4 Penyebab Wifi Tidak Muncul di Laptop dan Komputer

4 Penyebab Wifi Tidak Muncul di Laptop dan Komputer

HiPoin.com – Pernah mengalami koneksi wifi tidak muncul di Laptop atau Komputer? jika iya kamu tidak usah cemas. Wifi yang tidak muncul atau tidak terdeteksi biasanya karena faktor eksternal yang tidak ada hubungannya dengan perangkat yang kita miliki.

Oleh karena itu kamu jangan berfikir bawah Komputer atau Laptop yang kamu miliki error atau sudah rusak. Walaupun begitu faktor dari perangkat yang digunakan juga bisa seperti tidak adanya Wireless Card atau wifi driver yang bermasalah.

Dari pada menggunakan modem, koneksi wifi lebih banyak diminati. Akan tetapi lebih baik menggunakan ethernet jika ada. Selain lebih cepat dan stabil, menggunakan eternet lebih minim gangguan karena tidak terpengaruh oleh cuaca dan suhu.

Baik wifi atau ethernet memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup kamu sehari hari. Kembali ke topik, wifi Laptop tidak muncul atau jaringan wifi tidak muncul sangat sering terjadi.

Selain jaringan wifi tidak muncul di Laptop dan Komputer, terkadang juga tidak muncul di smartphone. Karena itulah tadi saya bilang bahwa kasus jaringan wifi yang tidak terdeteksi lebih banyak karena faktor eksternal. Apa saja faktor nya?

Supaya kamu tau kamu bisa baca beberapa faktor yang bisa menyebabkan jaringan wifi tidak muncul. Namun sebelum lanjut ke faktor yang bisa menyebabkan wifi tidak terdeteksi di Komputer, Laptop, dan HP kamu perlu tau penyebab wifi sering aktif sendiri. Wifi yang selalu menyala menandakan sistem keamanan di perangkat Android kamu masih sangat ketat.

Faktor Yang Menyebabkan Jaringan Wifi Tidak Muncul di Laptop, Komputer, dan Smartphone

1. Tidak Dalam Jangkauan Jaringan Wi-Fi

Penyebab pertama yang paling umum terjadi dan yang paling sering di alami oleh semua orang yaitu tidak berada di jangkauan Wifi. Seperti yang kamu ketahui masing-masing Model Wi-Fi atau Router memiliki jangkauan tersendiri. Beda merek dan type beda juga jangkauannya.

Untuk memudahkan pembahasan, saya ambil contoh Hotspot & Tethering yang ada di perangkat Android. Rata-rata jangkauannya 5 meter – 10 meter. Jika kamu berada lebih jauh lagi sekitar 15 meter maka jaringan wifi dari hotspot Android tadi tidak akan muncul di perangkat yang kamu miliki baik di perangkat mobile atau desktop.

2. Wifi Sedang di Matikan

Misalnya tiba-tiba jaringan wifi tidak terdeteksi di Komputer atau Laptop padahal beberapa saat yang lalu ada kemungkinan besar wifi sedang dimatikan. Bagi kamu yang wifi hunter atau penikmat wifi gratisan pasti pernah mengalami hal serupa.

Karena biasanya pemilik wifi atau orang yang memasang wifi akan mematikan koneksi wifi beberapa saat supaya orang yang ‘nebeng wifian‘ membubarkan diri. Tetapi jika kamu memiliki koneksi wifi sendiri di rumah masalah ini tidak akan pernah kamu alami, kecuali saat mati listrik.

3. Faktor Cuaca dan Tempat

Faktor berikutnya yang bisa menyebabkan wifi tidak muncul di Laptop atau di Android dan iOS yaitu karena faktor cuaca. Karena jaringan wifi menggunakan jaringan nirkabel seperti jaringan seluler. Jaringan nirkabel jelas akan terpengaruh oleh kondisi cuaca, suhu, dan lokasi.

Misalnya kamu awalnya melakukan kegiatan wifian di luar rumah. Karena hujan kamu langsung masuk ke dalam akan tetapi koneksi wifi langsung terputus dan tidak terdeteksi lagi. Itu biasa terjadi karena yang pertama terhalang bangunan rumah kamu dan yang kedua karena jaringan terganggu dikarenakan sedang hujan.

4. Faktor Perangkat

Penyebab terakhir karena faktor perangkat yang digunakan. Misalnya kamu menggunakan Laptop, jaringan wifi tidak muncul di Laptop bisa disebabkan oleh perangkat yang kamu gunakan. Misalnya Wifi driver bermasalah atau ada error lainnya.

Jika di Laptop biasanya yang bermasalah ada di driver, sedangkan di Komputer selain driver komponen Wireless Card perlu kamu pastikan juga bahwa masih normal. Karena fungsi Wireless Card sama seperti adapter yaitu untuk menerima jaringan wifi.

Nah itu dia beberapa faktor dan penyebab yang bisa menyebabkan wifi tidak muncul di Laptop, Komputer, atau di HP. Sebenarnya masih ada beberapa faktor dan penyebab yang lainnya tetapi saya pikir penyebab tersebut jarang terjadi.

Selain tau tentang penyebab wifi tidak muncul di Laptop dan Komputer, kamu perli tau juga cara menggunakan Snipping Tool di perangkat Windows. Snipping Tool adalah aplikasi tangkap layar di Windows yang bisa kamu gunakan jika menggunakan kombinasi keyboard tidak berhasil.

Cukup sekian pembahasan saya kali ini tentang wifi Laptop tidak muncul atau wifi tidak muncul di Laptop. Mau tidak muncul, tidak tampil, atau tidak terdeteksi penyebabnya sama. Atau jika jaringan wifi disembunyikan maka hanya alamat MAC atau MAC Address tertentu saja yang bisa terhubung.