4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Akses Folder di ZArchiver

4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Akses Folder di ZArchiver

HiPoin.com – ZArchiver salah satu aplikasi pengelola file favorit saya selain File Manager bawaan perangkat. Nah beberapa waktu yang lalu banyak yang mengalami tidak bisa akses folder di ZArchiver saat mengakses folder tertentu.

Biasanya saat mengakses folder Android, karena sebenarnya folder ini tersembunyi dan tidak diperuntukan untuk di akses. Tetapi banyak pengguna tetap mengakses folder tersebut dengan kepentingan tertentu.

Mulai dari melihat data tertentu, menyalin dan memindah data tertentu, hingga menghapus data tertentu. Selain itu kendala ZArchiver tidak bisa buka folder diperparah sejak Android 13.

Jadi mengakses data yang sifatnya sistem lebih dipersulit. Memang jika tidak tau bisa membahayakan seperti menghapus folder dan file yang tidak seharusnya dihapus. Tetapi saya yakin pengguna tidak seceroboh itu.

Untuk keterangan biasanya seperti ini “Versi aplikasi File tidak mendukung pemberian akses ke folder. Anda dapat menggunakan akses root atau Shizuku“. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut atau mengakses akses ditolak di ZArchiver?.

Jawabannya akan saya bahas di artikel kali ini. Namun sebelum lanjut kamu bisa baca cara mengatasi tidak bisa install aplikasi ZArchiver serta cara mengakses folder Android yang tidak bisa diakses lewat File Manager.

Izinkan Akses Direktori

Pertama pastikan kamu sudah mengizinkan aplikasi ZArchiver untuk mengakses direktori. Ini akan muncul dengan sendirinya apabila memang belum ada akses, jadi silakan izinkan dengan mengikuti instruksi yang ada.

Buka Kembali ZArchiver

Apabila sudah diizinkan untuk mengakses direktori folder tetapi ZArchiver tidak bisa buka folder masih kamu alami kamu bisa tutup aplikasi ZArchiver terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa buka dan coba kembali.

Tekan Oke Apabila Muncul Peringatan

Misalnya akses ditolak di ZArchiver sudah tidak muncul tetapi yang muncul peringatan kamu tidak perlu khawatir. Tekan saja Oke dan lanjutkan membuka dan mengakses folder yang kamu inginkan.

Gunakan Aplikasi Lainnya

Sebenarnya ZArchiver sudah lebih dari cukup, tetapi jika masih belum berhasil kamu bisa gunakan aplikasi pengelola file dari pihak ketiga yang lainnya. Seperti RS Manajer File, Cx File Explorer, dan masih banyak yang lainnya.

Kesimpulannya tidak bisa akses folder di ZArchiver sebenarnya karena syarat untuk mengakses folder tadi belum terpenuhi. Seperti izin akses direktori yang memang diperlukan untuk mengakses folder direktori.

Untuk saya sendiri sempat mengalami beberapa kali dan tidak sering. Karena saya tidak ada kepentingan untuk mengakses folder-folder tersebut. Mungkin yang sering saya akses yaitu folder WhatsApp dan Telegram yang ada di dalam folder Android.

Sekian pembahasan dari saya dan sebelum saya akhiri mengenai tidak bisa akses folder di ZArchiver kamu bisa baca mengenai Gcam yang tidak bisa dibuka karena selalu terhenti sendiri padahal bisa di install.