5 Solusi Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

5 Solusi Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

HiPoin.com – Peringatan aplikasi tidak terpasang pasti sering kamu temui jika kamu menginstall aplikasi tidak dari Play Store. Misalnya kamu mengunduh file .apk aplikasi tertentu dan saat di install muncul peringatan seperti itu.

Permasalahan seperti ini sering saya alami beberapa tahun yang lalu saat masih menggunakan ponsel Android keluaran terdahulu. Selain karena faktor penyimpanan internal yang terbatas ternyata ada beberapa faktor lainnya yang mungkin tidak kamu ketahui.

Sebagai contoh kamu menginstall aplikasi tertentu dengan versi terdahulu. Setelah kamu unduh lalu kamu install ternyata aplikasi tidak terinstall. Karena penasaran kamu pindah file .apk tadi dan di install di perangkat lain ternyata bisa.

Saat aplikasi yang ingin kamu install tidak terpasang sebenarnya kadang hanya error sesaat saja. Alias setelah kamu coba untuk kedua atau ketiga kalinya aplikasi bisa terpasang dengan sempurna. Supaya kamu tau kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan tidak bisa install aplikasi di Android.

Supaya apa? supaya saat kamu menemukan peringatan aplikasi tidak terpasang kamu tau harus melakukan apa. Karena faktor dan penyebabnya cukup banyak, kemungkinan yang akan saya bahas kali ini yang saya ketahui saja.

Atau penyebab yang umum terjadi dan jarang diketahui oleh banyak orang. Jika kamu tidak ingin mengalami masalah aplikasi tidak terinstall kamu bisa mengunduh aplikasi dari Play Store. Walaupun terkadang tetap tidak terinstall karena masalah ruang penyimpanan.

Sebelum lanjut ke pembahasan tentang penyebab tidak bisa menginstall aplikasi kamu bisa baca artikel tentang cara menghapus Serbaneka atau File Lainnya. Kedua jenis file tadi adalah file sampah dan kemungkinan tidak berguna tetapi menggunakan ruang penyimpanan cukup banyak.

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

1. File Aplikasi Rusak

File rusak atau corrupt adalah hal yang biasa dan sering terjadi. Salah satu penyebab yang bisa menyebabkan file rusak atau corrupt yaitu karena ada masalah saat downloading file atau saat transfer file. Jika sudah corrupt file sudah benar-benar rusak dan tidak akan bisa di install.

Ciri khusus file yang sudah rusak yaitu tidak bisa dibuka. Akan tetapi terkadang masih bisa dibuka dan bisa masuk ke proses penginstalan aplikasi. Akan tetapi setelah tombol pasang di tekan proses penginstalan aplikasi gagal dan aplikasi tidak terpasang.

2. Pastikan Sistem Operasi Mendukung

Ada 2 tipe sistem operasi yaitu 32 bit dan 64 bit. Di beberapa perangkat Android ada yang masih menggunakan OS 32 bit akan tetapi yang menggunakan 64 bit lebih banyak. Misalnya kamu ingin menginstall aplikasi 64 bit di perangkat 32 bit tidak akan bisa.

Itu dia penyebab yang paling umum terjadi dan banyak menimbulkan pertanyaan “kenapa tidak bisa install aplikasi padahal di perangkat lain bisa“. Walaupun OS 32 bit tidak bisa menginstall aplikasi 64 bit akan tetapi OS 64 bit selain bisa mengintall aplikasi versi 64 bit juga bisa untuk menginstall aplikasi 32 bit.

Oleh karena itu terkadang aplikasi tidak terpasang sering terjadi di beberapa perangkat tertentu padahal saat di install di perangkat lain bisa. Untuk mengatasinya kamu harus mencari versi 32 bit dari aplikasi yang ingin kamu install tadi.

3. Ruang Penyimpanan Tidak Cukup

Ruang penyimpanan yang saya maksud yaitu internal memori atau memori telepon. Karena default penginstalan aplikasi pasti di memori perangkat. Perlu di ingat yang saya maksud tidak cukup bukan penuh karena terlalu banyak data yang disimpan.

Maksudnya tidak cukup ialah ruang yang ada tidak cukup untuk menyimpan instalasi aplikasi yang ingin kamu install. Contoh mudahnya saat menginstall aplikasi dengan size 100 MB masih bisa akan tetapi untuk aplikasi dengan size 500 MB tidak bisa.

4. Masalah Kompatibilitas Aplikasi

Kompatibilitas aplikasi juga perlu kamu perhatikan supaya masalah aplikasi tidak terpasang tidak kamu temui. Kompatibilitas adalah syarat sebuah perangkat untuk menjalankan aplikasi atau sama seperti System Requirements.

Mudahnya jika kamu memiliki ponsel Android dengan spek biasa-biasa saja dan mencoba menginstall aplikasi PUBG dari luar Play Store maka proses penginstalan aplikasi tidak akan bisa berjalan. Kenapa begitu? karena spesifikasi perangkat yang kamu miliki tidak memenuhi syarat.

5. Faktor Lainnya

Selain keempat penyebab diatas masih banyak lagi faktor lainnya yang bisa menyebabkan aplikasi tidak terpasang atau faktor yang bisa menyebabkan tidak bisa install aplikasi. Seperti karena bug, kapasitas RAM yang kurang, hingga faktor SoC yang digunakan.

Itu dia kelima penyebab yang bisa menyebabkan aplikasi tidak terinstall. Lalu bagaimana cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang atau tidak terinstall? Untuk cara mengatasinya kamu sesuaikan saja dengan penyebabnya.

Sebagai contoh karena versi aplikasi 64 bit maka kamu perlu mencari versi aplikasi yang 32 bit. Atau karena file .apk sudah rusak maka kamu perlu mengunduh ulang dan pastikan file tersebut tidak rusak lagi saat proses downloading.

Selain tau penyebab aplikasi tidak terpasang kamu juga harus tau cara mengaktifkan sumber yang tidak dikenal di Android versi terbaru. Karena sumber tidak dikenal tidak akan kamu temui di menu Keamanan seperti di Andorid versi terdahulu.