Pengertian QR Code , Kelebihan, dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Pengertian QR Code , Kelebihan, dan Bagaimana Cara Menggunakannya

HiPoin.com – Sebelumnya saya sudah membahas mengenai kode QR tepatnya QR Code di akun Line. Oleh karena itu supaya lebih lengkap kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian QR Code, fungsinya, serta kelebihan menggunakan QR Code atau Kode QR.

Quick Response Code sudah banyak di gunakan dalam pembayaran offline dan online sampai saat ini. Kode QR adalah evolusi kode batang atau Barcode yang bisa kita temui dengan mudah di Blackberry Messenger beberapa tahun yang lalu. Singkatnya dulu BBM menggunakan Barcode sebagai fitur tambah teman.

Hampir sama seperti QR Code Line karena memang QR Code adalah evolusi dari Barcode. Untuk lebih jelasnya langsung saja kamu simak penjelasan saya mengenai kode QR. Selain itu saya juga akan menjelaskan tentang cara membuat kode QR serta fungsi dari kode QR itu sendiri.

Pengertian QR Code

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi QR Code adalah evolusi dari Barcode dari 1 dimensi menjadi 2 dimensi. Oleh karena itu jika dilihat sekilas kode batang dan kode QR memang mirip-mirip. Kode QR memiliki kelebihan dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar oleh karena itu kini QR Code banyak digunakan.

Dengan teknologi QR Code data apapun bisa disimpan didalamnya. Seperti link, sebuah transaksi, atau yang lainnya. Banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan kode QR. Seperti cara membuat dan alat scannya gratis, dapat menyimpan berbagai data, dan kemungkinan besar akan di gunakan serta semakin banyak yang menggunakan kode QR dalam kehidupan sehari hari.

Cara Membuat Kode QR

Selain saya jelaskan tentang pengertian QR Code saya juga akan memberikan tutorial cara membuat kode QR. Untuk membuat kode QR sebenarnya sangat mudah sekali banyak aplikasi pendukung di smartphone yang bisa kamu gunakan.

Yang pertama kamu bisa menggunakan QR Code Generator. Pilih jenis data yang ingin kamu simpan menjadi QR Code lalu tekan Buat Kode QR maka nantinya akan muncul kode QR yang bisa kamu unduh dan scan.

QR Code Generator tadi khusus kamu yang tidak mau menginstall aplikasi dan untuk pengguna perangkat Komputer. Sedangkan jika kamu ingin menggunakan aplikasi kamu bisa menginstall QR Code Generator untuk Android dan QR Reader for iPhone untuk di iOS.

Itu dia sekilas tentang pengertian QR Code, cara membuat, dan fungsinya. Karena dapat menyimpan data yang banyak kemungkinan besar QR Code akan sangat populer di Indonesia, karena di negeri sakura Jepang QR Code sudah digunakan di mana-mana.

Salah satu contoh penggunaan kode QR yaitu di pembayaran ShopeePay. Bagi kamu yang memiliki akun Shopee dan sudah mengaktifkan ShopeePay bisa kamu lihat sendiri. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan kamu paham dengan penjelasan saya mengenai pengertian QR Code atau kode QR.