Solusi Mengatasi Tidak Bisa Screenshot di Dalam Aplikasi

Solusi Mengatasi Tidak Bisa Screenshot di Dalam Aplikasi

HiPoin.com – Tidak bisa screenshot di dalam aplikasi pasti pernah kamu alami di beberapa aplikasi yang memang sensitif. Pihak aplikasi membuatnya seperti itu untuk keamanan supaya apa yang tampil di dalam aplikasi tidak bisa di tangkap layar.

Ada banyak aplikasi yang memang membatasi tangkap layar atau screenshot. Ada yang sepenuhnya membatasi jadi tidak bisa mengambil screenshot di bagian aplikasi manapun dan ada yang hanya membatasi di halaman tertentu yang bisa merugikan pengguna.

Sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai tidak bisa tangkap layar di perangkat Android. Pada pembahasan tersebut saya membahas apa saja faktor penyebabnya dan bagaimana solusinya.

Sedangkan pada pembahasan kali ini saya membahas mengenai solusi yang memang bisa kamu lakukan dan kenapa tangkap layar di aplikasi tidak diizinkan. Aplikasi tidak mengizinkan mengambil screenshot atau screen recorder sudah sangat umum untuk sekarang ini.

Karena memang ini seperti keamanan tambahan yang berkaitan dengan data sensitif dan penting. Apapun cara yang kamu lakukan apabila aplikasi tidak mengizinkan tangkap layar dan merekam layar tindakan screenshot dan screen recorder tidak akan bisa dilakukan sama sekali.

Untuk lebih jelas mengenai solusi dan kenapa tangkap layar harus dibatasi kamu bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelumnya apabila kamu belum tau cara crop ukuran video supaya ukurannya sesuai yang kamu inginkan kamu bisa baca artikel yang sebelumnya sudah saya bahas.

Apakah Tidak Bisa Screenshot di Dalam Aplikasi Tidak Bisa Diakali?

Jawabannya tidak, apapun yang kamu lakukan tetap tidak bisa. Misalnya tidak bisa screenshot dan kamu mencoba melakukan screen recorder dari luar aplikasi maka hasilnya akan zonk alias sama saja.

Karena saat merekam di halaman aplikasi yang tidak diizinkan maka hasil rekaman akan menjadi hitam dan tidak merekam apapun. Ini dilakukan karena memang di halaman tersebut terdapat data sensitif yang sangat berbahaya jika terekam dan dibagikan ke orang lain.

Apabila memang perlu di simpan untuk diri sendiri cara satu-satunya yaitu silakan kamu foto dengan HP lain. Karena ini tidak terhubung maka dengan di foto tidak akan masalah dan bebas saja walaupun data yang ada sangat sensitif.

Kenapa Aplikasi Tidak Mengizinkan Tangkap Layar di Dalam Aplikasi

Ini berkaitan dengan keamanan akun dan data pribadi pengguna. Banyak kasus seperti penipuan yang mengincar orang awam meminta data pribadi dengan cara meminta tangkap layar di halaman tertentu.

Sebelum beberapa aplikasi menerapkan keamanan ini banyak sekali korbannya. Oleh karena itu apabila kamu merasa sebal karena aplikasi tidak mengizinkan mengambil screenshot ini demi kebaikan kamu sendiri.

Masih ada cara lain dan bisa kamu lakukan hanya untuk kamu sendiri sebagai data cadangan. Dengan cara apa? seperti yang sudah saya jelaskan dengan cara foto atau rekam menggunakan HP lain.

Bukan tanpa alasan pihak aplikasi tidak mengizinkan tangkap layar di dalam aplikasi. Tidak bisa sreenshot di dalam aplikasi sangat membantu bagi orang awam yang kurang tau mengenai data sensitif dan data yang tidak boleh dibagikan ke orang lain.

Beberapa aplikasi perbankan di halaman tertentu tidak mengizinkan tangkap layar dilakukan. Masih banyak lainnya seperti di aplikasi dompet kripto yang memang ada menu penting mengenai phrase yang hanya boleh diketahui oleh diri sendiri.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas mengenai tidak bisa screenshot di dalam aplikasi. Sebelum saya akhiri kamu harus tau cara memasang wallpaper secara penuh dan tidak terpotong di HP baik di iOS ataupun Android.