4 Solusi Mengatasi Data Seluler Mati Hidup atau Sering Terputus

4 Solusi Mengatasi Data Seluler Mati Hidup atau Sering Terputus

HiPoin.com – Data seluler mati hidup sendiri cukup sering saya alami dan ini sangat merepotkan. Bukan tidak bisa dihidupkan atau dimatikan sama sekali tetapi mati hidup dan hidup mati walaupun tidak ditekan.

Apabila mati hidup sendiri maka koneksi internet akan bermasalah. Umumnya apabila sudah dihidupkan atau di aktifkan data seluler tidak akan nonaktif sendiri kecuali kamu nonaktifkan. Selain itu tidak akan aktif sendiri selain kamu aktifkan.

Untuk data seluler yang aktif dan nonaktif sendiri memang jarang terjadi, tetapi tetap saja bisa kamu alami. Sedangkan untuk wifi yang tidak bisa diaktifkan atau setelah diaktifkan dan akan nonaktif sendiri atau sebaliknya itu sangat sering terjadi.

Apa penyebab wifi kadang error seperti mati dan aktif sendiri? biasanya karena kamu mengaktifkan dan menonaktifkan wifi secara terus menerus dalam jangka waktu yang berdekatan. Bagaimana dengan data seluler hidup mati sendiri, apakah penyebabnya sama?.

Salah satunya karena hal itu, tetapi ada faktor lainnya yang perlu kamu ketahui juga. Efek dari seringnya mati dan hidup sendiri data seluler akan membuat data seluler sering terputus dan pengalaman mengakses koneksi internet jelas akan terganggu. Oleh karena itu lebih baik segera kamu atasi.

Untuk tau bagaimana cara mengatasinya kamu bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut apabila kamu membeli dan baru saja mengaktifkan eSIM tetapi nyatanya sinyal tidak muncul dan hanya tidak ada layanan kamu bisa baca artikel mengenai eSIM baru yang bermasalah.

Cara Mengatasi Data Seluler Mati Hidup Saat Sedang Digunakan

1. Aktifkan Mode Penerbangan

Kamu bisa coba aktifkan mode penerbangan atau airplane mode beberapa detik dan nonaktifkan kembali. Cara ini dilakukan supaya tombol data seluler tidak error yang bisa aktif dan nonaktif sendiri.

Apa cara ini dijamin berhasil? tergantung dari error nya. Apabila hanya error ringan cara ini sudah lebih dari cukup dan dijamin berhasil. Apabila masih belum berhasil kamu tenang saja karena masih ada cara yang lainnya.

2. Reboot Perangkat

Sudah mencoba mengaktifkan mode pesawat tetapi tetap belum berhasil? kamu bisa coba reboot HP yang kamu miliki. Reboot HP cukup manjur untuk mengatasi permasalahan sistem dan software yang error jadi silakan kamu reboot supaya data seluler hidup mati normal kembali.

3. Cek APN (Access Point Names)

Yang berikutnya kamu bisa cek Access Point Names atau yang lebih dikenal dengan sebutan APN. Pastikan APN sesuai dan tidak ada bagian penting yang kosong atau keliru. Kamu bisa bandingkan dengan APN default dengan cara kamu cari APN default di internet sesuai dengan operator seluler yang kamu gunakan.

4. Kembali ke Setelan Pabrik

Tidak ada pilihan lain apabila data seluler sering terputus karena mati hidup sendiri kamu harus coba kembali ke setelah pabrik atau hard reset. Cara ini bisa berhasil dan bisa tidak, tetapi apabila ketiga cara yang sudah saya sebutkan tidak berhasil tidak ada pilihan lain selain mencoba cara ini.

Dan jika dengan kembali ke setelah pabrik tetap tidak berhasil kemungkinan ada kerusakan pada perangkat atau HP yang kamu miliki. Tidak hanya pada bagian hardware saja, software juga bisa rusak dan untuk amannya bisa kamu bawa ke tempat servis langganan kamu.

Kesimpulannya data seluler mati hidup seperti mati sendiri dan hidup sendiri bisa disebabkan karena berbagai hal. Solusi paling mudah yaitu dengan cara mengaktifkan mode penerbangan atau lakukan reboot perangkat.

Untuk kartu SIM yang digunakan saya kira tidak mempengaruhi. Selain apa yang sudah saya sebutkan bisa saja masalah terjadi karena bug. Seperti yang pernah saya alami HP Xiaomi sering reboot sendiri ternyata karena tema yang saya gunakan sudah tidak mendukung.

Sekian pembahasan dari saya mengenai data seluler mati hidup sendiri di perangkat Android. Ingin mengunci jaringan di 4G only di HP Samsung tetapi nyatanya tidak bisa? apabila kamu ingin tau cara lock jaringan di HP Samsung terbaru kamu bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.