3 Solusi Aplikasi Tidak Bisa Dihentikan di Android

3 Solusi Aplikasi Tidak Bisa Dihentikan di Android

HiPoin.com – Menghentikan paksa aplikasi bisa kamu lakukan saat aplikasi error atau berjalan dengan sendiri di latar belakang. Seharusnya semua aplikasi dapat dihentikan secara paksa, tetapi terkadang aplikasi tidak bisa dihentikan karena suatu hal.

Pembahasan mengenai aplikasi yang dihentikan secara paksa untuk kali ini yaitu khusus untuk perangkat Android. Sedangkan untuk perangkat lainnya seperti Windows dan iOS akan saya bahas juga jika ada waktu luang.

Kamu bisa menghentikan paksa aplikasi atau force close aplikasi jika aplikasi berjalan secara terus menerus di latar belakang atau background. Selain itu kamu juga bisa menghentikan aplikasi secara paksa jika aplikasi sedang error atau tidak merespon.

Menghapus aplikasi dari recent apps tidak menutup aplikasi secara penuh alias aplikasi masih berjalan di latar belakang. Jika kamu ingin menghentikan aplikasi secara penuh kamu harus menghentikan paksa aplikasi atau menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Sebenarnya aplikasi tidak bisa dihentikan bukanlah masalah yang besar. Hanya saja saya ingin membahas ini supaya kamu tau kenapa ada aplikasi yang tidak bisa dihentikan. Kamu bisa menghentikan atau menutup aplikasi Android jika aplikasi tersebut sangat membebani RAM dan baterai.

Supaya lebih jelas langsung saja saya jelaskan beberapa hal yang bisa menyebabkan aplikasi tidak bisa dihentikan di Android. Namun sebelum lanjut kamu bisa baca solusi input kode Captcha selalu error dan gagal padahal sudah benar.

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Dihentikan Secara Paksa

1. Termasuk Aplikasi Sistem

Aplikasi sistem memang tidak bisa dihentikan dengan mudah tidak seperti aplikasi pihak ketiga yang dengan mudah di install dari Play Store atau dari luar Play Store. Walaupun begitu masih ada beberapa aplikasi sistem yang bisa dihentikan secara paksa layaknya aplikasi pihak ketiga.

Tetapi memang dalam kondisi tertentu aplikasi sistem rata-rata tidak bisa dihentikan secara paksa karena tombol Paksa berhenti tidak bisa ditekan. Selain tidak bisa dihentikan secara paksa aplikasi sistem juga tidak bisa di uninstall dan dinonaktifkan.

2. Aplikasi Memiliki Izin Administrator

Yang berikutnya karena aplikasi tersebut memiliki izin administrator. Selain tidak bisa dihentikan secara paksa biasanya aplikasi yang memiliki izin administrator juga tidak bisa di uninstall begitu saja. Izin administrator harus dihilangkan terlebih dahulu supaya aplikasi bisa di uninstall atau di copot pemasangannya.

Ada beberapa aplikasi yang saya ketahui yang bisa mengakses administrator yaitu aplikasi Greenify dan beberapa aplikasi App Lock. Kamu bisa melihatnya di Setelan>Aplikasi admin perangkat, nantinya akan muncul aplikasi apa saja yang bisa mengakses admin perangkat.

3. Aplikasi Khusus

Yang berikutnya karena aplikasi yang ingin kamu hentikan adalah aplikasi khusus. Saya cukup bingung ingin menjelaskan apa yang disebut sebagai aplikasi khusus. Aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mendukung dan sering digunakan seperti launcher dan keyboard.

Jika tidak perlu kamu sebenarnya tidak harus menutup aplikasi Android secara paksa karena kini perangkat Android dapat mendeteksi aplikasi apa yang jarang digunakan. Nantinya aplikasi yang jarang digunakan atau sudah lama tidak dibuka akan di hibernasi.

Misalnya kamu ingin menghentikan aplikasi tetapi aplikasi tidak bisa dihentikan kamu bisa cari penyebabnya berdasarkan penjelasan yang sudah saya sebutkan tadi. Bisa karena termasuk aplikasi sistem, izin admin perangkat, atau karena aplikasi khusus.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang aplikasi tidak bisa dihentikan di Android, sebelum saya akhiri kamu bisa baca artikel tentang cara membuat folder di Google Drive. Kamu bisa membuat folder untuk mengelompokan file-file penting menjadi satu supaya tertata rapi.