3 Solusi Mengatasi Tidak Bisa Gabung ke Server Discord

3 Solusi Mengatasi Tidak Bisa Gabung ke Server Discord

HiPoin.com – Siapa yang tidak tau Discord, Discord sudah banyak digunakan dari kalangan apapun untuk bersenang-senang melebihi media sosial yang ada. Masih awam soal Discord dan bingung kenapa tidak bisa gabung ke server Discord? kamu tidak usah bingung.

Tidak hanya di Discord, media sosial dan aplikasi pengirim pesan instan seperti Facebook, WhatsApp, dan Telegram penggunanya terkadang juga tidak bisa bergabung ke grup yang ada.

Sebagai contoh di Facebook, terkadang tidak bisa bergabung ke grup karena belum menjawab pertanyaan. Di WhatsApp biasanya tidak bisa bergabung ke grup karena anggota grup sudah mencapai 250 anggota dan di Telegram karena kamu belum melakukan verifikasi bot yang ada di grup tersebut.

Walaupun namanya berbeda yaitu server bukan grup, jika kamu tidak bisa join server Discord tadi kamu belum bisa melihat aktivitas di server tersebut dan belum bisa dikatakan sebagai anggota server. Jadi server Discord mirip dengan grup pada umumnya yaitu tempat interaksi anggota dan pengelola server.

Dan di Discord pengelola grup yaitu Admin dan Moderator dapat mengaktifkan role atau jika di Facebook sama seperti lencana. Salah satu role yang cukup populer yaitu OG role, ingin mendapatkan OG role? kamu bisa simak artikel yang pernah saya bahas sebelumnya.

Sedangkan kali ini saya akan menjelaskan solusi mengatasi tidak bisa bergabung ke server yang ada di Discord atau solusi mengatasi invite invalid di Discord saat ingin bergabung ke server Discord menggunakan tautan undangan.

Penyebab Tidak Bisa Gabung ke Server Discord

1. Sudah Terlalu Banyak Bergabung Server

Sejak awal menggunakan Discord saya sudah berfikir bahwa server yang bisa pengguna gabung tidaklah banyak alias dibatasi. Karena terlalu banyak itu tidak masuk akal dan tidak hanya Discord saja melainkan Telegram dan Facebook juga menerapkan peraturan yang sama.

Tetapi saya tidak menyangka bahwa pengguna Discord hanya bisa bergabung ke sedikit server. Saya tidak tau tepatnya berapa, tetapi tidak lebih dari 100 server bahkan menurut saya hanya sekitar 50 – 70 server saja.

Jika sudah penuh atau sudah melewati batas pengguna tidak akan bisa masuk dan bergabung ke server Discord yang baru apapun caranya. Satu satunya cara pengguna harus meninggalkan server yang sudah ada supaya ada ruang dan bergabung ke server baru tadi.

2. Tautan Undangan Expired atau Salah

Ini menjadi salah satu penyebab utama yang sering menyebabkan invite invalid di Discord. Karena cara paling umum yang digunakan untuk bergabung ke server yaitu menggunakan tautan karena server Discord tidak bisa dicari dengan nama.

Secara default tautan Discord hanya berlaku selama 7 hari saja, setelah 7 hari tautan akan expired kecuali diatur ke selamanya. Selain karena sudah expired tautan yang salah juga bisa menyebabkan invite invalid karena tidak ada server yang sesuai dengan tautan tadi.

Tambahan dari saya, memang server Discord tidak bisa dicari menggunakan nama server layaknya grup Facebook dan Telegram. Tetapi kamu bisa mencarinya menggunakan kode server jika kamu tau kode server yang ingin kamu join.

3. Akun Discord Diblokir atau Dibatasi

Untuk penyebab tidak bisa join server Discord karena penyebab yang satu ini saya sendiri belum pernah mengalaminya. Tetapi saya yakin jika kamu terlalu banyak melakukan tindakan mencurigakan di Discord cepat atau lambat akun kamu akan mendapatkan peringatan.

Oleh karena itu walaupun Discord tidak terlalu sensitif terhadap konten dan tindakan yang berulang kamu tetapi harus bijak menggunakan Discord. Selain itu bisa saja kamu di banned dari server tersebut jika sebelumnya kamu pernah menjadi anggota.

Dari yang sudah saya sebutkan diatas penyebab pertama dan kedua yang paling umum terjadi. Untuk penyebab pertama cara mengatasinya kamu harus mengurangi server Discord yang sudah kamu gabung.

Sedangkan penyebab yang kedua kamu bisa meminta tautan yang benar atau minta teman kamu yang sudah ada di server tersebut untuk mengundang kamu masuk ke dalam server tersebut, tidak di semua server Discord mengizinkan tetapi bisa kamu coba.

Kesimpulannya kamu tidak usah khawatir jika tidak bisa gabung ke server Discord, asalkan tau penyebabnya kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Sebelum saya akhiri kamu perlu tau cara menonaktifkan auto start atau startup Discord di perangkat Windows.

Selain solusi tidak bisa gabung ke server Discord yang saya bahas tadi, menonaktifkan auto start aplikasi Discord bagi pengguna perangkat Windows sangatlah penting. Jika tidak dimatikan Discord akan terbuka secara otomatis setelah perangkat selesai booting dan masuk ke desktop.