4 Solusi Kode Captcha Tidak Muncul atau Error

4 Solusi Kode Captcha Tidak Muncul atau Error

HiPoin.com – Captcha adalah salah satu sistem keamanan yang banyak digunakan sebagai sistem keamanan tambahan. Oleh karena itu jika kamu mengalami Captcha tidak muncul kamu akan kesulitan melakukan hal yang sedang kamu lakukan.

Sebagai contoh banyak Captcha di terapkan di halaman login. Penambahan Captcha di halaman login berfungsi supaya tidak ada aktivitas login secara terus menerus yang dilakukan oleh robot atau manusia. Istilah populernya yaitu mencegah Brute Force.

Dengan adanya Captcha sebelum menekan tombol login pengguna harus melewati Captcha terlebih dahulu. Misalnya tanpa melewati Captcha dan langsung menekan tombol login maka akan ada notifikasi “Kode Captcha tidak valid” atau “Captcha salah“.

Masalah kode Captcha selalu salah sebenarnya dapat kamu atasi dengan cara mematikan koneksi internet. Cara tersebut dilakukan supaya kamu mendapatkan alamat IP yang baru. Misalnya tetap tidak sesuai dan salah, kamu harus perhatikan benar-benar Captcha yang ada.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang solusi mengatasi kode Captcha tidak muncul. Captcha yang tidak muncul cukup merepotkan dan bisa terjadi karena banyak faktor. Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasinya.

Kode Captcha tidak mau muncul bisa kamu temui dimana saja, bisa di dalam aplikasi atau di situs web. Jenis Captcha yang banyak digunakan untuk sekarang ini yaitu reCAPTCHA v2, berupa gambar dan kita harus memilih gambar yang sesuai.

Sebelum saya jelaskan tentang cara mengatasi kode Captcha tidak mau muncul kamu bisa baca artikel tentang cara mendaftar Google reCAPTCHA. Siapa tau kamu ingin memasang Captcha pada situs WordPress kamu supaya situs kamu lebih aman.

Penyebab Kode Captcha Tidak Muncul

1. Gunakan Browser Yang Mendukung Javascript

Sebenarnya semua browser sekarang ini sudah mendukung fitur Javascript semua. Kecuali versi Lite atau versi Mini dari browser utama seperti Opera Mini dan Firefox Lite. Apa yang dimaksud dengan Javascript? pasti kamu penasaran bukan.

Javascript adalah salah satu bahasa pemrograman Komputer yang biasanya ada di aplikasi browser untuk memunculkan konten dinamis. Tanpa adanya Javascript Captcha tidak akan muncul karena browser tersebut tidak bisa memunculkan konten dinamis.

2. Muat Ulang Halaman

Masih sama yaitu berkaitan tentang browser, Captcha tidak muncul saat kamu ada di halaman situs kamu bisa mengatasinya dengan cara reload halaman. Cara ini cukup membantu karena kasus kode Captcha yang tidak mau muncul biasanya karena ada masalah koneksi.

Kamu bisa reload halaman sampai halaman benar-benar termuat secara sempurna. Setelah itu pastikan bahwa kode Captcha sudah muncul. Jika sudah muncul kamu bisa menginput data yang diperlukan. Jangan sampai kamu sudah menginput data tetapi Captcha tidak kunjung muncul atau tampil.

3. Matikan Data Seluler dan Jangan Gunakan VPN

Mematikan Data Seluler bertujuan supaya alamat IP perangkat kamu berubah. Karena ada kemungkinan sistem Captcha akan semakin sulit pada alamat IP tertentu karena pernah terindikasi melakukan Brute Force. Oleh karena itu kamu harus mengubah alamat IP dengan cara mematikan data seluler atau mengaktifkan mode penerbangan.

Selain mematikan Data Seluler, untuk mengatasi Captcha tidak muncul kamu juga bisa mematikan VPN jika kamu menggunakan layanan VPN. Menurut saya penggunaan VPN sah-sah saja, akan tetapi kemungkinan developer membuat Captcha tidak muncul saat di akses lewat VPN.

4. Coba Lagi Besok

Jika masih tidak bisa kamu bisa mencoba lagi nanti atau besok. Karena bisa saja ada masalah pada sistem Captcha yang menyebabkan Captcha tidak mau muncul. Ini sangat sering terjadi khususnya di situs yang sering di serang bot.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi mengatasi Captcha tidak muncul. Secara otomatis Captcha akan muncul saat situs atau halaman aplikasi termuat secara sempurna. Karena Captcha tidak terlalu berat yang bisa menyebabkan lambat muncul.

Selain tidak muncul kamu pasti pernah mengalami kode Captcha selalu salah. Salah saat menginput Captcha adalah hal yang wajar, akan tetapi jika salah terus padahal sudah benar kamu perlu ganti alamat IP perangkat kamu. Karena kemungkinan alamat IP yang sekarang ada masalah.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang solusi Captcha tidak muncul, semoga bermanfaat bagi kamu semua. Tidak tau cara melihat kode cadangan di akun Facebook? jika kamu tidak tau kamu bisa baca artikel tentang cara melihat dan backup kode cadangan verifikasi 2 langkah akun Facebook.