Cara Mengatur Kualitas dan Resolusi Perekam Layar Xiaomi

Cara Mengatur Kualitas dan Resolusi Perekam Layar Xiaomi

HiPoin.com – Melakukan perekaman layar atau screen recording merupakan aktivitas yang banyak dilakukan oleh pengguna ponsel pintar atau smartphone. Bagi pengguna ponsel Xiaomi hal ini bukanlah masalah besar karena sudah tersedia aplikasi perekam bawaan. Kamu bisa mengatur resolusi perekam layar Xiaomi dengan mudah dan juga bisa mengatur kualitas videonya.

Apa fungsi mengatur sebuah resolusi? mengatur resolusi video berguna supaya video yang dihasilkan bisa di tonton dengan jelas alias semakin tinggi resolusi maka video akan semakin jernih. Selain itu resolusi berguna untuk menentukan ukuran video.

Seperti yang kamu tau ukuran layar masing-masing smartphone berbeda, oleh karena itu lebih baik gunakan resolusi yang sama dengan ukuran layar ponsel kamu. Hal ini dilakukan supaya video yang dihasilkan tidak memiliki bezel hitam di kanan kirinya.

Selain resolusi kamu juga bisa mengubah kualitas rekam layar Xiaomi. Ada 3 pilihan yang bisa kamu sesuaikan supaya bisa menghasilkan rekaman yang bagus. Yang pertama kamu bisa mengubah resolusi, yang kedua kamu bisa mengatur kualitas video, dan yang terakhir kamu bisa menentukan laju bingkai.

Supaya lebih jelas langsung saja saya jelaskan cara mengatur resolusi perekam layar Xiaomi. Tutorial yang akan saya bahas kali ini khusus untuk aplikasi rekam layar bawaan Xiaomi. Sedangkan untuk aplikasi perekam layar dari pihak ketiga kemungkinan besar sangat berbeda.

Sebelum lanjut ke tutorial cara mengatur kualitas screen recorder di Xiaomi kamu bisa baca artikel lainnya yaitu cara screenshot di Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A50s. Misalnya kamu sudah tau kamu bisa langsung simak tutorial dibawah ini.

Cara Ubah Resolusi Perekam Layar Xiaomi

Langkah ke-1: Silakan kamu buka aplikasi Rekam Layar bawaan Xiaomi terlebih dahulu

Menentukan Resolusi Perekam Layar Xiaomi

Langkah ke-2: Setelah berada di aplikasi Rekam Layar milik Xiaomi silakan kamu pilih Pengaturan Rekam Layar

Aplikasi Rekam Layar Xiaomi

Langkah ke-3: Setelah itu pilih pengaturan yang ingin kamu ubah mulai dari Resolusi, Kualitas video, atau Laju bingkai

Pengaturan Rekam Layar di Xiaomi

Langkah ke-4: Berikut pilihan resolusi perekam layar Xiaomi

Resolusi Perekam Layar Xiaomi

Langkah ke-5: Pilihan Kualitas video di rekam layar Xiaomi

Kualitas Video Perekam Layar Xiaomi

Langkah ke-6: Dan yang terakhir pilihan Laju bingkai aplikasi perekam layar bawaan Xiaomi

Laju Bingkai Rekam Layar Xiaomi

Jadi selain resolusi dan kualitas rekam layar Xiaomi kamu juga bisa memilih laju bingkainya. Semakin tinggi laju bingkai atau FPS (Frame per Second) yang kamu pilih maka akan semakin bagus hasil rekaman layar yang akan kamu dapatkan.

Untuk setelan default saya rasa tidak perlu kamu ubah, akan tetapi jika menurut kamu hasilnya masih jelek alias buram bisa kamu atur mulai resolusi dan kualitas videonya. Untuk video yang nantinya akan di unggah ke YouTube saran saja jangan gunakan kualitas video di atas 16 Mbps.

Karena di YouTube jika lebih dari 10 Mbps akan di kompres lagi secara otomatis yang mengakibatkan kualitas video akan menurun. Cukup sekian pembahasan saya mengenai cara ubah kualitas video, FPS, dan resolusi perekam layar Xiaomi. Semoga kamu terbantu dengan tutorial diatas.