4 Cara Kirim HP Lewat Jasa Pengiriman Supaya Tidak Bermasalah, Rusak, atau Hilang

4 Cara Kirim HP Lewat Jasa Pengiriman Supaya Tidak Bermasalah, Rusak, atau Hilang

HiPoin.com – Ingin kirim HP lewat jasa pengiriman tapi belum pernah mencobanya? kamu tidak usah takut. Tidak hanya ponsel atau HP baru saja yang dapat dibeli secara online karena banyak juga para penjual dan pembeli yang memanfaatkan internet untuk bertransaksi barang bekas seperti HP.

Biasanya produk HP spesial dan langka yang dijual belikan secara online. Seperti beberapa produk ponsel pintar dari Blackberry yang masih menggunakan Blackberry OS 10, beberapa ponsel Lumia, dan HP Nokia keluaran lama seperti tipe Symbian.

Banyaknya jasa pengiriman, mudahnya komunikasi lewat internet saya rasa kedepannya jual beli online akan lebih menarik lagi. Mungkin kamu akan bertanya, berapa biasa pengirimannya? Untuk biaya pengiriman HP masih tergolong murah karena tidak ada satu buah HP yang beratnya sampai 1 KG.

Oleh karena itu hitungannya tetap sama saja yaitu sesuai dengan layanan yang dipilih, ingin reguler atau express. Kamu yang belum pernah kirim HP atau mengirim apapun lewat jasa ekspedisi atau logistik pasti akan bingung bagaimana langkah awal sampai ke jasa pengiriman.

Kamu tidak usah bingung atau panik, karena hanya beberapa hal yang perlu kamu pastikan sebelum kamu mengemas ponsel yang kamu miliki. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat ingin mengirim sebuah HP lewat jasa pengiriman.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat kirim paket HP, karena masih-masing produk yang ingin dikirimkan memiliki pengecekan yang berbeda. Namun sebelumnya kamu perlu tau juga cara menjual barang bekas supaya cepat laku. Karena mencari calon pembeli produk bekas susah-susah gampang tergantung kondisi barang yang ingin dijual.

Cara Mudah dan Aman Kirim HP Lewat Jasa Pengiriman

1. Cek Kondisi HP Terlebih Dahulu

Langkah Kirim HP Lewat Paket

Wajib hukumnya untuk mengecek kondisi HP atau ponsel yang ingin kamu kirimkan lewat jasa pengiriman. Khususnya HP second atau HP yang sudah tidak berada di box. Karena kamu bebas mengecek mulai dari hal-hal yang kecil sampai detail keseluruhan perangkat.

Pastikan perangkat normal tidak ada kendala sama sekali. Selain itu kamu wajib mengecek kondisi layar apakah normal atau tidak. Ini mencegah ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat proses pengiriman. Jadi kamu akan tau bahwa HP yang kamu kirimkan rusak sejak awal atau rusak saat pengiriman.

2. Wajib Dimatikan

Matikan Perangkat

Mengaktifkan mode penerbangan tidaklah cukup, lebih baik dimatikan saja ponsel yang ingin dikirimkan tadi. Sebenarnya tidak ada alasan kenapa kamu harus mematikan HP saat pengiriman. Akan tetapi karena saat pengiriman tidak digunakan hampir berhari-hari oleh karena itu lebih baik dimatikan saja.

3. Bungkus Dengan Benar Menggunakan Bubble Wrap

Gunakan Bubble Wrap

Saat kirim-kirim HP lebih baik memang dibungkus menggunakan bubble wrap khususnya HP bekas yang tidak memiliki dusbok. Penggunaan bubble wrap mencegah perangkat tergoncang ke kanan kiri atau ke atas bawah. Tau fungsi busa kemasan TV atau kulkas? nah seperti itu fungsinya.

Lalu bagaimana jika tidak memiliki bubble wrap? jika HP yang akan dikirim masih memiliki box kamu tidak perlu cemas karena kamu bisa langsung membungkusnya. Tetapi jika sudah tidak memiliki box wajib menggunakan bubble wrap, jika tidak punya lebih baik kamu datang ke agen jasa pengiriman terkait.

Biasanya pihak jasa pengiriman menyediakan jasa packing paket mulai dari bubble wrap hingga packing kayu. Yang jelas kamu perlu biaya tambahan supaya proses kirim paket HP lebih aman lagi. Berbeda lagi jika produk seperti pakaian tidak perlu yang namanya bubble wrap.

4. Bungkus Dengan Kardus

Bungkus Paket Dengan Kardus

Saat mengirim barang non elektronik mungkin tidak menggunakan kardus tidak masalah hanya dengan bubble wrap dan lakban. Akan tetapi jika kirim HP atau barang elektronik kecil lainnya tetap perlu menggunakan kardus. Sedangkan jika ukurannya besar sangat di sarankan menggunakan packing kayu.

Tidak memiliki kardus atau tidak bisa melakukan packing sendiri? kamu bisa menggunakan jasa packing dari masing-masing jasa pengiriman yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa memilih ingin menggunakan packing yang seperti apa, jika perlu gunakan asuransi juga.

Itu dia cara aman kirim HP lewat jasa pengiriman, intinya paket HP kamu harus aman tidak tergoncang atau terbentur. Jika kamu memiliki uang lebih alias cukup buat bayar pengiriman HP lebih baik kamu meminta di packing sama pihak jasa pengirimannya saja.

Yang jelas kualitas packingnya lebih baik dan aman dengan keluar sedikit uang untuk jasa packing. Semoga penjelasan saya kali ini bermanfaat bagi kamu yang ingin kirim HP ke seseorang di luar kota atau di kampung supaya saat sampai di tujuan HP atau ponsel yang kamu kirimkan tidak rusak.

Pilih jasa pengiriman yang mana? untuk jasa pengiriman bisa yang mana saja baik JNE, J&T, Pos Indonesia, SiCepat, atau Tiki semua bagus. Tidak tau bedanya Ekspedisi dan Logistik? kamu bisa baca penjelasan saya mengenai perbedaan kedua jasa tadi. Cukup sekian artikel tentang kirim HP yang aman semoga terbantu.