Fungsi Tombol Home, Recent Apps, dan Back di Android

Fungsi Tombol Home, Recent Apps, dan Back di Android

HiPoin.com – Ada 3 tombol navigasi utama yang pasti akan kamu temukan di smartphone yaitu Home, Back, dan Recent Apps. Masing-masing memiliki fungsi tersendiri dan kali ini saya akan menjelaskan mengenai fungsi tombol Home, Back, dan Recent Apps.

Untuk letak atau posisi nya terkadang berbeda yaitu antara tombol Back dan Recent Apps. Ada yang tombol Back nya di kiri dan Recent Apps di kanan ada juga yang tombol Back di kanan dan Recent Apps nya di kiri.

Sedangkan tombol Home pasti di tengah-tengah. Walaupun kini sudah jarang yang menggunakan tombol dan digantikan dengan navigasi bar atau gesture tetapi fungsi dan letaknya tetap sama. Hanya saja jika di layar pengguna bisa mengatur posisi Back dan Recent Apps dengan mudah.

Fungsi tombol Recent Apps di perangkat smartphone manapun dan di sistem operasi apapun baik Android atau iOS memiliki fungsi yang sama saja. Tombol Back juga begitu, fungsi tombol Back tidak akan berubah termasuk di sistem operasi Symbian OS dan Windows Phone sekalipun.

Tanpa panjang lagi langsung saja saya jelaskan fungsi dari tombol navigasi yang ada di smartphone dan ponsel layar sentuh kekinian. Saya harap kamu yang belum tau betul fungsi dari ketiga tombol tadi menjadi lebih tau dan tidak hanya sekedar tau saja.

Sebelum lanjut kamu harus tau mengenai tombol enter yang ada di aplikasi WhatsApp. Banyak yang mengeluhkan bahwa tombol enter di WhatsApp tidak bisa digunakan. Padahal bisa diatur apakah ingin menggunakan tombol enter atau tidak.

Home, Tombol ini biasanya digunakan untuk kembali ke layar utama atau home screen dengan cepat saat kamu sedang membuka sebuah aplikasi. Dengan menekan tombol Home kamu bisa langsung kembali ke layar depan.

Fungsi dasar tombol Home memang itu, tetapi terkadang pihak pengembang menyematkan fitur lainnya. Seperti dengan menekan tombol Home agak lama akan mengaktifkan fungsi Google Assistant.

Back, Tombol Back atau kembali bisa kamu gunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya. Fungsi tombol Back sering digunakan untuk bernavigasi di dalam aplikasi secara santai dan memang hanya bisa kembali ke satu halaman sekali tekan.

Karena terkadang memakan waktu yang lama jika ingin kembali ke layar depan atau saat menutup aplikasi maka tombol Back sangat jarang digunakan untuk kembali ke layar depan. Banyak yang lebih memilih menggunakan tombol Home karena memang lebih cepat.

Recent Apps, Jika kamu menekan dan mengakses Recent Apps maka akan banyak aplikasi dan program yang sudah kamu buka dan berjalan. Di Recent Apps semua aplikasi dan program yang kamu buka pasti akan muncul.

Tetapi tidak selamanya aplikasi dan program yang ada di Recent Apps berjalan di latar belakang. Recent Apps menurut saya versi sederhana Task Manager yang ada di Windows, hanya saja lebih simple, sederhana, dan minim informasi.

Fungsi tombol Recent Apps yang lainnya yaitu bisa digunakan sebagai tombol pilihan untuk menampilkan informasi lainnya di dalam aplikasi. Sedangkan untuk tombol Back hanya sekedar tombol yang digunakan untuk kembali.

Seperti yang kamu tau untuk sekarang ini tombol dan navigasi bar sudah digantikan dengan navigation gestures. Fungsi dasar gesture mengikuti dari tombol Back, Recent Apps, dan Home jadi sebenarnya sama saja.

Itu saja penjelasan dari saya mengenai fungsi tombol Home, fungsi tombol Recent Apps, dam tombol Back. Sebelum saya akhiri kamu bisa baca cara install aplikasi dari sumber yang tidak dikenal dengan menggunakan file .APK yang didapatkan dari internet.