Cara Membuat Folder di Google Drive

Cara Membuat Folder di Google Drive

HiPoin.com – Kamu wajib membuat folder di Google Drive supaya data atau file yang kamu unggah rapi dan mudah ditemukan. Kemudahan menggunakan Google Drive membuat Google Drive banyak digunakan sebagai penyimpanan file online oleh banyak kalangan.

Setiap akun Google akan diberikan penyimpanan gratis sebanyak 15GB yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk menyimpan file apapun itu. Selain bisa kamu gunakan untuk upload file, ternyata folder juga bisa kamu upload ke Google Drive.

Ada banyak kategori file yang bisa kamu unggah mulai dari General files, Adobe files, Microsoft files, dan Apple files. Dari pada mengunggah folder, saya pribadi lebih suka membuat folder baru di Google Drive. Caranya sangat mudah sama seperti membuat folder baru di perangkat desktop.

Folder berguna memisahkan file-file tertentu sesuai dengan pengelompokan. Selain itu dengan bantuan folder tampilan depan halaman Google Drive kamu akan lebih rapi. Tidak banyak file-file yang ada karena bisa kamu kelompokan dalam folder yang sama.

Mungkin kamu bertanya, bagaimana cara menambahkan atau membuat folder di Google Drive? caranya sangat mudah. Kamu bisa membuat atau menambahkan folder sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhan kamu. Tetapi perlu di ingat, agar terlihat rapi kamu harus menyesuaikan folder yang kamu buat tadi.

Supaya lebih jelas langsung saja saya jelaskan cara menambahkan folder di Google Drive. Sebelumnya saya sudah pernah membahas proses edit folder di Google Drive yaitu mengubah nama folder. Misalnya kamu belum tau cara ubah nama folder kamu bisa baca artikel tersebut sampai selesai.

Langkah Membuat Folder di Google Drive

Langkah ke-1: Kamu tentukan dulu ingin membuat folder di menu depan atau di dalam folder lainnya, setelah itu tekan ikon tambah(+)

Tutorial Membuat Folder di Google Drive

Langkah ke-2: Nanti akan muncul pop up buat baru, silakan kamu pilih Folder

Buat Baru Google Drive

Langkah ke-3: Tentukan nama folder lalu tekan Buat

Nama Folder Baru Google Drive

Langkah ke-4: Folder baru di Google Drive selesai di buat. Jika belum muncul kamu bisa refresh atau reload halaman dan aplikasi

Folder Baru Berhasil di Buat

Sangat mudah bukan membuat folder di Google Drive. Selain kamu bisa membuat folder baru, edit folder di Google Drive, dan hapus folder kamu juga bisa memindahkan folder jika diperlukan. Sama seperti file, pasti karena alasan tertentu kamu perlu memindahkan folder dan isinya.

Cara diatas saya lakukan menggunakan aplikasi Google Drive. Bagi kamu yang ingin mencoba di perangkat desktop atau browser mobile caranya sama saja. Misalnya ada perbedaan karena perangkat desktop memiliki layar yang lebih luas.

Sebelum saya akhiri pembahasan cara membuat folder di Google Drive, kamu perlu tau cara backup notepad dan catatan. Penting sekali membuat backup data supaya catatan yang sudah kamu simpan tetap bisa di buka saat kondisi apapun.