3 Penyebab Video Instagram Tidak Bersuara Saat Diputar

3 Penyebab Video Instagram Tidak Bersuara Saat Diputar

HiPoin.com – Bagi kamu yang sering mengunggah video ke Instagram atau sering menonton video di Instagram pasti pernah mengalami video Instagram tidak bersuara. Kejadian ini sering terjadi selain video Instagram yang tidak bisa diputar atau tidak bisa di tonton.

Untuk kasus video yang tidak bisa di play di Instagram bisa terjadi karena file video rusak saat proses upload. Singkatnya file video tidak bermasalah tetapi saat proses upload menjadi rusak dan tidak dapat diputar. Sedangkan untuk kasus video Instagram tidak terdengar alias tidak bersuara memiliki penyebab yang berbeda.

Kejadian tidak ada suara di video Instagram memang sering terjadi, baik karena kesalahan teknis atau kesalahan non teknis. Tapi intinya jika video Instagram tidak bersuara dari awal dan kamu meningkatkan volume audio di perangkat yang kamu gunakan hal itu tidak akan berguna sama sekali.

Jika video yang sudah terunggah tidak memiliki suara, pengunggah tidak akan bisa melakukan hal apapun untuk membuat video tersebut memiliki suara. Karena jika sudah berhasil di unggah video tidak bisa di edit kembali. Nah salah satu kesalahan yang sering terjadi yaitu saat proses edit video sebelum video di unggah.

Tetapi ada beberapa penyebab lainnya yang bisa membuat video yang ada di Instagram tidak ada suaranya saat di tonton. Untuk tau lebih detailnya kamu bisa baca artikel ini sampai selesai karena kali ini saya akan membahas beberapa penyebab yang bisa menyebabkan video yang di unggah ke Instagram tidak memiliki suara.

Sebelum lanjut ke pembahasan mungkin kamu perlu tau cara mengcopy link profil Instagram untuk di bagikan ke sosial media lainnya. Saya yakin masih banyak pengguna media sosial Instagram yang tidak tau cara mencari link profil akun Instagram mereka.

Penyebab Yang Bisa Membuat Video Instagram Tidak Bersuara

1. Video Asli Memang Tidak Bersuara

Penyebab pertama yaitu karena video aslinya memang tidak bersuara alias video tanpa suara. Jika video asli tidak memiliki suara maka ketika di unggah tidak akan memiliki suara juga kecuali video tersebut melalui proses editing dan di tambah backsound.

Penambahan backsound sering dilakukan bahkan pada video yang memiliki suara asli sekalipun. Banyak pengguna Instagram yang mengunduh video miliki orang lain yang memiliki suara asli lalu di edit tanpa suara dan diberi suara musik untuk backsound nya.

2. Render Video Tanpa Suara

Penyebab video Instagram tidak bersuara bisa saja karena di sengaja suara pada video tersebut dihilangkan saat proses editing. Memang terkadang ada beberapa video yang tidak memerlukan suara karena tidak dibutuhkan.

Selain bisa menambah suara di video saat proses editing, kita juga bisa menghapus suara di video yang ingin kita render. Setahu saya semua aplikasi edit video pasti memiliki fitur ini, jadi kamu tidak usah bingung mencari aplikasi untuk menghilangkan suara di video.

3. Sengaja Dihilangkan Saat Proses Upload

Selain di aplikasi editing video kita juga bisa menghilangkan suara video yang ingin kita unggah ke Instagram secara langsung. Jadi kemungkinan besar video Instagram tidak bersuara memang di edit secara sengaja oleh orang yang mengunggahnya. Saya sendiri tidak tau pasti kenapa banyak pengguna yang menghilangkan suara di video yang mereka unggah.

Mungkin ini menyangkut copyright seperti halnya di Facebook dan YouTube. Jika kamu perhatikan banyak video repost yang memiliki kualitas yang sangat buruk. Selain kualitas video yang buruk, backsound antara video yang satu dan video yang lainnya pasti berbeda.

Selain video Instagram tidak bersuara, terkadang jika kita melakukan repost snapgram kejadian ini juga sering terjadi. Kemungkinan besar jika repost snapgram tidak bersuara, video yang di repost memang tidak memiliki suara.

Dan yang perlu kamu ketahui video yang kita repost ke snapgram maka hanya akan tampil cover videonya saja alias menjadi gambar. Jika pengguna lain ingin menonton video tersebut maka wajib melihat langsung ke feed video tadi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang belum mengetahuinya.