3 Manfaat Penghemat Data Yang Perlu Kamu Ketahui

3 Manfaat Penghemat Data Yang Perlu Kamu Ketahui

HiPoin.com – Penghemat Baterai bisa kamu aktifkan supaya perangkat kamu bisa bertahan lebih lama lagi. Bagaimana dengan Penghemat Data? apa manfaat Penghemat Data? apa bisa menghemat penggunaan paket data pengguna jika fitur tersebut diaktifkan?

Seperti namanya seharusnya Penghemat Data atau Data Saver bisa menghemat penggunaan paket data. Sebelumnya saya akan mengulas sedikit tentang Penghemat Baterai atau Battery Saver. Battery Saver dapat menghemat baterai bukanlah gimmick semata.

Saat Penghemat Baterai diaktifkan penggunaan baterai perangkat akan lebih berkurang alias dibatasi. Penghemat Baterai dapat menghemat daya baterai 20% hingga 40% tergantung perangkat dan pola penggunaan pengguna.

Penghemat Data seharusnya seperti itu, dapat menghemat paket data atau kuota internet supaya tidak terlalu boros. Cara kerjanya hampir mirip yaitu membatasi koneksi internet dan tidak mempengaruhi kecepatan internet sama sekali.

Fungsi Penghemat Data tidak terlalu spesifik dan membuat fitur ini tidak digunakan sama sekali. Tetapi menurut saya setelah Penghemat Data aktif penggunaan data internet memang menjadi turun karena memang dibatasi oleh sistem itu sendiri.

Data Saver atau Penghemat Data bisa kamu temui di browser atau di perangkat Android. Banyak perangkat Android yang sudah menyematkan Data Saver tidak hanya Battery Saver yang bisa menghemat penggunaan baterai.

Sebagai contoh di perangkat Oppo, Samsung, dan Xiaomi kamu akan mudah menemukan fitur tersebut walaupun tidak di semua type perangkat ada. Supaya lebih jelas langsung saja saya jelaskan apa saja kelebihan Data Saver jika Data Saver diaktifkan.

Sering mengalami Tethering Hotspot di Xiaomi tidak bisa diaktifkan? kamu bisa baca artikel tentang Tethering tidak bisa diaktifkan di Xiaomi. Jika Tethering tidak bisa diaktifkan kamu tidak bisa berbagi koneksi internet dengan perangkat lain.

Manfaat Penghemat Data atau Data Saver

1. Menghemat Paket Data

Seperti namanya manfaat dan kegunaan Penghemat Data yang paling utama yaitu menghemat paket data atau kuota internet. Bukan gimmick semata karena Penghemat Data sama seperti Penghemat Baterai hanya saja pengguna tidak menyadarinya.

Penghemat Data di browser akan menghemat paket data saat kamu menggunakan browser tersebut sedangkan Penghemat Data di Android akan menghemat paket data di semua aplikasi dan sistem Android. Singkatnya Penghemat Data di Android akan membatasi internet ke semua aplikasi dan sistem yang ada di perangkat Android.

2. Iklan Akan Jarang Muncul

Karena akses internet dibatasi maka iklan akan jarang muncul jika sebelumnya di perangkat kamu sering muncul iklannya. Sebagai contoh iklan dari aplikasi SHAREit dan UC Browser, jika kamu mengaktifkan Penghemat Data maka iklan tidak akan muncul di latar belakang.

Fungsi Penghemat Data yang satu ini cukup disukai banyak orang. Saya sendiri cukup sebal dengan iklan yang sering muncul walaupun aplikasi tidak dibuka. Karena telah dibatasi akses internet di masing-masing aplikasi maka iklan tidak akan muncul sampai aplikasi terkait dibuka.

3. Notifikasi Tidak Penting Akan Jarang Muncul

Manfaat atau kelebihan Data Saver yang terakhir ialah dapat mencegah notifikasi yang tidak penting muncul secara terus menerus. Seperti notifikasi berita dari aplikasi browser atau notifikasi promo dari aplikasi marketplace yang kamu install.

Apa pemberitahuan dari WhatsApp, Instagram, Facebook, dan yang bersifat penting tidak terpengaruh? kemungkinan besar tidak. Karena saya yakin sistem tau notifikasi apa serta notifikasi dari mana yang tidak perlu di tampilkan dan perlu ditampilkan.

Secara langsung memang Data Saver atau Penghemat Data tidak terlalu memberi efek baik dari pada Battery Saver atau Penghemat Daya. Selain pengguna tidak tau secara real seberapa banyak paket data yang berhasil di hemat pengguna juga tidak perduli karena paket internet sekarang ini sudah sangat murah.

Manfaat Penghemat Data akan sangat dirasakan bagi pengguna yang memang kesulitan membeli paket internet atau kuota internet dan ingin menghemat supaya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu saya ingatkan lagi Data Saver tidak mempengaruhi kecepatan internet tetapi membatasi koneksi di masing-masing aplikasi.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang manfaat Penghemat Data, jika proses unduh berhenti saat aplikasi di tutup kemungkinan karena efek fitur tadi jadi lebih baik kamu matikan terlebih dahulu. Jika berhenti atau tidak berjalan maka kemungkinan besar kamu harus mengunduh ulang file terkait.