4 Penyebab & Solusi Aplikasi Jenius Error atau Tidak Bisa Dibuka

4 Penyebab & Solusi Aplikasi Jenius Error atau Tidak Bisa Dibuka

HiPoin.com – Salah satu tabungan yang wajib kamu miliki yaitu Jenius, karena Jenius BTPN tidak memiliki biaya admin atau biaya bulanan sama sekali. Sayangnya entah kenapa sudah lama ini aplikasi Jenius error hampir 1 minggu sekali.

Aplikasi yang error jelas menyusahkan pengguna karena tidak bisa mengakses menu utama di aplikasi Jenius. Misalnya ingin memindahkan saldo dari rekening utama atau m-Card ke x-Card tidak akan bisa. Selain itu Top Up e-wallet lewat Jenius menurut saya sangatlah susah.

Sekilas mengenai Jenius BPTN, Jenius sudah ada sejak tahun 2016 sebagai digital banking dari Bank BTPN. Dengan adanya aplikasi Jenius memudahkan pengguna dalam bertransaksi, menabung, mengatur keuangan, serta membantu kegiatan finansial lainnya.

Banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan setelah mendaftar menjadi bagian dari Jenius, seperti tidak perlu memikirkan biaya administrasi, saldo bisa diambil sampai Rp. 0, tidak ada saldo mengendap dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan kekurangannya yaitu entah kenapa sekarang aplikasi Jenius tidak bisa dibuka setiap 1 bulan sekali, 2 minggu sekali, bahkan 1 minggu sekali.

Pada tahun 2018 aplikasi Jenius seingat saya sangat lancar dan minim gangguan. Singkatan masalah Jenius error tidak pernah saya temui. Entah kenapa untuk saat ini masalah tersebut belum teratasi, bagi saya yang hanya mengakses aplikasi Jenius jika dibutuhkan tidaklah terlalu bermasalah.

Akan tetapi bagi kamu yang selalu memerlukan aplikasi Jenius setiap saat saya rasa ini sangat mengganggu. Ciri aplikasi Jenius sedang gangguan atau error yaitu muncul pemberitahuan “Jenius sedang menyiapkan data“. Jika sudah muncul pemberitahuan tersebut maka sudah dipastikan aplikasi Jenius sedang tidak normal.

Untuk tau lebih jelas mengenai gangguan dan masalah yang sering muncul di aplikasi Jenius kamu bisa baca penjelasan saya di bawah ini. Namun sebelum kamu membaca penjelasan dari saya kamu perlu tau cara menggunakan Flip, cara transfer ke beda bank tanpa biaya tambahan.

Mengapa Aplikasi Jenius Error?

1. Aplikasi Tidak Terbaru

Berdasarkan pengalaman saya jika ada update atau pembaruan aplikasi tetapi aplikasi Jenius tidak kamu perbarui maka akan sulit masuk ke akun Jenius atau login ke akun Jenius jika kamu belum login. Selain itu ciri aplikasi Jenius yang error bisa menandakan bahwa akan ada pembaruan aplikasi.

Oleh sebab itu jika aplikasi Jenius error dan muncul pemberitahuan “Jenius sedang menyiapkan data” kemungkinan besar aplikasi Jenius yang kamu miliki perlu di perbarui. Oleh karena itu pastikan bahwa aplikasi perbankan yang kamu miliki selalu menggunakan versi terbaru, tidak hanya aplikasi Jenius saja.

2. Koneksi Jaringan Lemah

Berikutnya karena koneksi internet yang kamu gunakan lemah. Karena untuk membuka aplikasi Jenius memerlukan koneksi jaringan yang stabil, walaupun kelihatannya aplikasi Jenius simple akan tetapi butuh koneksi internet yang cukup kuat.

Dari pada aplikasi BCA Mobile dari Bank BCA, aplikasi BCA Mobile lebih ringan dari pada Jenius. Padahal fitur dan menu yang ada di BCA Mobile juga cukup banyak. Saya sendiri tidak tau perbedaan antara kedua aplikasi tadi, tetapi yang bisa saja pastikan bahwa aplikasi Jenius memang berat.

3. Gangguan dan Maintenance

Penyebab utama aplikasi Jenius tidak bisa dibuka atau aplikasi Jenius sedang menyiapkan data yaitu karena gangguan atau maintenance(pemeliharaan). Apa bedanya gangguan dan pemeliharaan? saya yakin beberapa dari kamu penasaran mengenai hal itu.

Singkatnya jika gangguan adalah hal yang tidak direncanakan dan biasanya pihak Jenius tidak akan memberitahu pengguna menggunakan pesan email. Sedangkan pemeliharaan sudah pasti pihak Jenius memberitahu pengguna terlebih dahulu minimal lewat pesan email atau lewat akun media sosial milik Jenius.

4. Login Lewat Website

Seperti yang saya bahas tadi, yang sering error ialah aplikasi Jenius oleh karena itu banyak orang mengeluh bahwa Jenius error terus. Padahal memang benar yang error hanya aplikasi saja, oleh sebab itu transaksi di mesin ATM dan login lewat situs tidak akan terpengaruh.

Jadi jika kamu kepepet ingin melakukan pembayaran dengan akun Jenius kamu, kamu bisa login akun Jenius via web di halaman Jenius! – Digital Banking. Saya jamin jika aplikasi Jenius sedang error di web Jenius tidak akan error seperti yang sedang terjadi di aplikasi.

Nah itu dia beberapa penyebab yang saya ketahui yang bisa menyebabkan aplikasi Jenius error. Yang penting kamu tidak usah panik dan khawatir, karena memang aplikasi Jenius error dan gangguan sering terjadi. Jika kamu penasaran kamu bisa menghubungi Call Center Jenius saja.

Kamu bisa menghubungi Call Center Jenius di nomor 1500 365 atau lewat email di jenius-help@btpn.com. Supaya kamu bisa memilih ingin menghubungi pihak Jenius lewat mana kamu bisa melihat cara menghubungi Call Center Jenius di halaman Get Help.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kamu yang sering mengalami aplikasi Jenius error. Selain karena error, kamu bisa menghubungi CS Jenius saat nomor yang terdaftar hilang atau saat kamu lupa PIN ATM. Tidak ada SMS masuk dari Jenius? silakan aktifkan SMS Premium terlebih dahulu.