Cara Menggunakan Navigasi Gesture Android 10

Cara Menggunakan Navigasi Gesture Android 10

HiPoin.com – Setelah saya mencoba gesture Android 10 saya berfikir bahwa gesture milik Android Pie lebih nyaman digunakan dari pada milik Android 10. Memang tampaknya lebih keren dan mirip seperti iPhone X keatas, tetapi gesture milik Android 10 tidak mudah digunakan.

Pada Android Pie bisa dikatakan memiliki 3 gesture utama yaitu gesture untuk ke Home, Back, dan Recent Apps. Sedangkan navigasi gesture Android 10 jika di total memiliki 5 gesture dan penggunaannya hampir sama. Yang jelas bagi saya navigasi Android 10 untuk mode gesture kurang fungsional.

Setelah saya mencoba beberapa hari kesulitan yang paling sering saya alami yaitu saat membuka Recent Apps. Bukannya membuka Recent Apps alih-alih karena saya kurang pas melakukan swipe gesture maka jadinya perintah yang terjadi yaitu pindah dari aplikasi sebelum atau sesudahnya.

Fitur ini sebenarnya fitur milik Android Pie, tetapi pada Android 10 disematkan pada gesture supaya pilihan gesture lebih variatif. Memang fitur ini sangat berguna, tetapi di beberapa kesempatan ini sangat mengganggu dan menyebalkan.

Dengan tidak adanya tombol navigasi di layar, sejak Android Pie dan kini sudah rilis Android 10, navigasi gesture memang pengganti tombol navigasi yang sangat berguna. Selain menambah bentang layar, penggunaan gesture lebih cepat dari pada kita menekan tombol yang ada di layar.

Jika kamu baru saja menggunakan ponsel pintar Android 10, kamu wajib baca artikel ini. Karena saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan navigasi gesture Android 10. Sebenarnya gesture pada Android 10 hampir sama seperti Android Pie.

Yang membedakan yaitu gesture sisi kanan bawah dan kiri bawah sudah tidak ada lagi. Untuk lebih detailnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara menggunakan gesture pada Android 10. Selain itu kamu juga perlu tau cara menonaktifkan pembaruan sistem otomatis pada Android supaya tidak melakukan pembaruan tanpa sepengetahuan kamu.

Cara Menggunakan Gesture Android 10

Kembali ke Home

Untuk kembali ke Home Screen kamu bisa swipe langsung dari bawah layar ke atas tanpa jeda sama sekali. Gesture ini sama seperti gesture Android Pie untuk kembali ke Home Screen atau Layar Beranda

Cara Menggunakan Fitur Gesture Android 10

Membuka Recent Apps

Untuk mengakses Recent Apps sama seperti jika ingin kembali ke layar depan, tetapi tidak kamu lepas alias kamu tahan beberapa saat sampai Recent Apps terbuka dengan sempurna

Membuka Recent Apps di Android 10

Cara Back di Android 10

Untuk cara kembali atau back di Android 10 ada 2 cara. Cara pertama yaitu swipe dari sisi layar kiri ke arah kanan. Sedangkan cara kedua swipe dari sisi kanan layar ke arah kiri. Jika kamu bertanya cara mana yang paling mudah? yang paling mudah menurut saya yaitu swipe dari sisi kanan layar ke arah kiri. Tetapi terkadang kita perlu melakukan swipe dari kiri layar ke arah kanan karena faktor tertentu

Back di Android 10

Selain ketiga gesture Android 10 diatas, ada 2 gesture lagi yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat multitasking. Kedua gesture ini bisa kamu gunakan dari bagian tengah bawah layar dengan cara swipe ke atas condong ke kiri dan swipe ke atas condong ke kanan.

Berikut penjelasan mengenai kedua gesture Android 10 yang bisa memudahkan kita dalam multitasking aplikasi. Swipe ke atas condong ke kiri untuk membuka aplikasi di Recent Apps setelah aplikasi yang sedang kamu buka.

Sedangkan swipe condong ke kanan untuk membuka aplikasi sebelum aplikasi yang sedang kamu buka sekarang. Untuk lebih jelasnya saya contohkan aplikasi sebelumnya Instagram, aplikasi sekarang Facebook, dan aplikasi setelahnya WhatsApp.

Jika kita sedang membuka Facebook maka jika swipe ke atas condong ke kiri akan langsung pindah ke WhatsApp dan jika swipe ke atas condong ke kanan akan langsung pindah ke Instagram. Walaupun sulit dijelaskan secara langsung, semoga saja kamu tetap paham bagaimana cara menggunakan gesture navigasi yang ada di Android 10.