Cara Ganti atau Ubah APN di Android

Cara Ganti atau Ubah APN di Android

HiPoin.com – Mengubah APN di Android salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan internet. Ada 3 bagian penting yang bisa kamu ubah yaitu APN, Nama Pengguna, dan Kata Sandi. Sedangkan Proxy dan Port tidak terlalu berpengaruh.

Masing-masing operator seluler memiliki pengaturan Access Point Name tersendiri. Secara default APN sudah ditentukan oleh pihak operator dan sudah bisa kamu gunakan untuk mengakses internet serta menerima dan mengirim MMS.

Karena selain APN untuk internet ada juga APN MMS dan sudah satu paket dengan APN internet. Ciri APN internet menggunakan kata “web” atau “data” sedangkan APN MMS pasti menggunakan nama “mms“. Mengganti APN di Android sangatlah mudah.

Sayangnya sekarang di masing-masing perangkat Android menu Access Point Name berbeda-beda dan menyulitkan beberapa pengguna. Secara umum setelan APN dapat kamu temui di menu Jaringan Seluler. Akan tetapi nama dan letaknya kadang di perangkat yang satu dengan yang lain berbeda.

Karena berbeda saya akan menjelaskan cara ubah APN di Android dengan perangkat yang saya miliki yaitu di Xiaomi. Untuk Samsung, Oppo, Vivo, Nokia, dan beberapa merek lainnya bisa menyesuaikan. Karena yang berbeda letak setelan APN nya saja.

Untuk cara mengedit atau menambah APN baru di masing-masing perangkat sama. Tanpa panjang lebar lagi langsung saya saya jelaskan bagaimana cara mengedit APN dan bagaimana cara membuat APN baru. Selain mengedit kamu juga harus tau cara membuat APN baru.

Sebelum lanjut ke cara membuat dan setting APN di Android kamu bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Kamu bisa baca tentang indikator router dan modem yang menyala merah. Saat indikator menyala merah koneksi wifi biasanya tidak akan bisa digunakan.

Tutorial Ubah APN di Android

Langkah ke-1: Silakan kamu buka Setelan lalu pilih Kartu SIM & jaringan seluler

Langkah Ubah APN di Android

Langkah ke-2: Kamu pilih SIM yang ingin kamu ubah APN nya

Pilih SIM Yang Ingin Diubah APN nya

Langkah ke-3: Kemudian kamu pilih APN/Access Point Name/Nama Titik Akses

Menu Access Point Name

Langkah ke-4: Sekarang kamu sudah berada di menu APN

Menu APN

Langkah ke-5: Untuk mengedit atau mengubah APN di Android silakan kamu pilih APN yang ingin kamu edit

Edit APN di Android

Langkah ke-6: Sedangkan untuk membuat APN kamu bisa menekan tombol APN baru

Buat APN Baru

Nah itu dia cara ganti APN di Android dan cara setting APN di Android. Dari pada membuat APN baru karena cukup ribet banyak orang lebih memiliki mengedit APN. Tetapi lebih baik kamu membuat APN baru saja karena misalnya ada APN yang bermasalah kamu tinggal ganti APN yang satu dengan yang lain.

APN default bawaan operator seluler sebenarnya sudah sangat bagus. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa data penting yang bisa menambah kecepatan internet serta menstabilkan sinyal. Tidak mengherankan jika banyak orang mengubah APN di Android dengan APN andalan mereka.

Mungkin itu saya yang bisa saya jelaskan, cara ini bisa kamu terapkan di semua operator seluler di Indonesia. Terlalu banyak aplikasi bawaan? kamu bisa baca artikel tentang cara menonaktifkan aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus.