Cara Mengatasi dan Memunculkan Aplikasi Ganda Yang Hilang di Setelan Xiaomi

Cara Mengatasi dan Memunculkan Aplikasi Ganda Yang Hilang di Setelan Xiaomi

HiPoin.com – Fitur aplikasi ganda adalah salah satu fitur yang kini banyak tersedia di perangkat Android secara default. Karena tersedia secara default saat aplikasi ganda tidak kamu temukan pasti kamu akan bingung. Oleh karena itu di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara memunculkan aplikasi ganda yang hilang.

Khususnya fitur aplikasi ganda yang ada di Xiaomi. Fitur aplikasi ganda di HP lain bisa saja hilang hanya saja namanya bukan aplikasi ganda. Sebelum lanjut ke topik utamanya apakah kamu tau apa yang disebut dengan aplikasi ganda? saya yakin ada yang sudah tau dan ada yang belum tau sama sekali.

Singkatnya fitur aplikasi ganda bisa digunakan untuk menggandakan aplikasi yang ada atau membuat salinan aplikasi yang kamu pilih. Umumnya satu perangkat hanya bisa menginstall satu aplikasi saja. Tetapi dengan fitur aplikasi ganda kamu bisa menginstall 2 aplikasi dengan mudah.

Aplikasi ganda tidak ada di setelan Xiaomi bisa saja kamu alami padahal sebelumnya ada. Sebagai contoh setelah kamu melakukan pembaruan sistem tiba-tiba saat kamu cek di setelan fitur aplikasi ganda sudah tidak tersedia. Tidak hanya aplikasi ganda beberapa fitur bawaan yang ada di setelan atau pengaturan Android memang sering hilang sendiri.

Seperti sensor pemindai sidik jari atau fingerprint, di beberapa kasus setelan fingerprint hilang dari pengaturan. Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya bahas cara mengembalikan atau mengatasi fitur aplikasi ganda hilang dari pengaturan di perangkat Xiaomi supaya ada seperti sebelumnya.

Sebelum lanjut apakah kamu tau fitur Panel Edge yang ada di perangkat Samsung?. Jika kamu belum tau apa itu Panel Edge dan bagaimana cara mengaktifkannya kamu bisa baca artikel mengenai cara mengaktifkan Panel Edge yang ada di Samsung Android supaya tampilan HP Samsung menjadi lebih keren.

Cara Memunculkan Aplikasi Ganda Yang Hilang di Xiaomi

Reboot Perangkat atau Kembali ke Setelan Pabrik

Nah untuk menampilkan atau mengembalikan setelan yang hilang di Pengaturan langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan reboot HP atau perangkat yang kamu miliki. Jadi jika kamu mengalami aplikasi ganda tidak ada di setelan Xiaomi silakan kamu reboot HP Xiaomi yang kamu miliki.

Tidak hanya aplikasi ganda saja misalnya ada setelan yang hilang secara tiba-tiba kamu bisa coba reboot perangkat yang kamu miliki. Misalnya dengan cara reboot perangkat tidak berhasil kamu bisa coba Kembali ke Setelan Pabrik atau yang dikenal dengan hard reset.

Hard reset akan menghapus semua aplikasi dan data yang ada di penyimpanan perangkat. Jika fitur aplikasi ganda tidak ada setelah kamu melakukan pembaruan sistem opsi Kembali ke Setelan Pabrik bisa kamu coba karena terkadang setelah melakukan pembaruan ada bug dari data sebelumnya.

Akses Aplikasi Ganda Lewat GetApps

Saat fitur aplikasi ganda hilang di Setelan kamu bisa akses fitur tersebut lewat GetApps. GetApps merupakan tempat untuk mengunduh dan install aplikasi yang disediakan langsung oleh Xiaomi, oleh karena itu aplikasi ini terhubung langsung ke beberapa fitur yang ada di perangkat Xiaomi.

Caranya silakan kamu akses dan buka GetApps lalu pindah ke halaman Saya. Nah di halaman Saya ada beberapa fitur yang tersedia salah satunya aplikasi ganda. Jadi silakan kamu buka saja dan nantinya akan masuk ke menu aplikasi ganda sama seperti yang ada di setelan.

Kamu bisa coba apa yang sudah saya sebutkan diatas untuk memunculkan aplikasi ganda yang hilang pada perangkat Xiaomi kamu. Seharusnya jika karena bug dengan cara reboot perangkat atau hard reset fitur bawaan yang hilang akan kembali lagi.

Tetapi jika memang tidak kembali kamu bisa tanyakan ke forum atau grup sesuai dengan tipe HP Xiaomi yang kamu miliki. Kamu tanyakan bahwa fitur aplikasi ganda memang hilang karena bug atau dihapus dari versi MIUI yang kamu gunakan sekarang.

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara memunculkan aplikasi ganda yang hilang semoga bermanfaat bagi kamu yang mengalami masalah serupa. Selain apa yang sudah saya bahas diatas jika kamu tidak bisa menerapkan tema di Xiaomi kamu bisa baca artikel penyebab kenapa tema di Xiaomi tidak bisa diterapkan.