5 Penyebab Tidak Bisa Mengirim Pesan di Facebook

5 Penyebab Tidak Bisa Mengirim Pesan di Facebook

HiPoin.com – Sebagai anak muda yang sering mengakses Facebook pasti kamu pernah mengalami tidak bisa mengirim pesan di Facebook. Saya sendiri pernah dan banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan permasalahan tersebut.

Asalkan tidak ada percakapan penting masalah seperti ini saya biarkan saja. Walaupun sudah ada WhatsApp dan Instagram, akan tetapi melakukan percakapan di Facebook tetap saja menarik karena Facebook memiliki aplikasi Messenger.

Dengan adanya Messenger melakukan percakapan atau chatting menjadi lebih cepat. Selain tidak bisa mengirim pesan mungkin kamu pernah mengalami pesan di Facebook tidak bisa dibuka. Maksudnya saat mengakses menu pesan error atau gagal.

Pesan Facebook error memang sering terjadi khususnya di aplikasi Facebook Lite dan Messenger. Tapi kamu tidak usah panik atau khawatir, karena error atau gangguan disebabkan oleh server Facebook dan akan normal kembali dalam waktu yang relatif cepat.

Supaya lebih jelas mengenai penyebab tidak bisa mengirim pesan di Facebook kamu bisa langsung lihat beberapa penyebab yang bisa menyebabkan pesan di Facebook tidak terkirim atau tidak bisa membuka menu pesan.

Sebelum lanjut ke penyebabnya kamu perlu tau juga kenapa kode konfirmasi 6 digit Facebook tidak masuk-masuk padahal sudah terkirim. Jika kamu tidak mendapatkan kode konfirmasi tersebut kamu tidak akan bisa masuk ke akun Facebook yang kamu miliki.

Penyebab Tidak Bisa Mengirim Pesan di Facebook

1. Sedang Error atau Gangguan

Yang pertama karena sedang error atau gangguan. Error atau gangguan biasanya hanya terjadi di versi Facebook tertentu saja. Sebagai contoh error terjadi di menu pesan Facebook Lite, nah menu pesan di Messenger dan Facebook Web tidak akan terpengaruh.

Saat FB Lite error akan muncul pemberitahuan seperti “Maaf, Terjadi Masalah Harap Coba lagi.” atau “Ups… Kami Tidak Dapat Memproses Permintaan Ini Saat Ini. Coba Sebentar Lagi.”. Apa yang kamu perlu lakukan? jawabannya tidak ada, kamu hanya perlu menunggu sampai normal kembali.

2. Fitur Pesan Diblokir

Saya yakin beberapa dari kamu tidak tau bahwa kita bisa memblokir menu pesan supaya akun Facebook seseorang tidak menghubungi kita lagi lewat pesan atau inbox. Misalnya kamu tidak bisa mengirim pesan ke akun lain bisa saja menu pesan kamu sudah di blokir.

Ciri khusus menu pesan di blokir yaitu saat kita mengunjungi profil akun terkait tidak ada tombol pesan. Selain itu jika kamu pernah chatting dengan akun tersebut maka kolom untuk mengetik tidak ada alias kamu tidak bisa menulis pesan dengan tujuan akun tersebut.

3. Akun Kita Diblokir Mengirim Pesan

Penyebab tidak bisa mengirim pesan di Facebook yang berikutnya yaitu karena akun Facebook kamu diblokir mengirim pesan oleh pihak Facebook. Selain bisa di blokir bergabung dan mengirim komentar di grup Facebook akun kamu juga bisa diblokir tidak bisa mengirimkan pesan.

Tidak bisa mengirim pesan di Facebook karena akun diblokir mengirimkan pesan sangat jarang terjadi untuk saat ini, akan tetapi beberapa tahun yang lalu sering terjadi. Seperti yang kamu ketahui tindakan di Facebook ada batasannya. Misalnya terlalu cepat dan mencurigakan pasti akan diblokir.

4. Akun Kita Diblokir Oleh Akun Facebook Lain

Maksudnya akun Facebook kamu diblokir oleh pemilik akun yang ada dalam percakapan. Misalnya kamu memiliki mantan dan hubungan kamu dengan mantan kamu kurang bagus. Saat mantan kamu memblokir akun kamu maka kamu tidak akan bisa melihat akun mantan kamu.

Untuk mengirim pesan saja tidak bisa apalagi ingin melihat profil akun tersebut. Oleh karena itu untuk memastikannya kamu bisa cek akun terkait dengan akun Facebook kamu yang lainnya. Jika masih ada berarti benar bahwa akun kamu sudah diblokir.

5. Akun Facebook Tutup Sementara atau Permanen

Penyebab terakhir yang bisa menyebabkan tidak bisa mengirim pesan di Facebook yaitu karena akun terkait sudah tidak tersedia lagi di Facebook. Baik karena di tutup sementara karena checkpoint atau di tutup permanen karena diblokir oleh pihak Facebook.

Lebih parah dari pada pesan di Facebook tidak bisa dibuka atau pesan Facebook error, masalah ini bisa menyebabkan lost contact dengan orang yang memiliki akun Facebook tersebut. Oleh karena itu saran saya selain melakukan obrolan di Facebook kamu harus melakukan obrolan lainnya di WhatsApp.

Jadi itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan tidak bisa mengirim pesan di Facebook baik ke orang yang kamu kenal atau orang yang tidak kamu kenal. Seperti urutannya, kamu bisa memastikan penyebab masalah yang sedang kamu alami dari penyebab pertama.

Sebelum saya akhiri kamu perlu tau cara mengubah nama pengguna di halaman Facebook. Penting sekali mengubah nama pengguna atau username halaman Facebook selain tau penyebab tidak bisa mengirim pesan di Facebook. Supaya apa? supaya branding halaman yang kamu kelola lebih kuat.