Perbedaan Ekspedisi dan Logistik Yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Ekspedisi dan Logistik Yang Perlu Kamu Ketahui

HiPoin.com – Kamu pasti penasaran jasa pengiriman di toko online yang sering kamu gunakan termasuk jasa ekspedisi atau jasa logistik. Kedua jasa tersebut ternyata berbeda, tetapi masih banyak orang yang menganggapnya sama. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan perbedaan ekspedisi dan logistik yang perlu kamu ketahui.

Sebenarnya perbedaan logistik dan ekspedisi tidak terlalu signifikan. Keduanya sama-sama jasa pengiriman yang sering digunakan di marketplace . Karena bisa dibilang sama pihak marketplace tidak menyebutnya sebagai jasa ekspedisi atau jasa logistik, melainkan jasa pengiriman.

Kargo mungkin lebih sering kamu dengar pada pengiriman dengan kendaraan besar seperti kontainer dan kapal. Sedangkan untuk ekspedisi cukup dengan menggunakan truk, mobil, dan pesawat angkut. Jasa logistik dan ekspedisi mendistribusikan barang atau paket dari pengirim ke penerima, sama-sama memiliki tanggung jawab yang sama.

Lalu apa perbedaan ekspedisi dan logistik? Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai. Saya akan jelaskan pengertian dan perbedaan ekspedisi dan logistik supaya kamu tau. Kedua jasa tadi jika sudah menjadi partner marketplace kemungkinan akan mendapatkan gratis ongkir jika kita menggunakan jasa pengiriman tersebut.

Perbedaan Ekspedisi dan Logistik

Ekspedisi

Yang pertama yaitu jasa Ekspedisi. Jasa Ekspedisi adalah jasa pengiriman yang memiliki jumlah angkut barang yang sedikit, baik volume ataupun berat. Syarat minimal berat dan volume hampir tidak ada di jasa Ekspedisi, sehingga dokumen seperti sertifikat dapat dikirimkan dengan jasa Ekspedisi.

Karena biasanya barang yang dikirimkan berukuran kecil dan ringan, jasa Ekspedisi memiliki layanan jemput barang ke pengirim dan nantinya akan dikirimkan ke penerima. Selain bisa jemput paket biaya pengiriman relatif lebih murah jasa Ekspedisi jika barang tersebut termasuk barang yang memiliki volume dan berat yang ringan.

Apa jasa Ekspedisi tidak bisa untuk mengirimkan barang berat seperti TV, Kulkas, atau Sepeda Motor? Tentu saja bisa, tetapi biaya pengiriman barang berat akan lebih mahal berkali-kali lipat jika menggunakan jasa Ekspedisi, berbeda dengan jasa Logistik yang dikhususkan untuk mengirimkan barang seperti itu.

Logistik

Jasa Logistik adalah jasa pengiriman barang kargo/cargo yang memiliki jumlah berat dan volume yang besar. Jasa pengiriman ini cocok untuk pengiriman barang yang memiliki berat lebih dari10 kg serta memiliki volume yang lebar atau panjang.

Jasa Logistik tidak seperti jasa Ekspedisi, pada pengiriman kargo memiliki minimal berat yang dapat dikirimkan lewat jasa pengiriman yang satu ini. Selain dapat mengirimkan barang yang besar dan berat, biaya pengiriman jasa logistik lebih murah jika dibandingkan jasa ekspedisi ‘untuk pengiriman barang seperti kulkas, TV, dll’.

Apa kita bisa mengirimkan barang kurang dari berat yang sudah ditentukan menggunakan layanan kargo?Seharusnya bisa, walaupun berat kurang tetapi jika volumenya besar kamu tetap bisa menggunakan layanan kargo, tetapi biaya pengiriman tetap menggunakan biaya minimal barang yang dapat dikirimkan oleh jasa pengiriman.

Nah itu dia perbedaan Ekspedisi dan Logistik yang perlu kamu ketahui. Apapun barang yang kamu beli, jika kamu membeli barang atau produk dari marketplace kamu tidak usah bingung ingin menggunakan jasa pengiriman yang mana, pilihlah yang paling murah.

Jika kamu membeli barang kecil, pilihlah biaya pengiriman yang murah. Dan jika kamu membeli barang yang besar dan berat pilihlah yang paling murah juga. Semoga artikel tentang perbedaan Ekspedisi dan Logistik ini bisa menambah wawasan kamu.