4 Solusi Mengatasi Transfer OVO Tidak Berhasil atau Gagal

4 Solusi Mengatasi Transfer OVO Tidak Berhasil atau Gagal

HiPoin.com – Ingin menggunakan OVO atau Dana itu terserah kamu, tetapi yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai penyebab dan solusi mengatasi transfer OVO tidak berhasil. Benar sekali tidak hanya di aplikasi mobile banking, transfer tidak berhasil atau gagal juga bisa terjadi di aplikasi dompet digital atau e-wallet.

Sejak adanya dompet digital seperti OVO, LinkAja, dan Dana transfer uang menjadi lebih mudah. Hal tersebut bisa terjadi karena pendaftaran akun dompet digital lebih simple dan praktis tidak seperti pendaftaran akun rekening bank.

Selain itu kemudahan top up atau isi saldo dompet digital jika diperlukan juga menjadi salah satu faktor kenapa menggunakan dompet digital bagi pemula lebih baik daripada membuat dan menggunakan rekening bank.

Masalah OVO gagal transfer atau tidak berhasil mengirim uang dengan kode error 400 sangat umum terjadi. Bisa dikatakan penyebab umum masalah ini karena ada hal yang tidak terpenuhi sehingga proses transfer tidak bisa dilanjutkan.

Selain memang ada yang kurang karena tidak ada yang sempurna, seperti aplikasi lainnya terkadang aplikasi OVO juga mengalami error dan gangguan. Ciri khusus jika yang bermasalah aplikasi OVO nya yaitu yang mengalaminya tidak kamu saja alias semua pengguna OVO.

Supaya saat kamu mengalami masalah tidak bisa transfer lewat OVO kamu tidak panik dan bingung kamu bisa baca artikel dan pembahasan kali ini sampai selesai. Namun sebelumnya kamu bisa baca kenapa pilihan COD di Tokopedia tidak muncul atau tidak ada.

Penyebab dan Cara Mengatasi Transfer OVO Tidak Berhasil Karena Error

1. Pastikan Akun OVO kamu sudah Premier

Tidak hanya OVO, DANA dan LinkAja juga mewajibkan pengguna melakukan verifikasi atau KYC (Know Your Customer) supaya akun benar-benar bisa digunakan. Jika belum melakukan verifikasi ada batasan yang tidak bisa dilakukan.

Seperti hanya bisa menerima saldo dan tidak bisa transfer uang. Selain itu jika akun belum di verifikasi kamu juga tidak bisa melakukan transaksi di dalam aplikasi seperti pembelian pulsa & paket data, bayar tagihan PLN, atau yang lainnya.

2. Pastikan Saldo Mencukupi

Selain akun OVO kamu harus di upgrade menjadi Premier kamu juga harus memastikan di akun OVO kamu memiliki saldo yang mencukupi. Jangan berharap saldo tidak mencukupi atau tidak ada saldonya sama sekali tetapi ingin mengirim uang ke pengguna OVO lainnya.

Saya kira untuk e-wallet seperti OVO dan Dana tidak ada yang namanya saldo mengendap, oleh karena itu kamu bisa mengirim semua saldo yang ada dia akun OVO asalkan kamu memperhitungkan juga biaya transfer sebesar Rp. 2.500.

3. Coba Update Aplikasi OVO, Hapus Data & Cache, atau Install Ulang

Cara mengatasi OVO gagal transfer yang berikutnya yaitu silakan kamu coba cek pembaruan aplikasi OVO di Play Store dan App Store apakah ada atau tidak. Jika ada silakan kamu perbarui terlebih dahulu jika tidak ada kamu bisa lanjutkan ke cara kedua.

Cara kedua yaitu kamu bisa hapus data dan cache aplikasi OVO dengan cara mengakses Info Aplikasi. Jika dengan menghapus data dan cache belum berhasil kamu bisa install ulang aplikasi OVO serta supaya lebih yakin kamu bisa reboot perangkat yang kamu miliki juga.

4. Pastikan Koneksi Internet Lancar dan Pastikan Juga Bawa OVO Sedang Tidak Ada Gangguan

Tidak bisa transfer lewat OVO juga bisa terjadi karena koneksi internet yang kamu gunakan sedang bermasalah baik kuota sudah habis atau karena kondisi jaringan sedang jelek yang membuat koneksi internet tidak stabil.

Selain koneksi internet kamu juga harus memastikan bahwa aplikasi OVO sedang tidak ada gangguan seperti sedang ada pemeliharaan sistem atau maintenance. Jika aplikasi OVO sedang ada pemeliharaan atau gangguan lainnya lebih baik kamu tunggu sampai aplikasi OVO benar-benar stabil.

Kamu sering menggunakan OVO dan tidak sadar entah kenapa tiba-tiba kamu tidak bisa melakukan transfer uang?. Kemungkinan besar selain penyebab diatas yang sudah saya sebutkan kamu sudah melampaui batas transfer yang sudah ditentukan oleh pihak OVO.

Dari beberapa faktor penyebab yang ada apa saja yang sering menyebabkan proses transfer OVO tidak berhasil?. Dari pengalaman saya penyebab kedua yaitu karena saldo tidak mencukupi dan penyebab keempat karena sedang ada maintenance.

Sedangkan untuk pengguna baru OVO penyebab utama OVO gagal transfer sudah sangat jelas tidak lain dan tidak bukan karena akun OVO belum Premier. Entah apa motivasinya sudah tau bahwa akun OVO yang dimiliki belum Premier tetapi berani melakukan top up saldo atau menerima uang dari orang lain dan ingin mengirimnya ke orang lain juga.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai transfer OVO tidak berhasil atau gagal. Apakah kamu tau bahwa kamu bisa top up e-wallet dengan mudah lewat aplikasi Jenius seperti top up saldo GoPay, Dana, dan OVO? jika belum tau kamu bisa baca artikel mengenai hal tersebut.