperbaiki atau dilakukan proses penggantian komponen sinyal. Berapa harganya? tergantung dari kerusakan tetapi saya kira mulai dari 100rb hingga 500rb.

Untuk software yang kira tidak berpengaruh saya jadi kamu tidak perlu memperbarui ColorOs atau melakukan reset ke setelan pabrik. Apabila sinyal HP Oppo hilang kamu perlu perhatikan bagian-bagian yang memang berkaitan.

Seperti kartu SIM, kondisi jaringan, dan hardware atau perangkat yang kamu miliki. Tidak bisa langsung disimpulkan bahwa HP Oppo kamu rusak sebelum melakukan satu persatu percobaan yang sudah saya sebutkan diatas.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai sinyal HP Oppo hilang padahal sebelumnya normal. Apabila nomor Smartfren yang kamu miliki tidak bisa menerima SMS dan telepon atau tidak bisa membuat panggilan dan mengirim SMS kamu bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.