Cara Menonaktifkan Akses Internet Wifi di Modem Router

Cara Menonaktifkan Akses Internet Wifi di Modem Router

HiPoin.com – Menyalakan wifi selama 24 jam sudah menjadi hal biasa yang sering dilakukan oleh pengguna internet rumah. Walaupun jaringan wifinya aktif terus kamu bisa menonaktifkan akses internet wifi supaya wifi tidak bisa digunakan.

Maksudnya bagaimana? pasti beberapa dari kamu semua masih ada yang belum paham. Jika jaringan wifi aktif atau router aktif maka jaringan wifi akan terus membagikan koneksi internet yang didapatkan dari modem.

Apapun yang terjadi router tetap akan membagikan jaringan wifi. Nah kamu bisa mengatur koneksi wifi sama seperti data seluler yang ada di Android, alias kamu bisa memutus atau mematikan koneksi internet tanpa mematikan jaringan wifi.

Menonaktifkan akses internet router sama seperti kamu mematikan koneksi internet yang ada di modem. Setelah dimatikan jaringan wifi tetap tersedia dan pengguna masih bisa mengaksesnya.

Hanya saja jaringan wifi tidak bisa digunakan untuk mengakses internet karena koneksi internet di modem sedang tidak aktif. Jika kamu sering mengalami wifi terhubung tetapi tidak ada internet, ini salah satu penyebabnya.

Berbicara mengenai jaringan wifi yang tidak ada internet jika ada waktu saya akan membahasnya. Dan di artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara mematikan koneksi internet wifi supaya tidak bisa digunakan untuk mengakses internet.

Indikator di modem dan router menyala merah dan tidak bisa untuk internetan? kamu bisa baca artikel tentang indikator router dan modem menyala merah saat digunakan dan tidak bisa digunakan untuk mengakses internet.

Cara Menonaktifkan Akses Internet Wifi

Langkah ke-1: Silakan kamu akses halaman login admin terlebih dahulu dan pastikan kamu sudah terhubung ke jaringan wifi terkait. Sebagai contoh saya menggunakan Modem Router D Link

Menonaktifkan Akses Internet Wifi

Langkah ke-2: Setelah berada di halaman login admin silakan input data yang diperlukan supaya kamu bisa masuk

Halaman Login Admin Modem

Langkah ke-3: Setelah berhasil masuk ke halaman admin atau halaman Control Panel silakan kamu nonaktifkan Connection yang ada di Network Status untuk mematikan akses internet

Halaman Admin Modem

Langkah ke-4: Setelah nonaktif maka koneksi internet di jaringan wifi benar-benar tidak bisa digunakan

Koneksi Internet Wifi Berhasil di Matikan

Apa keuntungannya mematikan koneksi internet di wifi? keuntungannya sudah jelas untuk menghemat kuota internet. Atau kamu bisa mematikannya saat ada teman yang meminta wifi tetapi oleh teman kamu digunakan untuk mengunduh sesuatu.

Jika kamu mematikan wifinya secara langsung teman kamu akan paham bahwa kamu mematikannya supaya dia tidak bisa menggunakannya. Tetapi jika mematikan koneksi internet wifi tetap akan terhubung tetapi tidak bisa digunakan, kamu bisa membuat alasan bahwa sedang ada gangguan.

Selain mematikan koneksi internet wifi kamu bisa baca artikel tentang cara mengaktifkan koneksi internet di perangkat mobile dan desktop. Karena supaya bisa terhubung ke internet kamu harus mengaktifkan layanan internet terlebih dahulu.