Cara Mengatasi Wifi Nyala Sendiri dan Nyala Terus Padahal Tidak Kita Aktifkan

Cara Mengatasi Wifi Nyala Sendiri dan Nyala Terus Padahal Tidak Kita Aktifkan

HiPoin.com – Fitur wifi pada ponsel pintar sering tidak kita gunakan jika di sekitar kita tidak ada jaringan wifi. Kasus seperti ini sering terjadi di perdesaan. Jika di kota, saya yakin di semua titik tersedia jaringan wifi walaupun tidak terbuka. Bagi beberapa orang fitur wifi nyala sendiri padahal tidak digunakan sering dibiarkan saja.

Sebenarnya jika wifi aktif, Bluetooth aktif, GPS aktif namun tidak digunakan bisa membuat daya tahan baterai Smartphone kita menjadi cepat habis. Maka dari itu banyak pengguna ponsel pintar seperti Android selalu mematikan fitur-fitur tersebut jika tidak digunakan.

Namun kamu pernah tidak mengalami wifi aktif sendiri dan wifi nyala sendiri padahal kamu tidak mengaktifkannya. Jika kamu pernah mengalaminya, kamu perlu tau kenapa bisa wifi nyala sendiri dan aktif sendiri. Wifi aktif sendiri pada Android versi terbaru merupakan salah satu fitur yang memang ada dan sangat berguna.

Sebegai contoh setelah kamu mematikan ponsel dan menyalakan lagi maka wifi akan otomatis nyala. Ini supaya jika nomor pada ponsel kita tidak mendapatkan sinyal, maka kita bisa langsung terhubung dengan wifi. Sebenarnya selain wifi, Bluetooth juga di atur untuk aktif sendiri.

Wifi hidup sendiri setelah booting bagi beberapa pengguna sangat mengganggu, karena kita wajib mematikannya kembali setelah kita masuk ke layar utama atau home screen dikarenakan kita tidak membutuhkan koneksi wifi. Bagi kamu yang ingin tau cara mengatasi wifi yang aktif sendiri cukup dengan mematikan fitur pemindai wifi otomatis.

Jika fitur tersebut dimatikan, maka wifi tidak akan hidup sendiri. Sayangnya fitur ini tidak ada di menu Wifi, namun adanya pada pengaturan Lokasi. Maka dari itu jika kamu penasaran ingin tau bagaimana mengatasi wifi yang hidup sendiri, saya akan memberikan solusinya.

Cukup dengan beberapa langkah maka wifi tidak akan aktif sendiri dan nyala terus. Jika kamu tidak pernah menggunakan wifi, maka kamu perlu menghemat kuota internet supaya tidak boros uang hanya untuk membeli paket internet saja. Berikut solusi dan cara mengatur wifi supaya tidak aktif sendiri.

Solusi Wifi Nyala Sendiri di Android

Langka ke-1: Yang perlu kamu lakukan pertama kalinya cukup buka Pengaturan lalu pilih menu Keamanan & lokasi

Pengaturan Keamanan & lokasi

Langkah ke-2: Kemudian kamu bisa memilih Lokasi

Menu Lokasi

Langkah ke-3: Jangan lupa klik Lanjutan

Menu Lanjutan

Langkah ke-4: Jika sudah, klik pada Pemindaian untuk mematikan pemindai otomatis pada Wifi dan Bluetooth

Menu Pemindaian

Langkah ke-5: Langkah terakhir untuk mengatasi wifi nyala sendiri kamu harus memastikan Pemindaian Wi-fi dalam posisi mati atau tidak aktif, jika menyala maka wifi akan nyala sendiri setelah ponsel dinyalakan. Jika ingin mematikan Bluetooth yang juga sering menyala sendiri, kamu cukup menonaktifkan pada Pemindaian Bluetooth

Pemindaian Wifi

Setelah kamu mengikuti cara diatas, saya yakin kasus wifi nyala sendiri tidak akan terulang. Namun bagi kamu yang tidak masalah mengenai hal tersebut, lebih baik di aktifkan saja pemindaian otomatis ini. Fitur tersebut sangatlah berguna di kemudian hari jika kamu dalam kondisi terdesak.

Efek jika fitur-fitur seperti wifi, Bluetooth, dan GPS nyala terus yang pasti akan kamu rasakan baterai akan cepat habis, yang menjadikan Screen On Time akan menjadi lebih cepat namun Up-time tetap sama. Walaupun begitu, dalam kondisi ponsel kamu hilang jika GPS menyala maka kamu bisa melacak ponsel yang hilang tadi menggunakan alamat email pada akun Google yang tertaut.