4 Penyebab Screenshot Tidak Tersimpan di Galeri

4 Penyebab Screenshot Tidak Tersimpan di Galeri

HiPoin.com – Salah satu kejadian yang cukup membuat saya kesal ialah saat mengecek screenshot tetapi ternyata screenshot tidak tersimpan. Ini sangat sering saya alami berulang kali hingga beberapa moment yang seharusnya saya abadikan hilang begitu saja.

Saya yakin kamu juga pernah mengalami kejadian serupa seperti yang saya alami. Padahal saya sudah yakin bahwa saya sudah melakukan tangkap layar dan ada notifikasi bahwa tangkap layar atau screenshot berhasil di ambil. Akan tetapi setelah saya cek ternyata tidak ada.

Screenshot tidak ada di galeri dan saya cek di File Manager juga tidak ada. Lalu kemana perginya screenshot tadi? apa perangkat yang saya miliki tidak bisa menyimpan screenshot? saya raya tidak mungkin. Karena sudah sejak lama perangkat Android bisa melakukan screenshot secara manual tanpa aplikasi tambahan.

Setelah saya telusuri dan saya pikirkan ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan screenshot atau tangkap layar tidak tersimpan. Salah satu penyebabnya yaitu karena bug yang ada di perangkat yang kamu miliki.

Misalnya dari percobaan 10 kali screenshot, 1-2 hasil screenshot tidak akan tersimpan atau akan hilang sendiri setelah beberapa saat. Untuk tau apa saja yang bisa menyebabkan screenshot tidak tersimpan kamu bisa baca penyebabnya di bawah ini.

Namun sebelum kamu membaca penyebab screenshot hilang sendiri atau tidak tersimpan kamu bisa baca cara setting resolusi perekam layar Xiaomi. Misalnya mengatur resolusi perekam layar atau mengatur FPS yang bisa direkam oleh perekam layar bawaan Xiaomi.

Penyebab Hasil Screenshot Tidak Tersimpan

1. Gagal Melakukan Tangkap Layar

Penyebab pertama karena human error atau kesalahan kita sendiri. Misalnya karena terburu-buru kamu menekan tombol yang salah, maka proses tangkap layar tidak bekerja. Atau yang paling sering layar di perangkat kamu sudah pindah halaman dan tampilan layar yang tersimpan berbeda.

Kedua penyebab yang disebabkan oleh kita sendiri memang sangat sering terjadi. Oleh karena itu misalnya data yang ingin kamu simpan lewat tangkap layar termasuk data penting kamu bisa memastikannya di galeri setelah kamu berhasil melakukan tangkap layar.

2. Menghapus Pemberitahuan Screenshot di Notifikasi Bar

Penyebab tangkap layar tidak tersimpan yang berikutnya karena kamu terlalu cepat menghapus pemberitahuan screenshot telah di ambil di notifikasi bar. Seperti yang kamu ketahui setelah kamu melakukan tangkap layar pasti akan ada pemberitahuan bahwa tangkap layar berhasil di ambil.

Nah karena kamu terbiasa menghapus notifikasi yang muncul maka kamu langsung menghapus pemberitahuan tangkap layar berhasil dari notifikasi bar. Karena proses penyimpanan belum berhasil maka screenshot tidak tersimpan atau gagal tersimpan.

3. Efek Penyimpanan Penuh

Yang berikutnya karena efek ruang penyimpanan telepon atau penyimpanan internal penuh. Semua hasil tangkap layar akan tersimpan di memori telepon jika kamu belum memasang kartu SD. Setelah kamu tambahkan kartu SD barulah tersimpan ke kartu SD.

Sebenarnya jika ruang penyimpanan tidak cukup akan ada peringatan. Akan tetapi bisa saja perangkat yang kamu miliki tidak memiliki peringatan seperti itu. Misalnya peringatan tidak bisa menyimpan tangkap layar atau peringatan tidak bisa menerima SMS masuk.

4. Terdapat Bug

Yang terakhir karena faktor bug. Seperti yang saya alami pada perangkat Andromax A, saya memiliki persepsi bahwa perangkat tersebut memiliki bug. Karena dari banyaknya tangkap layar yang saya ambil ada banyak sekali yang tidak ada di galeri.

Entah tidak tersimpan atau terhapus dengan sendirinya saya kurang tau, oleh karena itu saya sebut ini sebagai bug. Misalnya tangkap layar yang sering kamu ambil tidak ada di galeri kemungkinan besar ada bug di perangkat Android yang kamu miliki.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan screenshot tidak tersimpan atau hilang sendiri entah kemana. Intinya ada dua kemungkinan, jika tidak tersimpan maka screenshot atau tangkap layar hilang sendiri. Yang menjadi pertanyaan ialah, kenapa bisa screenshot tidak tersimpan atau hilang sendiri?

Jelas sekali sudah ada pemberitahuan bahwa tangkap layar berhasil di ambil, tetapi tidak ada hasilnya. Misalnya saya menemukan solusi atau penyebab lainnya mengenai screenshot hilang sendiri atau tidak tersimpan akan saya update artikel ini supaya lebih relevan.

Dan sebelum saya akhiri artikel tentang penyebab screenshot tidak tersimpan kamu bisa baca cara menghilangkan tanda seru di Windows Defender. Tanda seru dan tanda silang di Windows Defender memiliki arti tersendiri, oleh karena itu kamu harus tau arti kedua tanda tadi.