4 Solusi COD di Tokopedia Tidak Muncul

4 Solusi COD di Tokopedia Tidak Muncul

HiPoin.comCash On Delivery salah satu metode favorit saat berbelanja online di marketplace seperti Tokopedia dan Lazada. Sayangnya bagi kamu pengguna Tokopedia pilihan Cash On Delivery atau COD di Tokopedia sering tidak ada.

Pilihan metode pembayaran COD tidak ada bukan karena tidak ada alasan, salah satu alasannya karena kamu tidak termasuk kriteria yang bisa menggunakan metode pembayaran tersebut. Seperti voucher gratis ongkos kirim di Shopee, pengguna harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pilihan COD Tokopedia tidak bisa digunakan disebabkan karena beberapa faktor. Sama halnya gratis ongkir Tokopedia, ketentuannya kurang begitu jelas menurut saya. Setelah saya cari tau ternyata ada beberapa penyebab dan faktor yang bisa menyebabkan pilihan Cash On Delivery tidak muncul.

Supaya kamu tau langsung saja saya jelaskan beberapa faktor yang bisa menyebabkan metode pembayaran COD di Tokopedia tidak bisa dipilih. Untuk pembayaran dengan nominal yang besar saya sarankan lebih baik transfer bank saja jika kamu jarang dirumah.

Kenapa saya menyarankan transfer bank saja? untuk tau alasannya kamu bisa baca kelebihan sistem pembayaran Cash On Delivery. Saya sudah pernah membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem pembayaran tersebut.

Perlu di ingat juga tidak semua marketplace atau toko online mendukung pembayaran Cash On Delivery. Pastikan marketplace yang kamu gunakan mendukung pembayaran COD seperti bayar di tempat Tokopedia supaya kamu bisa memilih metode pembayaran tersebut.

Solusi Metode Pembayaran COD di Tokopedia Tidak Tersedia

1. Penjual Tidak Mengaktifkan Opsi COD

Seperti halnya COD yang ada di Shopee, penjual harus mengaktifkan pilihan Cash On Delivery pada jasa ekspedisi yang didukung. Jika penjual tidak mengaktifkan fitur Cash On Delivery maka semua produk yang dijual di toko tersebut tidak bisa menggunakan metode pembayaran COD.

Jika tidak salah ekspedisi yang mendukung COD di Shopee yaitu JnT Express, sedangkan di Tokopedia SiCepat Exspress. Walaupun pilihan SiCepat ada tetapi penjual tidak mengaktifkan Cash On Delivery maka kamu tidak bisa memilih metode pembayaran COD.

2. Jasa Ekspedisi Tidak Sesuai

COD di Tokopedia tidak akan muncul jika penjual tidak mengaktifkannya. Misalnya penjual sudah mengaktifkannya kamu juga harus tau jasa pengiriman mana yang mendukung Cash On Delivery. Mudahnya kamu harus memilih SiCepat Express.

Setahu saya hanya SiCepat saja, misalnya ada pembaruan lagi akan saya update artikel ini. Apapun jasa ekspedisi yang mendukung metode COD kamu harus menggunakan jasa ekspedisi tersebut. Karena untuk jasa ekspedisi yang lainnya tidak akan mendukung.

3. Syarat dan Ketentuan Voucher

Pernah mengalami COD Tokopedia tidak bisa saat menggunakan voucher? kemungkinan karena faktor Syarat dan Ketentuan voucher. Seperti yang kamu ketahui setiap voucher memiliki S&K masing-masing supaya voucher tersebut berlaku dan dapat digunakan.

Jika salah satu ketentuannya tidak bisa menggunakan metode pembayaran COD maka saat menggunakan voucher tersebut pilihan Cash On Delivery tidak akan muncul atau tidak bisa dipilih. Permasalahan ini tidak bisa dihindarkan dan menjadi salah satu masalah utama saat menggunakan voucher atau kupon.

4. Limit COD

Penyebab terakhir yang bisa menyebabkan COD di Tokopedia tidak bisa dipilih yaitu karena limit pembayaran Cash On Delivery. Ada beberapa limit yang saya maksud, yang pertama yaitu limit pembelian. Metode COD hanya bisa dipilih jika membeli barang lebih dari Rp. 50.000 dan maksimal Rp. 2.500.000.

Selain itu ada juga limit penggunaan metode pembayaran Cash On Delivery. Jika terlalu sering akun kamu akan dibatasi. Dan yang terakhir limit pembatalan ditempat yang bisa merugikan jasa pengiriman dan penjual. Terlalu sering membatalkan pembayaran COD bisa membuat pembayaran COD dibatasi.

Itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan metode Cash On Delivery atau COD di Tokopedia tidak bisa digunakan. Dari penyebab yang sudah saya jelaskan penyebab pertama yang paling sering terjadi karena tidak semua penjual senang dengan sistem pembayaran tadi.

Metode bayar di tempat terkadang merugikan penjual atau seller karena pembeli sering membatalkan pembelian setelah paket sampai di alamat tujuan. Selain itu belakangan ini makin marak pembeli yang belum paham sistem Cash On Delivery tetapi mencoba menggunakannya.

Selain pembahasan COD di Tokopedia kamu bisa baca artikel tentang cara bayar tagihan menggunakan ShopeePay. Tidak hanya di Shopee, ShopeePay bisa digunakan untuk membayar tagihan di luar Shopee layaknya OVO dan Dana.