5 Solusi Mengatasi eSIM Tidak Ada Layanan dan Tidak Muncul Sinyalnya

5 Solusi Mengatasi eSIM Tidak Ada Layanan dan Tidak Muncul Sinyalnya

HiPoin.com – eSIM mulai digunakan oleh beberapa pengguna iPhone untuk membuat iPhone mereka menjadi dual SIM. Tetapi ternyata saat awal-awal banyak yang mengalami eSIM tidak ada layanan dan tidak muncul sinyalnya.

Dengan eSIM perangkat iPhone yang mendukung eSIM bisa menjadi dual SIM walaupun slot SIM nya hanya satu saja. Pilihan eSIM untuk sekarang juga banyak mulai dari Indosat, Smartfren, XL, dan kemungkinan kedepannya semua operator seluler di Indonesia mendukung eSIM.

Apabila semua operator seluler sudah mendukung eSIM maka tinggal produsen smartphone yang menyesuaikan dengan menghadirkan eSIM pada perangkat mereka. Untuk di iPhone sendiri eSIM sudah tersedia di iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, dan iPhone versi lebih baru lainnya.

Sedangkan untuk di perangkat Android kemungkinan hanya ada di flagship saja. Masalah eSIM tidak muncul sinyal setelah diaktifkan banyak dialami oleh pengguna dan saya sangat sering melihatnya di forum iPhone.

Apabila tidak ada layanan dan sinyalnya tidak ada maka eSIM tidak akan bisa digunakan, sama halnya dengan kartu fisik. Lalu bagaimana solusi mengatasi eSIM yang tidak bisa digunakan karena tidak ada sinyalnya setelah diaktifkan?.

Untuk tau jawabannya kamu bisa baca artikel ini sampai selesai karena saya akan jelaskan solusi sinyal eSIM tidak tampil atau tidak muncul. Namun sebelum lanjut apabila HP Oppo kamu hilang sinyalnya kamu bisa baca artikel mengenai sinyal HP yang sering hilang di HP Oppo dan bagaimana cara memperbaikinya.

Tunggu Sebentar

Pertama kamu jangan panik terlebih dahulu. Karena memang saat awal-awal sinyal akan lama munculnya dan sebenarnya ini wajar terjadi. Jadi silakan kamu tunggu 5 menit sampai 10 menit dan lihat apakah ada perubahan atau tidak.

Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Penerbangan

Berikutnya apabila eSIM tidak ada layanan masih kamu alami silakan aktifkan mode penerbangan dan nonaktifkan kembali. Cara ini dilakukan untuk reset data seluler tanpa perlu reboot perangkat.

Reboot Perangkat

Apabila dengan mode penerbangan saja masih belum berhasil silakan kamu reboot perangkat iPhone yang kamu miliki. Dengan cara reboot memperbesar kemungkinan eSIM tidak muncul sinyal akan segera muncul sinyalnya.

Hubungi Pihak Provider

Misalnya ketiga cara yang sudah saya sebutkan sudah kamu coba dan belum berhasil saran saya kamu bisa hubungi pihak operator seluler untuk minta bantuan dan menanyakan kemungkinan ada kesalahan saat pengaktifan eSIM.

Tunggu Sampai 1 Minggu

Apabila kamu mengirimkan pesan atau email ke pihak operator seluler tetapi tidak langsung dibalas kamu bisa tunggu beberapa hari sampai 1 minggu dan sambil berdoa supaya sinyal eSIM tidak tampil supaya segera tampil dan muncul.

Seharusnya setelah aktivasi eSIM dan reboot perangkat eSIM sudah bisa digunakan. Akan tetapi apabila belum bisa digunakan kamu bisa coba cara yang sudah saya sebutkan diatas mulai dari yang pertama hingga yang terakhir.

Proses aktivasi awal dan pemindahan eSIM ke perangkat lain memang sedikit merepotkan. Akan tetapi dibandingkan kartu SIM fisik keamanan eSIM lebih terjamin karena tidak akan bisa dicuri kecuali mengetahui QR Code dari eSIM tersebut.

Sekian pembahasan dari saya mengenai eSIM tidak ada layanan dan sebelum saya akhiri apabila kamu menelpon tetapi tidak ada suaranya kamu bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan saat bertelepon tidak ada suara lawan bicara sama sekali.