3 Solusi Mengatasi Windows Defender Berhenti dan Minta di Restart

3 Solusi Mengatasi Windows Defender Berhenti dan Minta di Restart

HiPoin.com – Windows Defender adalah sistem keamanan bawaan Windows yang bisa dimanfaatkan pengguna secara langsung. Sayangnya terkadang Windows Defender berhenti dan pengguna tidak tau solusi dan cara mengaktifkan kembali Windows Defender yang berhenti.

Aplikasi keamanan Windows Defender atau WinDef adalah aplikasi antivirus bawaan yang tersedia di perangkat Windows khususnya Windows 10. Pengguna tidak perlu menginstall aplikasi serupa karena dengan Windows Defender Komputer dan Laptop kamu sudah cukup aman.

Ada banyak fitur di Windows Defender sebagai pendukung sistem keamanan seperti Virus & threat protection, Firewall & network protection, dan Device security. Lebih jelasnya kamu bisa cek langsung di menu Windows Defender atau kamu bisa baca selengkapnya di halaman Windows Security.

Salah satu ciri Windows Defender tidak berfungsi yaitu Windows Defender minta restart pada bagian Virus & threat protection. Selain itu akan ada tanda silang pada logo Windows Defender yang ada di bagian taskbar yang seharusnya tanda centang.

Misalnya kamu mengalami Windows Defender berhenti di perangkat Windows yang kamu miliki kamu bisa coba mengikuti solusi yang akan saya bahas. Saya akan menjelaskan beberapa cara yang bisa kamu coba supaya WinDef yang berhenti bisa aktif dan berjalan kembali.

Kamu wajib baca artikel ini karena terkadang Windows Defender tidak bisa aktif walaupun sebelumnya sudah aktif. Masalah tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor. Nah saya akan menjelaskan beberapa faktor utama yang biasanya menyebabkan masalah tersebut.

Namun sebelum lanjut kamu harus tau cara update aplikasi Windows Defender secara manual. Windows Defender hampir setiap bulan ada pembaruan oleh karena itu kamu harus tau cara memperbarui Windows Defender salah satunya dengan cara manual atau offline.

Solusi Windows Defender Berhenti dan Tidak Mau Aktif

1. Hapus Aplikasi Serupa

Aplikasi antivirus selain Windows Defender adalah salah satu penyebab yang bisa menyebabkan Windows Defender nonaktif sendiri dan tidak bisa di aktifkan. Mudahnya kamu tidak disarankan menginstall aplikasi antivirus lainnya jika kamu tetap ingin menggunakan Windows Defender.

Selain bisa menyebabkan Windows Defender berhenti aplikasi antivirus lainnya juga bisa menyebabkan Windows Defender tidak bisa di aktifkan. Oleh karena itu uninstall secara penuh antivirus selain Windows Defender jika ingin mengaktifkan Windows Defender.

2. Tekan Restart Now

Berikutnya kamu bisa menekan Restart Now pada bagian Virus & threat protection. Jika fitur Virus & threat protection tidak aktif sudah dipastikan bahwa Windows Defender tidak aktif. Karena itu adalah salah satu fitur utama yang ada di Windows Defender.

Silakan kamu tekan Restart Now dan tunggu beberapa saat. Seharusnya Virus & threat protection akan langsung aktif dan tanda silang di ikon Windows Defender akan ganti dengan tanda centang. Jika gagal kamu bisa ikuti langkah berikutnya.

3. Restart Perangkat

Setelah Windows Defender minta restart lalu sudah kamu tekan Restart Now tetapi tidak merespon kamu bisa coba restart perangkat Windows kamu. Cara ini dilakukan karena Windows Defender tidak bisa di restart langsung lewat aplikasi.

Saya pernah mencoba dengan cara ini dan hasilnya berhasil. Masalah Windows Defender berhenti teratasi setelah perangkat booting ulang. Tetapi saran saya coba dulu tekan Restart Now apakah berhasil atau tidak, jika tidak berhasil barulah restart perangkat.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi Windows Defender tidak bisa aktif secara tiba-tiba. Asalkan kamu tidak menginstall aplikasi antivirus lainnya masalah tersebut dapat kamu atasi dengan mudah.

Karena penyebab utama Windows Defender berhenti yaitu disebabkan bentrok antara Windows Defender dengan aplikasi antivirus dan keamanan yang lainnya. Perlu di ingat masalah ini khusus untuk Windows Defender yang pernah aktif.

Jika Windows Defender berhenti dari awal kemungkinan karena Windows Defender telah di nonaktifkan. Ada beberapa alasan kenapa Windows Defender di nonaktifkan salah satunya karena berat dan terlalu memakan RAM dan CPU.