4 Manfaat Grup WhatsApp Yang Perlu Kamu Ketahui

4 Manfaat Grup WhatsApp Yang Perlu Kamu Ketahui

HiPoin.com – Pernahkan kamu berfikir apakah ada manfaat grup WhatsApp bagi diri kita sendiri? Entah kenapa ada orang yang bergabung lebih dari 10 grup WhatsApp, padahal grup WA biasanya cenderung sangat ramai dengan obrolan yang tidak penting.

Hanya untuk menyapa dan menghilangkan rasa bosan, tetapi semua itu tidak sepenuhnya benar. Sebagai contoh kamu seorang trader, wajar saja jika bergabung ke banyak grup. Tidak hanya di WhatsApp, banyak trader juga bergabung grup terkait di Telegram, Facebook, serta forum-forum yang ada di internet.

Intinya seseorang benar-benar memaksimalkan grup jika tujuan orang tersebut untuk mendapatkan ilmu dan informasi. Selain ilmu dan informasi, tentu saja kekeluargaan juga penting. Oleh karena itu masing-masing anggota grup di bidang tertentu memiliki kebiasaan yang berbeda-beda.

Manfaat bergabung grup WhatsApp sebenarnya banyak, jika grup keluarga tentu untuk meningkatkan persaudaraan. Grup kelas untuk berbagi informasi tentang pelajaran sedangkan grup kerja bisa kamu manfaatkan untuk sharing serta membicarakan pekerjaan esok hari.

Sebenarnya saya cukup ragu saat ingin membuat artikel tentang manfaat grup WhatsApp, karena manfaatnya tergantung dari sisi orang dan grup. Masing-masing orang memiliki pikiran yang berbeda-beda, selain itu masing-masing grup memiliki tujuan, visi, misi, dan peraturan yang berbeda-beda.

Karena tergantung dari banyak faktor, saya akan menjelaskan fungsi, kelebihan, atau kegunaan grup WhatsApp secara umum. Yang jelas kelebihan grup yaitu dapat menampung lebih dari 2 orang supaya pembicaraan dapat tersampaikan ke banyak anggota.

Sebelum lanjut ke penjelasan mengenai manfaat grup WhatsApp, kamu bisa baca artikel lainnya terlebih dahulu yaitu tentang cara mengubah info di profil akun WhatsApp. Kamu bisa merubah dari Ada ke Sibuk atau dari Sibuk menjadi Di Kantor.

Kegunaan dan Manfaat Grup WhatsApp

1. Dapat Menampung Banyak Orang

Adanya grup kamu bisa mengumpulkan semua pengguna WhatsApp di satu ruang supaya proses diskusi lebih menarik lagi. Selain menarik, informasi yang sudah disampaikan akan tersampaikan ke banyak pengguna secara mudah tanpa perlu mengirimkan informasi massal.

Walaupun hanya bisa menampung sekitar 250 anggota saja, akan tetapi untuk semua grup chatting itu sudah lebih dari cukup. Berbeda lagi jika tujuan grup untuk sharing dan berbagi informasi, lebih disarankan menggunakan grup yang ada di Facebook.

2. Menjalin Hubungan Persaudaraan

Manfaat bergabung grup WhatsApp yang satu ini lebih tepatnya untuk grup WhatsApp orang-orang dekat seperti Keluarga, teman sekelas, teman komunitas, atau teman kerja. Walaupun kurang bermanfaat, dengan bergabung ke grup minimal kamu ada dan bisa muncul di obrolan tersebut.

Misalnya ada pembahasan yang cukup menarik kamu bisa muncul, selain itu tidak muncul jika ada pembahasan tidak menarik bukanlah masalah yang besar. Masalahnya jika ada kaitannya dengan kekeluargaan dan persaudaraan, saat ingin keluar grup orang akan berfikir berkali-kali lipat yang berkaitannya dengan image kita.

3. Informasi Lebih Banyak dan Lebih Cepat

Benar sekali, manfaat grup WhatsApp dan grup-grup lainnya yaitu kita dapat mendapatkan sebuah informasi lebih banyak dan cepat. Singkatnya kerja sama dengan banyak orang lebih cepat dari pada sendirian. Akan tetapi informasi yang ada perlu kamu olah terlebih dahulu.

Bisa kamu cek kebenaran informasi yang dibagikan oleh anggota lain serta cek juga sumbernya dari mana. Misalnya informasi tidak valid atau hoax, kamu bisa memberitahu kepada anggota tadi dan anggota lain tentang kebenarannya.

4. Sebagai Sarana Hiburan dan Penghilang Rasa Bosan

Manfaat grup WhatsApp yang terakhir yaitu bisa kamu gunakan sebagai sarana hiburan dan penghilang rasa bosan. Untuk hiburan saya rasa tidak semua grup bisa digunakan sebagai sarana hiburan. Karena ada grup yang hanya membahas hal-hal yang serius saja.

Sedangkan untuk penghilang rasa bosan kamu bisa ngobrol dengan anggota grup lain tentang pembahasan yang sedang diobrolkan. Tentu semua obrolan tidak perlu disampaikan di grup, misalnya terlalu penting dan sensitif bisa lanjut ke chat pribadi.

Nah itu dia manfaat dan kegunaan grup WhatsApp, bagaimana menurut kamu? apakah grup WhatsApp benar-benar penting? Saya sendiri tidak menilai bahwa grup WA penting, akan tetapi no problem jika ada seseorang mengundang saya ke grup tertentu.

Tidak hanya 4 diatas, sebenarnya manfaat grup WhatsApp sangat banyak sekali. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, manfaat yang di dapatkan tergantung dari orang itu sendiri serta grupnya. Masing-masing grup dan orang bisa menadapatkan manfaat yang berbeda.

Itu saja yang bisa saya sampaikan tentang manfaat grup WhatsApp, semoga kamu terbantu dan dapat pencerahan dari penjelasan saya ini. Tidak tau apa saja lencana atau badge yang ada di Facebook? jika tidak tau kamu bisa baca artikel tentang badge Facebook.