Cara Menghapus Serbaneka dan File Lainnya Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menghapus Serbaneka dan File Lainnya Tanpa Aplikasi Tambahan

HiPoin.com – Salah satu sampah yang sering membuat ruang penyimpanan telepon atau internal memori penuh di Android yaitu file serbaneka atau file lainnya. Kita tidak tau file-file apa yang masuk ke dalam kategori tersebut, tetapi yang jelas ukurannya tidak sedikit.

Di beberapa kasus file yang tidak jelas tadi memiliki ukuran lebih dari 1 GB yang membuat penyimpanan telepon penuh dengan sendirinya. Mungkin hal ini tidak akan berpengaruh di perangkat Android yang memiliki ROM besar, misalnya perangkat yang memiliki ruang penyimpanan lebih dari 64 GB.

Akan tetapi di perangkat Android yang hanya memiliki ruang penyimpanan internal 32 GB kebawah akan sangat terasa efek dari file yang tidak jelas tadi. Salah satu efek yang paling merepotkan yaitu tidak bisa menginstall aplikasi dan game dari Play Store.

Apapun merk ponsel Android yang kamu miliki baik Samsung, Xiaomi, Asus, Nokia, Oppo, Vivo, atau Realme jika spesifikasi ROM yang dimiliki kurang dari 64 GB itu termasuk sangat pas-pasan. Perlu tambahan kartu SD atau SD Card supaya file lainnya disimpan ke SD Card tadi.

Sedangkan memori telepon untuk aplikasi dan data aplikasi saja. Lalu bagaimana cara menghapus file serbaneka atau lebih tepatnya file dalam cache? Caranya sangat mudah sekali untuk menghapus file dalam cache atau file lainnya.

Yang perlu kamu ingat di masing-masing perangkat penyebutannya berbeda beda, oleh karena itu kamu harus menyesuaikan dengan perangkat yang kamu gunakan. Sebelum lanjut kamu bisa baca juga cara membersihkan penyimpanan dan data aplikasi WhatsApp supaya tidak bertambah banyak.

Cara Membersihkan Serbaneka atau Data Dalam Cache

Langkah ke-1: Silakan kamu buka Setelan lalu pilih Tentang Telepon

Langkah Hapus File Lainnya dan Serbaneka

Langkah ke-2: Setelah itu silakan kamu pilih Penyimpanan

Penyimpanan Telepon Android

Langkah ke-3: Karena di perangkat saya file sampah ada di Data dalam cache jadi saya pilih Data dalam cache bukan File lainnya

File Dalam Cache Xiaomi

Langkah ke-4: Konfirmasi penghapusan Data dalam cache dengan menekan Oke

Hapus Data Dalam Cache

Langkah ke-5: Terakhir bisa kamu lihat sendiri yang awalnya Data dalam cache menggunakan ruang penyimpanan sebanyak 1 GB setelah dihapus tinggal 200 MB saja

Berhasil Menghapus Sampah Android

Mungkin cara ini kurang tepat jika judulnya cara menghapus file serbaneka di Android. Akan tetapi seperti yang sudah saya katakan tadi di masing-masing perangkat Android memiliki penyebutan berbeda yang berkaitan dengan sampah atau cache.

Tanpa aplikasi tambahan kamu bisa menghapus sampah dan cache yang berasal dari aplikasi. Untuk menghapus file yang termasuk lainnya kamu bisa mencari di masing-masing folder yang ada di internal memori atau memori telepon.

Sebagai contoh di folder WhatsApp dan folder DCIM. Jika kamu tidak ingin ribet kamu bisa menggunakan aplikasi Clean Master atau CCleaner untuk menghapus serbaneka yang ada di perangkat Android kamu. Saya jamin nantinya ruang penyimpanan akan menjadi lega.