Update iOS Lama? Tidak Usah Panik

Update iOS Lama? Tidak Usah Panik

HiPoin.comUpdate versi iOS menjadi momok tersendiri yang membuat banyak pengguna iPhone menjadi ketakutan. Seperti saat update iOS lama banyak pengguna yang takut bahwa proses update akan gagal dan membuat perangkat iPhone mereka menjadi rusak.

Tidak dipungkiri lagi bahwa cukup banyak kasus setelah versi iOS diperbarui perangkat iPhone menjadi bermasalah dan tidak jarang ada beberapa fitur yang menjadi nonaktif. Saya sendiri kurang tau apakah hal tersebut karena proses update yang tidak sempurna atau tidak.

Masalah utama yang membuat banyak pengguna takut dan cemas karena dari segi harga iPhone tidaklah murah. Jika rusak atau bermasalah karena proses update versi iOS memang sangat disayangkan padahal sebelumnya normal-normal saja.

Tidak akan saya bahas lebih lanjut mengenai masalah yang muncul saat versi iOS diperbarui. Saya hanya akan fokus pada pembaruan iOS tidak jalan atau lama. Apakah memang proses pembaruan versi iOS itu lama?

Jawabannya sebenarnya mudah saja yaitu bisa iya dan bisa tidak. Ada banyak faktor yang mempengaruhi lama atau tidaknya proses pembaruan software. Tidak hanya update iOS, update versi Android juga bisa cepat dan bisa lama.

Lama update iOS sebenarnya tidak perlu kamu cemaskan. Tetapi supaya kamu lebih tenang dan tidak cemas lagi saya akan menjelaskan kenapa kamu tidak perlu khawatir dan hanya perlu menunggu saja.

Selain lamanya proses pembaruan versi iOS kamu juga perlu tau hal penting lainnya yang mungkin tidak terpikir oleh kamu. Membersihkan RAM perangkat iPhone apakah benar bisa dilakukan? untuk tau jawabannya kamu bisa simak artikel yang sudah pernah saya bahas.

Lamanya proses update atau upgrade dipengaruhi oleh satu hal penting yaitu ukuran file pembaruan. Selain proses download filenya lama proses install atau pemasangan juga akan lama.

Seperti pengalaman saya update versi iOS 14.4 ke iOS 14.8 dengan ukuran file lebih dari 4 GB hampir 5 GB memakan waktu 2 jam lebih sedikit. 2 jam mulai dari proses unduh file pembaruan hingga perangkat selesai diperbarui dengan versi iOS terbaru.

Perasaan update iOS lama kemungkinan besar karena persenan yang tampil menjadi satu antara proses unduh dan pemasangan. Mudahnya persenan atau proses pembaruan yang tampil membuat pengguna merasa proses update menjadi lama.

Selain ukuran file pembaruan, proses update yang lama atau pembaruan iOS tidak jalan beberapa saat bisa terjadi karena faktor koneksi internet. Saran saya jangan kamu paksa melakukan pembaruan dengan ukuran file lebih dari 1 GB dengan koneksi internet yang buruk.

Selain mencegah supaya proses update tidak lama hal tersebut dilakukan supaya hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Karena semakin lama proses pembaruan maka resiko yang ada semakin besar.

Seperti proses pembaruan gagal atau ada masalah setelah pembaruan selesai. Yang jelaskan lama update iOS dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ukuran file pembaruan dan koneksi jaringan yang digunakan.

Ada hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum memperbarui versi iOS, yaitu memastikan di versi terbaru lebih baik dari pada versi saat ini. Kamu cari tahu terlebih dahulu apakah di versi terbaru ada masalah atau bug setelah perangkat iPhone diperbarui.

Sampai disini penjelasan dan pembahasan dari saya semoga update iOS lama tidak membuat kamu cemas dan tegang. Windows Defender di Windows tidak berjalan atau berhenti? kamu bisa cari solusinya di artikel yang pernah saya bahas.