4 Tips Mengatasi Unduhan Tidak Berjalan di Semua Browser dan Aplikasi

4 Tips Mengatasi Unduhan Tidak Berjalan di Semua Browser dan Aplikasi

HiPoin.com – Mengalami unduhan tidak berjalan sering saya alami di beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mendownload sesuatu. Misalnya di aplikasi WhatsApp, aplikasi browser seperti UC Browser, Chrome, ataupun Opera Browser. Proses download tidak berjalan lebih baik daripada jika sudah berjalan beberapa persen namun malah gagal.

Karena saya sering melihat ada seseorang yang mengunduh sesuatu dan proses unduhan gagal pada 99%, ini jelas sangat mengecewakan sekali. Selain kita tidak jadi melihat hasil unduhan yang hampir selesai, sama saja kita membuang-buang yang namanya kuota internet.

Terkadang ada yang sampai berkeluh kesah karena orang tersebut sedang menghemat kuota internet namun mengalami download gagal saat 99% dengan ukuran file yang sedang di unduh lebih dari 1 GB. Maka dari itu tadi saya bilang unduhan tidak berjalan atau download tidak berjalan lebih baik dari pada unduhan gagal di tengah atau di akhir jalan.

Walaupun unduhan tidak berjalan lebih baik dari pada unduhan gagal atau download gagal, namun jika terus tidak berjalan itu akan membuat kita repot sendiri. Sebagai contoh jika kita ingin mengunduh sesuatu lewat Google Chrome selalu tidak bisa karena proses download tidak mau berjalan.

Atau yang paling sering jika kamu menggunakan browser UC Browser dan mengunduh sesuatu, unduhan tidak berjalan sering sekali terjadi di aplikasi browser yang satu ini. Selain itu di Opera Browser juga sering namun tidak sesering di UC Browser.

Jika proses mengalami unduhan tidak berjalan kamu tidak perlu melanjutkan proses download seperti jika proses unduhan gagal. Karena jika belum berjalan sama saja kita belum mendownload apapun. Maka dari itu kamu hanya perlu tau tips mengatasi jika proses download tidak berjalan.

Bukan mencari cara untuk melanjutkan download gagal atau berhenti. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Saya yakin tips ini bisa sangat membantu kamu jika ada file atau dokumen tertentu yang harus kamu download namun proses download tidak mau berjalan.

Kamu bisa mencoba satu persatu tips yang akan saya berikan. Semoga tips ini membantu dan proses download yang tidak berjalan tadi menjadi berjalan serta lancar alias tidak gagal di tengah jalan. Untuk solusi dan cara mengatasi download gagal, kamu tidak bisa menggunakan cara ini karena cukup berbeda.

Solusi Jika Unduhan Tidak Berjalan Bukan Unduhan Gagal

1. Periksa Koneksi Internet

Karena kasus nya proses download yang tidak berjalan, maka kita wajib untuk tau apakah koneksi internet yang kita gunakan bisa untuk mengunduh atau tidak. Jika untuk browsing saja tidak bisa, apalagi untuk mengunduh file dan dokumen.

Maka cara pertama yang bisa kamu lakukan jika proses download tidak berjalan silakan kamu tes koneksi internet yang kamu gunakan. Untuk browsing atau sekedar memutar video di YouTube. Pastikan bisa berjalan dengan lancar dan tidak lemot.

2. Download Ulang

Wajib hukumnya untuk mengunduh ulang dari sumber awal tadi. Jika proses download tidak mau berjalan dan ternyata koneksi internetnya bagus, kamu bisa menghapus proses download yang tidak berjalan tadi dan mencoba untuk mengunduh lagi dengan sumber yang sama.

Singkatnya jika kamu mengunduh sesuatu dari situs A dan proses unduhan tidak berjalan, maka kamu bisa menghapus proses download yang tidak mau berjalan atau bisa disebut juga unduhan gagal di menu Download atau Unduhan. Jika sudah dihapus, kamu klik tombol download lagi pada halaman download di situs A tadi.

3. Pastikan Ruang Penyimpanan Cukup

Bila lokasi unduhan di memori telepon/internal memory atau di SD Card, kamu perlu tau ruang penyimpanan yang tersedia cukup atau tidak untuk file baru yang ingin kamu unduh tadi. Jangan sampai sisa ruang penyimpanan cuma 500 MB tapi file yang ingin kamu unduh lebih dari 499 MB/500 MB jelas tidak akan bisa.

Maka dari itu kamu wajib mengecek terlebih dahulu sisa dari ruang penyimpanan yang digunakan sebagai lokasi hasil unduhan. Jika ruang memori telepon dan SD Card kamu sedikit, rajin-rajinlah untuk menghapus sampah dan cache yang tidak berguna dengan aplikasi seperti Clean Master untuk Android dan iOS serta CCleaner jika di Windows

4. Gunakan Aplikasi Lainnya

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mendownload dengan aplikasi lain. Jika kamu awalnya menggunakan Google Chrome namun proses download tidak berjalan, kamu sekarang bisa pindah dengan browser lainnya seperti UC Browser.

Atau saran saya kamu coba instal aplikasi Android Download Manager saja. Karena aplikasi tersebut hampir sama seperti Internet Download Manager pada Windows yang biasanya ada pada Komputer dan Laptop. Selain cepat, jika unduhan gagal kemungkinan besar proses unduh masih bisa dilanjutkan lagi.

Dari ke 4 cara diatas, kamu bisa mencobanya satu-persatu. Mulai dari pengecekan koneksi internet, mencoba untuk mengunduh ulang, memastikan ruang yang tersisa di lokasi penyimpanan cukup, dan jika masih tidak bisa walaupun ketiga cara diatas normal semua kamu bisa menggunakan browser lainnya atau mencoba aplikasi ADM di Android.

Jika masih tidak bisa, kemungkinan ada masalah server di mana file tersebut di unggah. Masalah seperti ini sering terjadi, namun tidak banyak orang yang mengetahuinya. Kasus unduhan gagal atau download gagal juga sering terjadi karena adanya masalah dan gangguan pada server di lokasi file tersebut di download.

Maka proses download terhenti dan tidak bisa dilanjutkan lagi. Server sebagus Google Drive saja sering terjadi kasus download gagal yang tidak bisa dilanjutkan lagi. Maka dari itu, jika kamu ingin mengunduh file dengan ukuran yang besar saran saya carilah file yang di unggah pada server yang mendukung fitur lanjutkan proses download.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu supaya jika kamu mengalami unduhan tidak berjalan atau proses download tidak berjalan maka kamu tau solusinya. Saya sendiri sebelum mengetahui penyebab-penyebab diatas saat mengalami unduhan tidak berjalan saya sangat bingung. Karena file yang sedang saya unduh saat mengalami proses unduhan tidak berjalan tidaklah kecil.