Cara Menonaktifkan Aplikasi Tidak Penting di Android

Cara Menonaktifkan Aplikasi Tidak Penting di Android

HiPoin.com Bloatware salah satu aplikasi default yang selalu ada di perangkat Android. Masing-masing brand dan type perangkat memiliki bloatware yang berbeda-beda. Aplikasi bloatware tidak bisa dihapus? dari pada menghapus lebih baik kamu baca cara menonaktifkan aplikasi default yang ada di Android.

Ada banyak aplikasi default di perangkat Android khususnya aplikasi yang tergabung dalam keluarga Google seperti Gmail, YouTube, Drive, dan masih banyak yang lainnya. Tidak semua aplikasi bawaan tidak berguna akan tetapi kamu bisa menonaktifkan aplikasi yang tidak berguna.

Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelah menonaktifkan aplikasi yang tidak berguna. Misalnya aplikasi tersebut tidak akan pernah berjalan dan memunculkan notifikasi mengganggu, bisa menghemat kuota internet, dan menghemat kapasitas RAM.

Menonaktifkan memang tidak menambah kapasitas penyimpanan atau ROM, akan tetapi lebih baik dari pada tidak dinonaktifkan. Menonaktifkan aplikasi bawaan sudah menjadi syarat wajib setelah membeli perangkat Android baru.

Cara menonaktifkan aplikasi bisa kamu lakukan dengan mudah. Semua aplikasi default atau bloatware bisa di nonaktifkan tetapi tidak semua aplikasi bloatware bisa dihapus. Oleh karena itu menonaktifkan adalah cara efektif yang bisa kamu coba.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan cara menonaktifkan atau menghapus aplikasi tidak terpakai yang ada di Android. Tidak semua aplikasi aman untuk dinonaktifkan oleh karena itu kamu harus paham betul bahwa aplikasi tersebut memang tidak ada fungsinya.

Sebelum lanjut ke tutorial dan pembahasan mungkin kamu pernah mengalami screenshot tidak tersimpan. Ada beberapa penyebab yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Untuk tau penyebab dan apa faktor lainnya kamu bisa baca tentang screenshot yang tidak tersimpan.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan di Android

Langkah ke-1: Untuk menonaktifkan aplikasi bawaan yang ada di perangkat Android kamu harus masuk ke Info aplikasi terlebih dahulu

Cara Menonaktifkan Aplikasi Android

Langkah ke-2: Maka nantinya tidak akan akan pilihan Copot Pemasangan. Oleh karena itu kamu pilih Nonaktifkan

Nonaktifkan Aplikasi Android

Langkah ke-3: Terakhir silakan kamu konfirmasi penonaktifan aplikasi

Aplikasi di Nonaktifkan

Langkah ke-4: Aplikasi berhasil di nonaktifkan. Yang awalnya ada tombol Buka sekarang sudah tidak ada karena aplikasi sudah nonaktif

Berhasil Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Android

Sangat mudah bukan cara menonaktifkan aplikasi bawaan atau bloatware di perangkat Android. Kamu bisa menonaktifkan semua aplikasi bawaan yang tidak ada gunanya supaya perangkat Android yang kamu miliki menjadi lebih ringan.

Selain menonaktifkan bloatware kamu juga bisa menghapus aplikasi tidak terpakai supaya ruang penyimpanan menjadi lebih lega. Misalnya kamu bisa menghapus game yang dulunya sering kamu mainkan akan tetapi sudah beberapa minggu tidak kamu mainkan lagi.

Selain cara menonaktifkan aplikasi bawaan di Android kamu juga bisa baca artikel tentang wifi yang tidak terdeteksi di Laptop dan Komputer. Ada banyak faktor penyebab namun biasanya karena wifi yang ingin kamu hubungkan berasal dari hotspot Android.