4 Solusi Mengatasi iCloud Penuh di Perangkat iPhone

4 Solusi Mengatasi iCloud Penuh di Perangkat iPhone

HiPoin.com – iCloud salah satu penyimpanan tambahan yang bisa kamu manfaatkan bagi pengguna perangkat Apple seperti iPhone dan iPad. Walaupun sebagai penyimpanan tambahan tetapi kasus iCloud penuh sering terjadi dan saya cukup heran.

iCloud merupakan penyimpanan awan atau Cloud Storage yang diberikan saat kamu membuat akun Apple ID untuk perangkat Apple yang kamu miliki. Hampir sama ketika kamu membuat akun Google dan akan mendapatkan penyimpanan Google Drive.

Sayangnya penyimpanan gratis yang diberikan hanya sebesar 5 GB saja, tidak seperti Google Drive yang sampai 15 GB. Bagi saya 5 GB bukanlah masalah, kenapa bisa begitu? karena saya kurang suka penyimpanan awan seperti Google Drive, iCloud, Xiaomi Cloud, dan OneDrive.

Saya memang kurang suka iCloud padahal saya juga memiliki iPhone, tetapi banyak pengguna iPhone dan iPad yang suka sampai penyimpanan iCloud iPhone dan iPad penuh entah digunakan untuk menyimpan data apa.

Padahal untuk bisa disimpan ke penyimpanan awan seperti iCloud butuh koneksi data untuk proses upload file ke iCloud. Bagi saya kurang efektif kecuali data penting, untuk data umum lebih baik di simpan ke penyimpanan internal perangkat iPhone dan iPad.

Bagaimana jika penyimpanan iCloud sudah penuh? seperti solusi untuk mengatasi semua jenis penyimpanan yang penuh kamu seharusnya sudah tau. Tetapi jika belum atau tidak tau kamu tidak usah khawatir, saya akan membahasnya.

Saya akan bahas apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyimpanan iPhone iCloud penuh, tidak hanya di iPhone tetapi di semua perangkat Apple yang menggunakan Apple ID. Dan sebelum ke artikelnya kamu bisa baca cara upload aplikasi ke Google Drive, caranya mudah tetapi pasti banyak yang belum tau.

Mengatasi Penyimpanan iCloud Penuh di iPad dan iPhone

1. Hapus Data Tidak Penting Yang Tersimpan di iCloud

Pertama kamu harus merapikan penyimpanan iCloud terlebih dahulu. Kamu bisa hapus data dan file yang tidak penting yang tersimpan di iCloud baik yang sengaja kamu simpan atau yang tidak sengaja tersimpan.

Mulai dari foto, video, dokumen, sampai aplikasi jika memang ada. Hal ini dilakukan supaya ruang tersedia yang ada di iCloud menjadi bertambah dan pastikan benar-benar terhapus bukan disimpan ke tempat sampah.

2. iCloud Khusus Data Penting

Ini khusus kamu yang masih memiliki penyimpanan iCloud gratis dengan storage 5 GB. Jika kamu sudah meningkatkan penyimpanan iCloud minimal sebanyak 50 GB kamu bebas ingin mengunggah dan menyimpan apa di penyimpanan iCloud kamu.

Tetapi jika masih 5 GB kamu harus pilih-pilih, selain menghapus data yang tidak penting kamu juga harus mengelompokkan data yang seharusnya tidak ada di iCloud. Seperti video yang memiliki size yang biasanya cukup besar.

3. Ketahui Perbedaan iCloud Drive dan iPhone Saya

Salah satu penyebab utama penyimpanan iCloud iPhone penuh yaitu karena tidak tau perbedaan penyimpanan iCloud Drive dan penyimpanan iPhone Saya. Jika kamu memilih disimpan atau dipindahkan ke iCloud Drive artinya kamu mengunggah file tadi ke penyimpanan iCloud.

Sedangkan jika kamu memilih penyimpanan iPhone Saya kamu menyimpannya ke penyimpanan perangkat iPhone kamu atau yang lebih dikenal dengan penyimpanan internal. Jadi jangan kamu pilih iCloud Drive jika tidak ingin disimpan ke penyimpanan iCloud.

4. Tingkatkan Penyimpanan iCloud

Saat iCloud iPhone penuh kamu sebenarnya bisa tidak usah menghapus file yang sudah ada di penyimpanan iCloud dengan cara meningkatkan penyimpanan iPhone. Caranya kamu bisa pilih paket iCloud yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Mulai dari 50 GB, 200 GB, hingga 2 TB. Kamu bisa bebas menyimpan file yang kamu miliki ke iCloud jika memiliki penyimpanan iCloud yang besar. Tetapi kamu juga harus sadar bahwa menyimpan file ke iCloud melalui proses upload dan membutuhkan koneksi internet.

Saya sendiri belum pernah mengalami penyimpanan iCloud penuh karena memang saya tidak mengandalkan iCloud. Saya selalu menghapus file yang tidak penting supaya penyimpanan iPhone saya tetapi banyak dan tidak harus menggunakan penyimpanan iCloud.

Atau saran saya saat membeli perangkat iPhone atau iPad pilihlah yang memiliki storage yang besar. Pilihlah perangkat iPhone, iPad, atau perangkat apapun yang tidak mendukung penyimpanan eksternal yang memiliki storage lebih dari 128 GB.

Semoga penjelasan saya diatas membantu kamu dan iCloud penuh tidak kamu alami lagi. Pusat Kontrol iPhone tidak tampil di aplikasi tetapi bisa di halaman depan? kamu bisa baca cara mengaktifkan pusat kontrol iPhone untuk semua aplikasi.