5 Cara Mengatasi Tab atau Tablet Sering Mati Sendiri Tanpa Sebab Lalu Nyala Lagi

5 Cara Mengatasi Tab atau Tablet Sering Mati Sendiri Tanpa Sebab Lalu Nyala Lagi

HiPoin.com – Kamu punya tablet tetapi sering mati sendiri? tenang jangan panik terlebih dahulu. Tab atau tablet sering mati sendiri sebenarnya jarang terjadi karena tablet sendiri sama seperti smartphone.

Yang membedakan hanya pada ukuran layar yang jauh lebih besar. Jadi jika tab yang kamu miliki sering reboot atau mati sendiri bisa dikatakan penyebabnya sama seperti smartphone yang sering mati atau reboot sendiri.

Tidak akan saya bahas mengenai penyebab tab selalu restart sendiri karena penyebabnya bermacam-macam. Fokus saya kali ini yaitu pada solusi mengatasi supaya masalah restart atau mati sendiri pada perangkat tablet bisa teratasi.

Ini berlaku untuk semua merek tablet. Baik tab dari Samsung, Xiaomi, Oppo, Advan, ataupun iPad dari Apple. Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas solusi mengatasi tab mati hidup sendiri.

Namun sebelum lanjut kamu bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Namun sebelum lanjut apabila tampilan aplikasi di iPad tidak full screen kamu bisa baca artikel mengenai cara buat supaya aplikasi di iPad bisa penuh satu layar ketika dibuka.

Coba Reboot Manual Terlebih Dahulu

Jadi silakan kamu reboot manual atau kamu reboot sendiri apabila perangkat tablet atau tab yang kamu miliki sering mati dan hidup tanpa sebab. Cara ini dilakukan supaya jika tablet memang error jadi tidak error dan normal kembali.

Matikan Tablet dan Tunggu Beberapa Menit

Apabila masih belum berhasil dan masalah tab selalu restart sendiri masih kamu alami kamu bisa coba matikan atau shut down tablet yang kamu miliki. Jangan langsung kamu hidupkan tunggu 5 menit atau lebih terlebih dahulu.

Perbarui Semua Aplikasi Bawaan

Masih sering restart sendiri? kamu bisa coba update atau perbarui aplikasi bawaan. Cara ini cukup manjur dan wajib kamu coba. Cukup aplikasi bawaan saja. Ciri aplikasi bawaan yaitu yang tidak ada tombol copot pemasangan atau uninstall.

Gunakan Tema Default atau Tema Bawaan

Misalnya tablet atau tab kamu bisa ganti tema lebih baik kamu menggunakan tema bawaan saja. Tab mati hidup sendiri bisa disebabkan karena tema tidak mendukung atau tema tersebut ada bug dan menyebabkan perangkat sering error.

Kembali ke Setelan Pabrik

Masih belum berhasil? kamu bisa coba kembali ke setelan pabrik. Cara ini bisa berhasil apabila tablet yang kamu miliki memang tidak rusak. Baik pada baterai, komponen IC, mesin, prosesor, atau yang lainnya. Jadi silakan kamu reset terlebih dahulu sebelum kamu bawa ke tempat servis.

Bisa kamu coba apa yang sudah saya sebutkan diatas untuk mengatasi tablet sering mati sendiri. Apabila tidak ada kerusakan pada bagian hardware kamu bisa ikuti arahan yang sudah saya sebutkan diatas.

Artinya yang bermasalah hanya pada software saja. Sama halnya smartphone, jika yang bermasalah pada software cara mengatasinya masih tergolong mudah asalkan tau betul masalahnya apa dan bagaimana cara mengatasinya.

Itu saja yang bisa saya bahas apabila kamu mengalami tautkan perangkat di WhatsApp tidak muncul kamu bisa baca artikel yang sebelumnya sudah pernah saya bahas. Hal tersebut cukup penting sama halnya mengatasi masalah tablet sering mati sendiri.