4 Solusi Tidak Bisa Ekstrak File ZIP dan RAR Karena Error atau Gagal

4 Solusi Tidak Bisa Ekstrak File ZIP dan RAR Karena Error atau Gagal

HiPoin.com – File ZIP dan RAR perlu kamu ekstrak terlebih dahulu supaya bisa dilihat dan digunakan. Cara ekstrak kedua file tadi sangat lah mudah, walaupun mudah tetapi terkadang kasus tidak bisa ekstrak file RAR dan ZIP bisa terjadi.

Supaya file sebenarnya bisa dibuka di aplikasi lain file .RAR atau .ZIP memang wajib di ekstrak terlebih dahulu. Karena sebenarnya file yang ada yang bisa kamu gunakan adalah file yang ada di dalamnya.

Ada beberapa alasan kenapa seseorang mengkompres file dan folder menjadi RAR dan ZIP. Sedangkan untuk melihat atau sekedar mengecek saja terkadang kamu tidak perlu mengekstrak kedua file tadi, kamu bisa melihatnya langsung dengan aplikasi yang didukung.

Kamu bisa melihat dan mengekstrak file .ZIP dan .RAR di perangkat apapun baik mobile atau desktop, yang terpenting ada aplikasi yang mendukung format ZIP dan RAR. Penyebab file RAR dan ZIP tidak bisa di extract juga banyak dan bervariasi.

Supaya kamu sedikit tau kali ini saya akan menjelaskan penyebab umum yang sering terjadi dan yang bisa menyebabkan .ZIP dan .RAR tidak bisa di ekstrak. Sebelum di ekstrak, kamu tidak akan bisa membuka isi file tadi dari aplikasi lain karena masih di dalam file kompresan.

Tanpa panjang lebar langsung saja saya jelaskan faktor penyebab dan solusi mengatasi tidak bisa ekstrak ZIP dan RAR. Pernah mengalami file tidak bisa dihapus padahal sudah dicoba berulang kali? kamu bisa baca solusi menghapus file yang tidak bisa dihapus.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Ekstrak File RAR dan ZIP

1. File ZIP dan RAR Corrupt

File yang corrupt atau rusak menjadi masalah tersendiri dan ini bisa terjadi pada semua jenis format file. Jika file gambar dan foto rusak foto dan gambar tidak bisa dibuka. File video yang rusak video tidak bisa diputar dan jika file RAR atau ZIP yang rusak maka tidak bisa di ekstrak.

Solusinya jelas, kamu harus mendapatkan file yang tidak corrupt baik dengan cara mengunduh ulang atau bagaimana caranya supaya mendapatkan file yang tidak rusak. Paling umum file rusak terjadi karena ada kesalahan saat proses uploading dan downloading serta dari awal file memang sudah rusak.

2. Penyimpanan Tersedia Tidak Cukup

Salah satu kekurangan file ZIP dan RAR yaitu membutuhkan penyimpanan dua kali lebih banyak. Karena saat proses ekstrak membutuhkan ruang penyimpanan bebas sama bahkan lebih dari ukuran file tersebut.

Sebagai contoh kamu memiliki file .RAR dengan ukuran 4 GB dan kamu ingin mengekstrak file tersebut. Supaya proses ekstrak berjalan lancar pastikan penyimpanan tersedia lebih dari 4 GB, lebih banyak lebih baik karena jika kurang proses ekstrak akan gagal atau tidak selesai.

3. ZIP dan RAR Membutuhkan Password

Dari penyebab dan solusi yang sudah ada, penyebab file RAR dan ZIP tidak bisa di extract karena penyebab yang satu ini terbilang rumit bahkan bisa saja tidak bisa kamu ekstrak sama sekali apapun cara yang kamu gunakan.

Sebagai keamanan ZIP dan RAR dapat ditambahkan kata sandi atau password oleh orang yang membuatnya. Selama kamu tidak bisa menginput kata sandi yang benar file RAR dan file ZIP tidak akan bisa kamu lihat dan ekstrak.

4. Perangkat Kurang Mendukung

Yang terakhir ZIP dan RAR tidak bisa di ekstrak dikarenakan perangkat yang kamu gunakan kurang mumpuni atau file yang ingin kamu ekstrak terlalu besar dan berat. Jika kamu ingin mengekstrak file dengan ukuran besar saran saya gunakan perangkat yang lebih mumpuni supaya tidak gagal.

Asalkan file tidak rusak atau corrupt dan bukan karena password kamu bisa mencoba mengekstrak file tersebut di perangkat lain jika saat ini kamu coba tetapi gagal. Walaupun di password asalkan kamu tau kata sandinya itu bukanlah masalah besar.

Selain itu supaya proses ekstrak lancar khususnya pengguna Android kamu jangan beralih ke aplikasi lain. Walaupun proses ekstrak masih bisa berjalan di latar belakang, akan tetapi jika terjadi error nantinya kamu tidak akan tau.

Kesimpulannya tidak bisa ekstrak file baik ZIP dan RAR pasti ada faktor penyebabnya, asalkan tau penyebabnya kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Selain masalah tidak bisa ekstrak file kamu bisa baca cara menerjemahkan file PDF secara online dengan mudah dab bagus.