3 Penyebab Suara Tidak Tersedia di TikTok Padahal Volume Full

3 Penyebab Suara Tidak Tersedia di TikTok Padahal Volume Full

HiPoin.com – Kini aplikasi TikTok sudah hampir seperti media sosial sekelas Facebook karena penggunanya sudah bisa dikatakan sangat banyak. Walaupun begitu banyak orang awam yang belum tau betul mengenai aplikasi yang satu ini, salah satunya soal suara tidak tersedia di TikTok pada beberapa video yang ada.

Apasih sebenarnya TikTok itu? TikTok adalah jejaring sosial serta platform video musik yang diluncurkan pada tahun 2016. Sekilas mirip Instagram, tetapi di TikTok hanya bisa digunakan untuk mengunggah video saja tidak seperti di Instagram yang bisa digunakan untuk mengunggah semua media seperti foto dan video.

Karena hanya berisikan konten video, jika aplikasi TikTok tidak muncul suara ini hal yang wajar terjadi. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya pada artikel video Instagram tidak bersuara, ini hal yang wajar dan bisa dilakukan secara sengaja oleh pengunggah.

Mungkin faktor utama video TikTok tidak bersuara karena pengguna masih awam dan belum paham betul fitur-fitur yang ada di aplikasi TikTok. Jadi bukan karena perangkat kita sedang error atau rusak. Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan suara tidak tersedia di TikTok.

Salah satunya untuk mencegah hak cipta atau copyright. Pengguna menghilangkan audio di video dan enggan untuk menambahkan audio seperti musik sebagai backsound, maka jadinya video tersebut tanpa suara. Untuk lebih jelas mengenai video TikTok yang tidak bersuara, kamu bisa simak penjelasan saya dibawah.

Penyebab Suara Tidak Tersedia di TikTok Saat Video Diputar

1. Audio Pada Video Sengaja Dihilangkan

Seperti di Instagram, jika kamu ingin mengunggah video ke TikTok kamu bisa dengan mudah menghilangkan audio pada video yang ingin di upload. Singkatnya banyak pengguna yang menghilangkan audio asli pada video dan menambahkan musik sebagai backsound nya.

Selain itu banyak pengguna yang menghilangkan audio asli dan tidak menambahkan backsound. Ini dia yang disebut video tanpa suara yang menyebabkan munculnya pemberitahuan suara tidak tersedia di TikTok. Selain di sengaja ada juga pengguna yang tidak sadar menghilangkan audio pada video karena tidak sengaja menekan tombol silent.

2. Video Asli Memang Tidak Bersuara

Jika video original tidak memiliki suara, ada 2 pilihan yang bisa dilakukan oleh pengguna. Yang pertama yaitu menambahkan musik sebagai backsound supaya video tidak hening atau tetap membiarkan video tanpa suara. Jika kamu sadar banyak video di TikTok yang tidak bersuara, alias tanpa audio.

Video yang tidak memiliki suara rata-rata memiliki durasi yang cukup pendek yaitu dibawah 10 detik. Tetapi video tersebut memiliki arti tersendiri dan hanya orang yang paham saja yang tau. Sebagai contoh video keanehan yang hanya bisa dilihat oleh beberapa orang saja.

3. Masalah Perangkat dan Koneksi Internet

Dan untuk penyebab suara tidak tersedia di TikTok yang terakhir yaitu karena perangkat yang kamu gunakan lemot atau lag serta koneksi internet yang kamu gunakan tidak stabil atau lemah . Jika semua video di TikTok yang kamu putar tidak memiliki suara kemungkinan karena faktor kedua hal tadi.

Untuk sebuah sosial media aplikasi TikTok cukup berat dijalankan. Selain itu koneksi internet yang dibutuhkan juga harus kuat dan stabil karena untuk memuat konten video membutuhkan data internet yang tidak sedikit.

Intinya ada banyak faktor kenapa video di TikTok tidak memiliki suara, salah satunya karena sengaja dihilangkan oleh pemilik video yang mengunggah video tadi. Jika konten video memang tidak memiliki audio, kamu tidak perlu meningkatkan volume perangkat karena hal itu akan sia-sia saja.

Selain mengenai suara tidak tersedia di TikTok, kendala efek tidak mendukung pada beberapa perangkat juga sering terjadi. Untuk permasalahan yang satu ini jelas karena perangkat yang kita gunakan tidak memiliki fitur penting yang bisa digunakan untuk mendukung efek tadi.

Sebagai contoh jika efek tersebut perlu dukungan fitur AR Emoji dan perangkat kamu tidak support, maka efek tadi tidak bisa digunakan karena tidak mendukung fitur AR Emoji. Semoga pembahasan kali ini mengenai suara tidak tersedia di TikTok bermanfaat bagi kamu yang aktif di sosial media TikTok.